Pengertian Sistem Imun dan Cara Kerjanya

Konten [Tampil]
Pengertian Sistem Imun Tubuh Dan Cara Kerjanya. Banyak yang sering mendengar tentang imun tubuh, namun banyak juga yang kurang memahami pengertian sistem imun tubuh dan cara kerjanya. Bagi sebagian orang imun tubuh merupakan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Anggapan ini tidak salah, namun ada penjelasan yang lebih baik tentang imunitas tubuh dan bagaimana hal ini bekerja pada tubuh setiap harinya. Untuk informasi lebih lanjut, berikut penjelasannya.


Pengertian Sistem Imun Tubuh


Memahami sistem imun tubuh sebenarnya tidak sulit. Secara biologis, imunitas merupakan sebuah sistem yang terdapat di dalam tubuh setiap manusia. Tujuan utama dari sistem imun ini adalah membantu mengenali benda asing yang masuk ke dalam tubuh lalu melakukan perlawanan jika dianggap membahayakan. Benda tersebut dapat berupa virus atau bakteri yang membawa berbagai macam sakit penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berat.

Cara Kerja Imun Tubuh


Imun tubuh bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Sistem imun yang kuat akan bekerja maksimal dalam mencegah dan menghalau berbagai macam virus dan bakteri. Sementara sistem imun yang melemah tentu tidak maksimal dalam menghadapi hal tersebut. Sehingga pada saat imunitas tubuh melemah, maka seseorang mudah terserang penyakit.

Pada fungsinya sistem imunitas tubuh bekerja untuk melakukan beberapa hal. Pertama yaitu untuk menangkal virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga virus dan bakteri tidak sempat berkembang di dalam tubuh untuk menimbulkan penyakit. Kedua, sistem imunitas tubuh bekerja menjaga keseimbangan komponen di dalam tubuh. Imun tubuh bekerja dengan komponen tubuh dan hormon maupun metabolisme tubuh lainnya dalam membantu memberikan perlindungan maksimal pada tubuh. Sementara yang terakhir, imunitas tubuh membantu tubuh melakukan perbaikan jaringan. Sehingga apabila ada kerusakan jaringan, maka jaringan tersebut akan segera melakukan perbaikan hingga fungsinya bekerja secara normal kembali.

Meningkatkan Imun Tubuh


Menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh tentu merupakan hal yang sangat penting. Ada banyak cara alami yang bisa dilakukan supaya imunitas tubuh tetap baik dan meningkat. Misalnya dengan mengatur pola makanan sehari-hari. Meski terkesan sederhana namun memberikan hasil yang signifikan terhadap perkembangan tubuh dan kondisi imunitas. Kemudian yang tidak kalah penting yaitu memastikan waktu istirahat yang cukup terutama jam tidur. Karena pada saat tidur imun tubuh bekerja maksimal dalam memperbaiki kerusakan jaringan yang terjadi.

Menjaga imunitas tubuh secara alami juga dapat dilakukan dengan rajin mengkonsumsi suplemen yang kaya vitamin dan mineral. Salah satunya yaitu konsumsi Rhea Health Tone yang kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk tubuh dengan bahan dasar herbal. Sehingga selain membantu meningkatkan imunitas, Rhea Health Tone juga tidak membawa efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Itulah beberapa penjelasan terkait sistem imun tubuh dan cara kerjanya. Melalui penjelasan di atas tentu menjadi lebih terang bagaimana pengertian sistem imunitas tubuh yang sebenarnya. Lalu bagaimana cara kerja sistem imun tubuh dalam menghadapi benda asing yang masuk ke tubuh. Hingga terakhir cara meningkatkan imun tubuh dengan alami. Dengan demikian maka menjaga imun tubuh tentu bukan perkara yang sulit lagi. Melalui pemahaman di atas dan mencoba menjalankan saran yang diberikan, maka tubuh akan memiliki imunitas yang kuat dan sehat setiap saat.

1 comment

  1. Imun tubuh memang sangat penting apalagi saat pandemi seperti ini harus kita jaga dan tingkatkan agar bisa melawan virus yang menyerang tubuh.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.