Baru Beralih ke Kompor Listrik? Pastikan Melakukan 5 Hal Ini

Konten [Tampil]
Baru Beralih ke Kompor Listrik? Pastikan Melakukan 5 Hal Ini

        

Kompor merupakan salah satu alat memasak yang wajib ada di rumah untuk memudahkan kegiatan masak-memasak. Nah saat ini ada dua pilihan kompor yakni gas dan listrik dengan kelebihannya masing-masing. 
Banyak orang kini beralih ke kompor listrik karena penggunaannya lebih mudah dan juga terbilang hemat waktu serta biaya. Namun saat penggunaan jenis alat memasak dengan sistem listrik ini, anda harus perhatikan terlebih dahulu beberapa hal. Poin-poin berikut akan membantu anda untuk memudahkan pemakaian kompor, terutama bagi yang baru pertama kali menggunakannya.

Hafalkan Masing-masing Fungsi Tombol Yang Ada Di Kompor Listrik


Pertama sekali, saat penggunaan kompor dengan jenis listrik maka anda harus tahu fungsi tombol yang ada pada alat tersebut. Untuk tunggu memasak dengan daya listrik ini, terbilang sangat efisien karena terdapat beberapa tombol yang tersedia untuk pengaturan panas. Pengaturan panas ini bisa anda sesuaikan dengan jenis makanan yang dimasak. 

Untuk itu, penting bagi anda mengetahui fungsi fungsi tombol nya terlebih dahulu. Anda bisa membaca buku panduan yang biasanya sudah termasuk dalam satu set pembelian kompor listrik. Baca baik-baik panduan dan hafal fungsi masing-masing tombol agar anda tidak akan melakukan kesalahan saat memasak. 

Penggunaan kompor membutuhkan energi yang terbilang cukup besar. Jadi Anda juga perlu pastikan agar tidak mengalami permasalahan listrik, sebelum memasak matikan perangkat elektronik yang punya daya besar pula. Seperti misalnya mesin cuci, setrikaan, alat pemasak nasi dan masih banyak lagi.

Harus Bisa Mengatur Suhu Kompor Listrik



Ketika menggunakan kompor listrik, Anda juga harus paham bahwa tunggu memasak ini menghantarkan panas lebih cepat dibanding jenis tungku masak dari gas. Jadi anda harus benar-benar memahami bagaimana pengaturan suhu pada jenis tungku memasak ini. 

Jangan sampai Anda membiarkan terlalu lama masakan pada tungku hingga akhirnya masakan menjadi gosong. Terlebih jika anda  memasak sambil melakukan kegiatan lain. Anda bisa mempelajari pengaturan suhu ini juga dari buku panduan atau tanyakan langsung pada penjual. 

Atau bisa juga dengan menanyakan pada orang yang sudah terlebih dahulu menggunakan kompor listrik. Misalnya tetangga, teman hingga kerabat dekat. 
Jika anda merasa terlalu repot untuk menanyakan pada orang lain atau membaca buku panduan perihal pengaturan suhu, maka bisa melakukan trik berikut ini. Atur daya listrik pada kompor, ke suhu paling rendah. Selain membantu masakan tidak cepat gosong, suhu paling rendah juga tidak akan membebani daya listrik anda. 

Gunakanlah Panci Dan Wajan Khusus


Saat memasak dengan kompor listrik, Anda membutuhkan yang namanya panci dan wajan khusus. Ini berbeda dengan ketika anda menggunakan tungku memasak dengan bahan bakar gas. Sebaiknya anda jangan gunakan peralatan masak dari aluminium karena sangat cepat menyerap panas. 
Penggunaan alat masak dari aluminium hanya akan membuat masakan anda jadi lebih mudah hangus. Sebaiknya Anda pilih panci dan wajan yang terbuat dari besi atau stainles steel. Kemudian pastikan bahwa anda gunakan peralatan memasak dengan alas yang datar. 

Tidak direkomendasikan pula untuk menggunakan peralatan memasak dengan bentuk cekung, seperti wajan yang banyak dipakai untuk tungku memasak konvensional. Ini tentu saja karena memang kompor dengan listrik memiliki permukaan yang datar pula. 

Hindari Penggunaan Peralatan Masak Dari Plastik



Selain memperhatikan penggunaan wajan dan panci, Anda juga harus menghindari penggunaan alat memasak dari bahan plastik. Misalnya pemakaian sendok sayur dari bahan plastik, ini tidak boleh dilakukan. Sebab ketika anda pakai alat memasak dengan bahan plastik akan membuat alat tersebut mudah meleleh. 
Disarankan untuk pemilihan alat memasak yang tepat tidak hanya panci dan wajan saja. Tapi peralatan lain juga sebaiknya menggunakan bahan dari besi. Pastikan pula penggunaan bahan material besi ini anti karat, sehingga bisa dipakai dalam waktu yang lama.

Matikan Kompor Listrik Sebelum Selesai Memasak


Ketika menggunakan kompor listrik, Anda juga harus perhatikan waktu mematikan kompor ini. Ternyata ada pengaturan khusus, bahwa mematikan tunggu memasak dari listrik ini harus dilakukan sebelum selesai memasak.  
Perlu diketahui bahwa panas kompor tidak akan langsung hilang saat alat ini dimatikan. Panasnya bisa bertahan 10 sampai 20 menit ketika tombol power off Anda tekan. Untuk itu Anda bisa matikan tungku memasak lebih awal. Sebab panasnya masih bisa tersisa untuk membantu Anda memasak makanan hingga matang. 

Mematikan kompor lebih awal, tentu saja akan menguntungkan. Karena daya listrik yang terpakai jauh lebih sedikit sehingga Anda bisa berhemat. 

Jangan lupa untuk merawat kompor ini, tepat setelah digunakan. Anda bisa pakai kain microfiber yang basah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran saat memasak. Usap saja bagian permukaan dari tungku secara perlahan. Jika dirasa belum bersih Anda bisa melakukannya berulang kali. 

Jadi itu tadi beberapa hal yang harus anda lakukan ketika baru beralih ke penggunaan kompor listrik. Nah setelah membaca informasi di atas, mungkin beberapa orang tertarik untuk membeli jenis kompor ini. Anda bisa menemukan kompor dengan daya listrik di Ladara.id. Di Ladara.id Anda bisa mendapatkan berbagai merk kompor dari harga yang berbeda-beda. Seperti misalnya kompor dari merek Oxone dan juga Adoolla. 

Untuk harga kompor yang ada di Ladara.id juga sangat bervariasi mulai dari harga termurah yakni 100 ribuan hingga 900 ribuan saja. Anda bisa menyesuaikan pembelian kompor listrik di Ladara.id sesuai dengan budget saat ini. Yang pastinya semua produk dari Ladara.id terjamin keasliannya.

Sumber : 
https://ladara.id/product 
https://review.bukalapak.com/food/baru-memakai-kompor-listrik-ini-dia-sejumlah-tips-yang-mesti-dipelajari-80020 https://taroada.com/2018/09/25/tips-menggunakan-kompor-listrik-untuk-pemula

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.