Ini Dia 5 Penyakit Berbahaya yang Bisa Muncul di Usia 20-an

Ini Dia 5 Penyakit Berbahaya yang Bisa Muncul di Usia 20an






Memasuki usia 20an, disela-sela aktifitas yang menggunung dan menargetkan Anda untuk siap siaga di setiap waktu membuat waktu istirahat menjadi berkurang sehingga tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Untuk mengatasi masalah tersebut hal perlu dilakukan adalah menjaga kesehatan dan menginvestasikan waktu istirahat sebagai jaminan untuk masa depan nanti.

Menurut penelitian, saat usia memasuki umur 20 tahun meskipun masih tergolong muda, lifestyle seperti berpesta, merokok hingga begadang tiap malam dapat menjadi pemicu kelompok umur 20an rentan terkena penyakit.

Berikut 5 penyakit yang paling sering diderita pria dan wanita di awal 20an;

Kanker Paru-Paru

Di usia muda, kebiasaan merokok menjadi pemicu seseorang terjangkit penyakit kanker paru-paru. Bahkan perokok pasif pun berpotensi terjangkit penyakit mematikan ini. Penyebaran kanker paru-paru tergolong cepat dan sulit untuk diperlambat atau bahkan disembuhkan.


Depresi

Stress terhadap perkuliahan atau pekerjaan dapat memicu depresi pada pria dan wanita di usia 20an. Tekanan yang datang dari berbagai aspek membuat usia ini sangat rentan terkena depresi bahkan hingga bunuh diri. 

Menurut penelitian di Amerika Serikat, penggunaan teknologi digital yang berlebihan juga merupakan salah satu pemicu dari depresi. Apa yang dilihat di sosial media berdampak besar di kehidupan nyata.


Diabetes

Diabetes tidak hanya menjangkit kelompok umur lanjut usia saja. Di usia 20an dengan pola hidup yang tidak sehat pun sangat memungkinkan terjangkit penyakit ini. Kenaikan berat badan akibat makanan yang tidak sehat dan kurangnya olahraga adalah penyebab terjangkit penyakit diabetes.


HPV (Human Papillomavirus)

HPV adalah penyakit yang disebabkan oleh aktifitas seks tanpa kondom dengan lebih dari 1 orang. HPV dapat memicu kanker serviks pada wanita dan termasuk penyakit menular namun sulit untuk dideteksi.

Lupus

Penyakit yang dulu jarang terdengar ini sekarang menjadi penyakit yang menyerang lebih dari 5 juta manusia di dunia. 

Penyakit lupus disebabkan karena kelebihan imun dimana sistem imun menyerang sel, jaringan dan orang tubuhnya sendiri seperti: sel darah, jantung, otak hingga sumsum tulang belakang. Penyakit ini umumnya menjangkit wanita. Namun hingga kini pemicu penyakit lupus masih belum diketahui.

Penanggulangan dan pengobatan penyakit-penyakit seperti ini umumnya memakan biaya yang besar. Biaya akan semakin melonjak naik apabila terdapat operasi yang harus dilakukan. 

Oleh sebab itu kehadiran BPJS Kesehatan diperuntukan untuk mengurangi beban penderita dan keluarga penderita. Keringanan biaya yang ditawarkan BPJS saat Anda sakit merupakan investasi besar yang didapat dari iuran perbulan BPJS yang relatif terjangkau.

1 comment

  1. Walauoun masih muda jika pola hidup salah penyakit tetap mudah bersarang ya, apalagi zaman sekarang, polusi, junk food, bahan kimia berbahaya ada dimana-mana.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.