Sukses Masuk Kampus Impian Melalui Ruangbelajar by Ruangguru

Konten [Tampil]
Bagi kamu yang akan masuk Perguruan tinggi saatnya mempersiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi favorit. Persiapan itu meliputi persiapan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi idaman. 


Persiapan Memasuki Kampus Impian


1. Kenali kampus idaman


Saat SMA saya pernah memimpikan kampus seperti UI, ITB, UGM namun kenyataan dikemudian hari ternyata saya harus berbesar hati untuk mengenyam pendidikan tinggi di PTN di kota saya sendiri bukan di kampus idaman. Apakah saya kecewa? Sejujurnya sih iya, namun hal itu bukan alasan untuk tidak berprestasi di kampus yang menerima saya. 

Adik-adik calon mahasiswa baru wajib mengetahui tentang PTN idaman, lokasinya, syarat masuk, jurusan, hingga jenjang yang ditawarkan.

2. Persyaratan masuk PTN idaman


Setiap perguruan tinggi memiliki jalur masuk yang bisa saja berbeda dari universitas lainnya. Sesuai dengan kebijakan yang diambil oleh unipersitas tersebut. Namun pada umumnya kita mengenal ada beberapa jalur masuk yang dapat ditempuh untuk dapat menjadi mahasiswa baru di Perguruan tinggi idaman. 


SNMPTN


Jalur masuk SNMPTN adalah jalur masuk yang berdasarkan hasil seleksi nilai raport SMA sederajat. Jalur ini dilakukan oleh sekolah asal siswa melalui portal SNMPTN. Seleksi nasional ini memungkinkan bagi mahasiswa baru untuk diterima di perguruan tinggi favorit melalui nilai raport.

Jadi buat adik-adik yang memiliki nilai bagus di SMA berkesempatan untuk mengikuti seleksi SNMPTN untuk mendapatkan universitas idamannya. Tentu hasil seleksi ini sangat ketat karena persaingan berasal dari seluruh Indonesia. 

SBMPTN


Seleksi masuk SBMPTN adalah seleksi bersama yang dilakukan secara serentak 

Seleksi Mandiri


Seleksi mandiri adalah jalur masuk Perguruan tinggi yang berdasarkan dari nilai UTBK dan kemampuan orang tua sebagai mitra perguruan tinggi. 

Ujian Masuk Khusus


Ujian masuk khusus ini adalah ujian yang dilakukan secara mandiri oleh kampus tertentu saja. Misalnya SIMAK UI dilakukan oleh Universitas Indonesia saja. Ujian Masuk (UM) UGM yang dilakukan oleh universitas Gajah Mada saja. Universitas tersebut memiliki standar masuk tersendiri untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. 

Nah, kamu pilih jalur masuk apa adik-adik? Silahkan persiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk dengan jalur-jalur diatas. Tiap jalur masuk memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya jika kamu ingin masuk jalur SNMPTN maka yang dilakukan adalah harus melihat bagaimana akreditasi sekolahmu, hubungan sekolah dengan perguruan tinggi dan jurusan yang kamu ambil serta fluktuasi nilai raport selama 5 semester atau 2,5 tahun di SMA. Lalu pertimbangkan pula ketetatan jurusan yang diambil. Jika nilai raport mu sangat baik, sekolahmu Terakreditasi A,  memiliki track record alumni yang berprestasi, maka bisa saja optimis untuk memilih jurusan di universitas idamanmu. 

Begitu juga dengan jalur SBMPTN, jalur masuk khusus, dan jalur mandiri. Kamu harus menguasai soal-soal tes yang diberikan, tingkat kesulitan yang tinggi, hingga waktu pengerjaan yang cepat. Tentu adik-adik harus memiliki trik dan tips menjawab dengan tepat dan cepat bukan? 

Untuk membantu adik-adik dalam memilih universitas idaman ada beberapa hal yang dilakukan yakni: 

Sukses Masuk Kampus Impian


Belajar Intensif


Belajar di SMA dengan seluruh materi pelajaran tentu berbeda dengan belajar saat tes masuk universitas idaman. Untuk menjawab soal tes masuk ke universitas idaman tentu harus mempelajari trik agar menjawab dengan tepat. Sedangkan saat belajar di SMA kita masih harus mempelajari berbagai pelajaran  lain yang kemungkinan tidak ada hubungannya sama sekali dengan soal tes masuk universitas. Sehingga adik-adik perlu berlajar intensif dalam rangka persiapan ujian masuk perguruan tinggi idaman.


Belajar Online


Salah satu alternatif belajar persiapan tes masuk perguruan tinggi idaman adalah dengan belajar online. Adik-adik dapat mengakses materi yang biasa muncul di soal tes masuk PT secara online melalui smartphone, pc, laptop. Usaha ini tentu membuguhkan kesungguhan dan kemandirian adik-adik agar dapat memahami materi pembelajaran dengan baik. 


Belajar Online di Ruang Guru


Belajar online ada plus dan minusnya. Jika guru kreatif, memiliki kemampuan IT dan pemahaman digital baik maka tentu pembelajaran mudah dilakukan dan siswa akan mendapatkan materi secara lengkap. Namun jika guru tidak memiliki kemampuan menguasai IT dan digital tentu hal ini akan menjadi masalah dalam pembelajaran. Untuk keberhasilan siswa menguasai kompetensi pelajaran maka dalam belajar online siswa perlu bantuan seperti aplikasi ruang guru yang akan mendampingi siswa dalam belajar online. 

Aplikasi ruang guru menyediakan berbagai fitur-fitur menarik yang memudahkan putra-putri untuk belajar daring. 

Ruangbelajar by Ruangguru


Ruangguru melalui Fitur Ruangbelajar memiliki beberapa fitur yang dapat membantu orang tua saat mendampingi anak PJJ maupun membantu siswa dalam mencapai kompetensi mata pelajaran. Fitur-fitur tersebut antara lain:

Ruangguru PET


Fitur PET ini adalah misi memelihara hewan peliharaan. Seperti halnya game online anak biasanya akan suka dengan permainan ini. Anak ditantang memelihara hewan kesayangan dengan beberapa misi yang harus mereka selesaikan. Misi yang telah diselesaikan akan mendapatkan hadiah berupa batu evolusi hewan. Jika telah menyelesaikan 4 misi selama satu minggu maka hewan peliharaan akan berevolusi.

Ruangguru Adventure

Ruangguru adventure adalah fitur baru ruang guru yang menarik karena berisi gamification. Fitur ini akan memudahkan anak belajar dan tidak membosankan tentunya. Menampilkan banyak game edukatif untuk bermain sambil belajar. Anak anak akan senang karena fitur ini sangat menarik dan sesuai dengan daya imajinasi mereka.

Jadwal Belajar

Jadwal belajar adalah fitur yang dapat membantu siawa mengatur jadwal belajar dan mengingatkan waktu belajar. Fitur jadwal belajar ini diawali dengan memasukkan jadwal belajar di kolom yang telah disediakan oleh aplikasi. Ada matapelajaran seperti matematika, bahasa inggris, Fisika, Biologi dll tentunya sesuai dengan pilihan kelas yang telah dipilih sebelumnya.

Asah Otak 

Fitur asah otak membantu putra-putri Anda yang menyukai teka-teki untuk memecahkan soal. Fitur ini akan menguji pemahaman Ananda setelah menyimak materi video sehingga Ananda dapat memahami materi dengan baik.

Adapto 

Adapto adalah fitur baru di Ruangguru yang akan memungkinkan Anak berkembang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Bagi anak yang mampu menjawab pertanyaan guru akan diarahkan ke pembelajaran selanjutnya yang lebih menantang dan mengembangkan berpikir kreatif mereka.

Anak harus punya pemahaman terhadap materi sehingga bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Semakin banyak yang diketahui anak maka semakin banyak materi yang akan terserap. Siswa akan termotivasi untuk belajar lebih giat untuk menuntaskan materi.

Konsep Kilat 


Konsep kilat ini adalah kumpulan rumus dari materi kelas 10, 11, 12 atau sesuai dengan jenjang kelas Ananda. Cocok sekali untuk ananda yang sedang duduk dikelas tiga SMA untuk mempersiapkan ujian masuk perguruan tinggi. Materi-materi yang disajikan adalah intisari yang akan langsung dibutuhkan saat menjawab soal-soal tes.

Bank Soal

Fitur banksoal adalah fitur baru ruangguru yang menyediakan kumpulan soal yang dapat membantu siswa belajar mandiri. Fitur ini mirip soal tryout online, terdiri dari soal-soal sesuai dengan mata pelajaran yang dipilih. 

Ada beragam jenis paket soal mulai dari IPA, IPS, UAS, PTS, soal SBMPTN, dll. Tidak perlu khawatir kesulitan dalam menyelesaikan soal soal karena diakhir akan ada pembahasan soal.

Laporan Belajar


Fitur laporan belajar adalah fitur baru ruang guru yang akan memberikan progres laporan belajar anak kepada orang tua. Laporan belajar ini meliputi waktu belajar, video ditonton, latihan selesai, rata-rata nilai, nilai bank soal.

Fitur Baru Rilis awal Juli

Fitur baru ini dapat diakses mulai Juli seiring dengan  pergantian tahun ajaran baru. Nah, ayah bunda di rumahbtak perlu khawatir mendampingi belajar daring anak di rumah.






1 comment

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.