SehatQu Jaga Kesehatan Tubuh dengan Rempah Alami Asli Indonesia

Konten [Tampil]
Sehatqu Jaga Kesehatan Tubuh dengan Rempah Alami Asli Indonesia. Meningkatnya kasus penderita Covid-19 mesti membuat kita semua harus berhati-hati apalagi kasusnya sudah sudah banyak ditemukan di lingkungan keluarga. Berbagai upaya untuk mencegah sudah dilakukan diantaranya dengan memanfaatkan bahan rempah alami asli Indonesia. 



Bahan Rempah Alami untuk Kesehatan Tubuh


Samilakor


Samilakor dicetuskan oleh dokter Tifa dengan memadukan bahan rempah asli Indonesia. Bahan Samilakor dipercaya memiliki kandungan zat aktif untuk antioksidan dan sumber mineral.  

Bahan-bahan membuat minuman Samilakor


Air 1 liter
Jahe merah 100 gr
Kunyit 50 gr
Sereh 50 gr
Jeruk lemon 1 buah
Kencur (jika ada batuk/sesak) 50 gr
Temu lawak ( jika ada gangguan pencernaan) 50 gr
Daun bambu ( Jika sebagai penderita Covid-19) 3,5,7,9 lembar

Cara memasak samilakor


Bersihkan semua bahan kecuali jeruk lemon.

Cuci bersih dengan sabun yang aman untuk sayuran.

Cuci lagi di air mengalir, lalu rendam di air garam atau cuka apel kurleb 5 menit.

Semua bahan diiris tipis (jangan digeprek)  Jeruk lemon diambil air. Biji dan kulit gabungkan dengan bahan yang diiris tadi.

Didihkan air di panci (jangan panci aluminium).

Masukkan semua bahan kecuali air jeruk lemon.

Tutup rapat agar komponen bioaktif keluar.

Masak di api yang sangat kecil.

Setelah dingin/hangat masukkan perasan jeruk lemon.

Jika hendak diminum boleh tambahkan madu atau gula aren yang telah dicairkan.

Cara Penyajian


Untuk PCR positif minum 3 x 150-200 ml (pagi, siang, sore)

Untuk pencegahan minum 1 x setiap pagi.

Jamu 


Mengkonsumsi jamu adalah gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia terutama di daerah jawa. Dari zaman dahulu nenek moyang sudah terbiasa meminum jamu yang diolah dari rempah alami Indonesia.

Jamu kunir asam, jamu beras kencur, dll adalah salah satu jamu yang dikenal di masyarakat. 

Bahan bahan pembuatan jamu


Kunyit
Jahe
Temulawak
Sirih
Kencur
Beras
Samiloto
Jeruk nipis
Gula aren
Asam jawa

Bahan-bahan tersebut diracik sesuai kebutuhan seperti jamu beras kencur terbuat dari camouran kencur, kunyit, dan beras. Jamu kunyit asem terbuat dari kunyit, asam jawa, gula jawa. 

Wedang 


Wedang adalah minuman herbal yang dipercaya sumber tenaga dan memulihkan stamina. Wedang diminum malam hari dqn disajikan ketika ada hajatan maupun peringatan kematian. 

Bahan-bahan wedang antara lain Jahe, sereh, Susu, Gula jawa, Kayu manis yang dimasak dan diambil airnya. Wedang bisa divariasikan dengan tambahan kacang tanah, roti, jeli, dll.

Bandrek

Bandrek dipercaya oleh masyarakat di Indonesia sejak lama untuk menghangtkan tubuh dan mengemblikan stamina. Bahan utama bandrek adalah air jahe dan susu yang ditambahkan madu 

 Bahan bandrek

Jahe merah
Kayu manis
Cengkeh
Daun pandan
Susu
Gula merah

Bahan tersebut direbus sampai keluar sarinya dengan wangi yang khas. Penyajiannya dapat ditambahkan gula atau susu.

Inilah minuman tradisional yang terbuat dari rempah pilihan yang dapat dijadikan penguat imunitas tubuh. Rempah ini banyak tumbuh di alam Indonesia kita tercita oleh karena itu mari kita budidayakan dan terus berikhtiar untuk menjaga kesehatan tubuh.

Informasi tentang gaya hidup sehat wajib kita baca dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari apalagi masa pandemi ini sangat retan dengan virus dan penyakit yang dapat melemahkan imunitas tubuh kita.

Layanan Kesehatan di SehatQu


Masa Ppkm seperti saat ini wajib kita manfaatkan dengan sumber bacaan yang sehat dan benar. Membaca artikel kesehatan di sumber yang benar seperti di SehatQu dapat memberikan informasi yang jelas dan bermanfaat.

SehatQu juga banyak meberikan informasi dan layanan kesehatan yang Anda butuhkan seperti konsultasi kesehatan dengan dokter maupun layanan kesehatan lainnya.

Yuk kita bersama sama melawan Corona dengan menjaga imunitas tubuh baik dengan memanfaatkan sumber kekayaan alami yang ada di tanah Indonesia maupun dengan membaca artikel kesehatan yang benar. Jauhi berita dan sumber informasi yang tidak benar. Membaca artikel kesehatan di SehatQu.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.