Baru Beralih ke Kompor Listrik? Pastikan Melakukan 5 Hal Ini

Konten [Tampil]
Baru Beralih ke Kompor Listrik? Pastikan Melakukan 5 Hal Ini

        

Kompor merupakan salah satu alat memasak yang wajib ada di rumah untuk memudahkan kegiatan masak-memasak. Nah saat ini ada dua pilihan kompor yakni gas dan listrik dengan kelebihannya masing-masing. 
Banyak orang kini beralih ke kompor listrik karena penggunaannya lebih mudah dan juga terbilang hemat waktu serta biaya. Namun saat penggunaan jenis alat memasak dengan sistem listrik ini, anda harus perhatikan terlebih dahulu beberapa hal. Poin-poin berikut akan membantu anda untuk memudahkan pemakaian kompor, terutama bagi yang baru pertama kali menggunakannya.

Hafalkan Masing-masing Fungsi Tombol Yang Ada Di Kompor Listrik


Pertama sekali, saat penggunaan kompor dengan jenis listrik maka anda harus tahu fungsi tombol yang ada pada alat tersebut. Untuk tunggu memasak dengan daya listrik ini, terbilang sangat efisien karena terdapat beberapa tombol yang tersedia untuk pengaturan panas. Pengaturan panas ini bisa anda sesuaikan dengan jenis makanan yang dimasak. 

Untuk itu, penting bagi anda mengetahui fungsi fungsi tombol nya terlebih dahulu. Anda bisa membaca buku panduan yang biasanya sudah termasuk dalam satu set pembelian kompor listrik. Baca baik-baik panduan dan hafal fungsi masing-masing tombol agar anda tidak akan melakukan kesalahan saat memasak. 

Penggunaan kompor membutuhkan energi yang terbilang cukup besar. Jadi Anda juga perlu pastikan agar tidak mengalami permasalahan listrik, sebelum memasak matikan perangkat elektronik yang punya daya besar pula. Seperti misalnya mesin cuci, setrikaan, alat pemasak nasi dan masih banyak lagi.

Harus Bisa Mengatur Suhu Kompor Listrik



Ketika menggunakan kompor listrik, Anda juga harus paham bahwa tunggu memasak ini menghantarkan panas lebih cepat dibanding jenis tungku masak dari gas. Jadi anda harus benar-benar memahami bagaimana pengaturan suhu pada jenis tungku memasak ini. 

Jangan sampai Anda membiarkan terlalu lama masakan pada tungku hingga akhirnya masakan menjadi gosong. Terlebih jika anda  memasak sambil melakukan kegiatan lain. Anda bisa mempelajari pengaturan suhu ini juga dari buku panduan atau tanyakan langsung pada penjual. 

Atau bisa juga dengan menanyakan pada orang yang sudah terlebih dahulu menggunakan kompor listrik. Misalnya tetangga, teman hingga kerabat dekat. 
Jika anda merasa terlalu repot untuk menanyakan pada orang lain atau membaca buku panduan perihal pengaturan suhu, maka bisa melakukan trik berikut ini. Atur daya listrik pada kompor, ke suhu paling rendah. Selain membantu masakan tidak cepat gosong, suhu paling rendah juga tidak akan membebani daya listrik anda. 

Gunakanlah Panci Dan Wajan Khusus


Saat memasak dengan kompor listrik, Anda membutuhkan yang namanya panci dan wajan khusus. Ini berbeda dengan ketika anda menggunakan tungku memasak dengan bahan bakar gas. Sebaiknya anda jangan gunakan peralatan masak dari aluminium karena sangat cepat menyerap panas. 
Penggunaan alat masak dari aluminium hanya akan membuat masakan anda jadi lebih mudah hangus. Sebaiknya Anda pilih panci dan wajan yang terbuat dari besi atau stainles steel. Kemudian pastikan bahwa anda gunakan peralatan memasak dengan alas yang datar. 

Tidak direkomendasikan pula untuk menggunakan peralatan memasak dengan bentuk cekung, seperti wajan yang banyak dipakai untuk tungku memasak konvensional. Ini tentu saja karena memang kompor dengan listrik memiliki permukaan yang datar pula. 

Hindari Penggunaan Peralatan Masak Dari Plastik



Selain memperhatikan penggunaan wajan dan panci, Anda juga harus menghindari penggunaan alat memasak dari bahan plastik. Misalnya pemakaian sendok sayur dari bahan plastik, ini tidak boleh dilakukan. Sebab ketika anda pakai alat memasak dengan bahan plastik akan membuat alat tersebut mudah meleleh. 
Disarankan untuk pemilihan alat memasak yang tepat tidak hanya panci dan wajan saja. Tapi peralatan lain juga sebaiknya menggunakan bahan dari besi. Pastikan pula penggunaan bahan material besi ini anti karat, sehingga bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Matikan Kompor Listrik Sebelum Selesai Memasak


Ketika menggunakan kompor listrik, Anda juga harus perhatikan waktu mematikan kompor ini. Ternyata ada pengaturan khusus, bahwa mematikan tunggu memasak dari listrik ini harus dilakukan sebelum selesai memasak.  
Perlu diketahui bahwa panas kompor tidak akan langsung hilang saat alat ini dimatikan. Panasnya bisa bertahan 10 sampai 20 menit ketika tombol power off Anda tekan. Untuk itu Anda bisa matikan tungku memasak lebih awal. Sebab panasnya masih bisa tersisa untuk membantu Anda memasak makanan hingga matang. 

Mematikan kompor lebih awal, tentu saja akan menguntungkan. Karena daya listrik yang terpakai jauh lebih sedikit sehingga Anda bisa berhemat. 

Jangan lupa untuk merawat kompor ini, tepat setelah digunakan. Anda bisa pakai kain microfiber yang basah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran saat memasak. Usap saja bagian permukaan dari tungku secara perlahan. Jika dirasa belum bersih Anda bisa melakukannya berulang kali. 

Jadi itu tadi beberapa hal yang harus anda lakukan ketika baru beralih ke penggunaan kompor listrik. Nah setelah membaca informasi di atas, mungkin beberapa orang tertarik untuk membeli jenis kompor ini. Anda bisa menemukan kompor dengan daya listrik di Ladara.id. Di Ladara.id Anda bisa mendapatkan berbagai merk kompor dari harga yang berbeda-beda. Seperti misalnya kompor dari merek Oxone dan juga Adoolla. 

Untuk harga kompor yang ada di Ladara.id juga sangat bervariasi mulai dari harga termurah yakni 100 ribuan hingga 900 ribuan saja. Anda bisa menyesuaikan pembelian kompor listrik di Ladara.id sesuai dengan budget saat ini. Yang pastinya semua produk dari Ladara.id terjamin keasliannya.

Sumber : 
https://ladara.id/product 
https://review.bukalapak.com/food/baru-memakai-kompor-listrik-ini-dia-sejumlah-tips-yang-mesti-dipelajari-80020 https://taroada.com/2018/09/25/tips-menggunakan-kompor-listrik-untuk-pemula

18 comments

  1. Jadi ingat waktu kerja di luar negeri. Kan belum tahu tuh menyalakan kompor listriknya bagaimana. Saya diam saja. Sampai seharian ga bisa masak. Majikan pulang jadi pada tertawa...

    ReplyDelete
  2. Wah, ternyata ada ya yg 100ribuan, saya baru tau. cukup terjangkau sih tapi spesifikasi pasti juga beda dengan yg 900ribuan

    ReplyDelete
  3. kompor listrik di rumah ada tapi belum dipakai karena listriknya gak kuat hahaha.. jadinya disimpen aja deh nunggu listriknya dinaikin watt nya

    ReplyDelete
  4. Kompor listrik itu praktis. tapi bagaimana dengan biaya listriknya? kalo di LN udah biasa, tapi di sini jarang deh yang pake. makasih tipsnya, nanti kalo udah punya rumah sendiri, baru pake kompor listrik hehe

    ReplyDelete
  5. Ternyata memang ada trik khusus yang memudahkan saat menggunakan kompor listrik ya. Dulu aku pernah pakai kompor listrik, rasanya kok masakan lama sekali matangnya. Ternyata memang ada caranya ya..

    ReplyDelete
  6. Mantap nih tipsnya... Ternyata masak di kompor biasa beda ya dengan masak di kompor listrik... Kelihatan rumit, tapi kalau udah biasa pasti mudah ya...

    ReplyDelete
  7. aku pernah masak pakai kompir listrik di rumah teman, seperti lebih cepat panas dan praktis
    jadi pengen punya kompor listrik juga

    ReplyDelete
  8. Lama juga ya mbak panasnya kompor bisa tahan sampe.20 menit. Kalo punya anak2 agak riskan ya. Baca postingan ni jd nambah pengetahuan seputar kompor listrik

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah pakai kompor listrik, entah kenapa merasa belum nyaman. Ternyata ada langkah-langkahnya ya mbak untuk memakai kompor listrik dan yang pasti ada peralatan masak khusus ya agar memasak di kompor listrik bisa maksimal.

    ReplyDelete
  10. Dulu waktu masih di komplek perusahaan bapak kami dikasih kompor listrik gratis. Tapi jangan dibayangkan semewah sekarang. Hehehe. Kompornya cuma kaya dari bahan batako, tengahnya besi spiral yang kalo disambung ke listrik dia memijar. Buat yg punya anak kecik banget harus banget dalam pengawasan, karena pas mulai memijar itu bikin rada amaze, haha bahkan aku dulu yg udah SD kelas 2 gatal banget pengen megang tapi udah diwanti-wanti mama jadinya ya ga. Cuma tetap aja amaze liatnya pas mulai memijar

    ReplyDelete
  11. Kalau pakai kompor listrik ini peralatan masaknya juga khusus ya mba. Noted. Nanti misalnya ganti kompor listrik harus disipain dulu niih. Bermacam2 banget ya harganya mba

    ReplyDelete
  12. Saya pernah pakai kompor listrik saat tinggal di Amerika, memang lebih cepat masaknya. Baru tahu kalau harganya terjangkau juga. Jadi pengin kepoin kompor dengan daya listrik di Ladara.

    ReplyDelete
  13. Kami juga menggunakan kompor listrik dari tahun lalu.
    Waktu itu pertimbangannya karena ingin hemat, hehee...maksudnya masaknya bisa gak tergantung gas. Kan suami sering dinas, jadi sering gas tuh gak mau nurut sama aku. Suka bunyi sssss....gitu.

    Kan takut yaa..
    Alhamdulillah,
    Sejak punya kompor listrik, jadi anak-anak bisa masak sendiri juga. meski bonusnya...dapur jadi lebih berantakan yaa..

    ReplyDelete
  14. Aku belum coba ini mba kompor listrik, padahal kompor gas aku ketergantungan banget sama suami, takut masang sendiri, takut nyopotnya dududu. Kompor listrik kayaknya lebih simpel ya

    ReplyDelete
  15. Kompor listrik tuh punya kesan yang clean dan modern ya. Walau memang sebagian orang lebih suka pakai kompor gas. Tapi buat orang yang suka kebersihan, kompor listrik ini bisa jadi pilihan karena ngga bikin dapur kotor dan gampang dibersihkan ya

    ReplyDelete
  16. aku pakai kompor listrik mostly kalau sedang id luar negeri, soalnya rumah atau apartemen yang kita sewa biasanya kompornya pakai kompor listrik. Memang harus dibiasakan ya

    ReplyDelete
  17. Udah sering nih lihat promonya dari PLN daerah sini. Tapi belum juga ada rasa penasaran kayak gimana sih kompor listrik itu. Hehehe. Satu-satunya yang bikin saya tertarik ketika mendengar kata kompor listrik adalah: aha...berarti gak perlu ganti-ganti gas dong? Ya gimana, sebagai yang sampai sekarang masih ngandelin suami, ganti gas itu bagiku syusyah~

    ReplyDelete
  18. iya abener banget ini harus pakai panci dan wajan khusus dong namanya juga masak dengan cara khusus pakai listrik. pastinya lebih bersih dan dapurnya lebih higienis ya... Juga harus tahu juga nih pengaturan suhu ya pas. terima kasih ya mba sharingnya berguna banget buat yang baru pakai kompor listrik

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.