Belajar Sendiri vs Les Bahasa Inggris: Mana yang Cocol Untukmu?

Konten [Tampil]
Halo keluarga Daring, tanpa terasa sudah masuk tahun ajaran baru nih, untuk mendukung belajar putra putri kita tercinta artikel kali ini kita akan membahas tentang Belajar Sendiri vs Les Bahasa Inggris: Mana yang Cocok Untukmu?

Belajar bahasa Inggris secara otodidak atau daftarkan ke tempat kursus, mana yang kira-kira cocok untukmu?

Tidak bisa dipungkiri, di era globalisasi ini bahasa Inggris sangat penting untuk dikuasai. Banyak anak-anak yang sudah bisa berbahasa Inggris, bahkan belajar bahasa Inggris sejak kecil. Hal tersebut membuat banyak dibuka tempat kursus di berbagai daerah, termasuk kursus bahasa Inggris di Jakarta.

Belajar bahasa Inggris sangat bermanfaat untuk pendidikan, karir, dan bidang lainnya
Belajar bahasa Inggris bisa secara otodidak di rumah atau mengikuti kursus bahasa Inggris. Images credit: freepik.com


Kamu bisa belajar bahasa Inggris mulai dari sekarang. Belajar bahasa Inggris sedini mungkin akan sangat membantu di dunia pendidikan di kemudian hari. Tentunya tanpa melupakan bahasa Indonesia. Banyak cara untuk bisa menguasai bahasa Inggris, tergantung metode apa yang lebih mudah untuk dipahami.

Kelebihan Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak


Belajar sendiri atau otodidak yaitu belajar tanpa bimbingan guru dan hanya mengandal berbagai sumber dari internet

Kelebihan belajar sendiri yaitu tidak banyak mengeluarkan biaya, lebih bebas ketika memilih materi ataupun jam belajar, ilmu yang dipelajari lebih mudah diingat. Images credit: freepik.com



Saat memilih belajar otodidak, media yang bisa dimanfaatkan yaitu internet, praktek langsung dalam kehidupan sehari-hari, dan diskusi dengan teman, 

Ada kelebihan dan kekurangan jika belajar bahasa Inggris secara otodidak.

1. Lebih Hemat Biaya


Jelas perbedaan biaya yang dikeluarkan ketika belajar sendiri dan ikut kursus. Jika belajar otodidak Kamu hanya mengeluarkan uang untuk kuota internet, membeli buku, dan biaya print materi pelajaran jika dibutuhkan. Sementara jika ikut kursus kamu harus membayar biaya kursus, biaya transportasi, dan uang jajan.

2. Bebas dan Fleksibel


Kamu bisa memilih materi apa yang ingin dipelajari sesuai keinginan sendiri. Kamu bisa memakai berbagai macam metode yang kamu dapatkan dari internet. Belajar sendiri sangat fleksibel. Kamu bisa belajar kapanpun dan di manapun. Tidak ada jadwal mutlak untuk jam belajar.

Apalagi jika kamu mempunyai jadwal utama lain setiap harinya. Kamu bisa belajar setelah beres kegiatan tersebut, saat istirahat, di akhir pekan, atau waktu senggang lainnya. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk belajar bahasa Inggris walaupun misalnya hanya mengulang apa yang sudah dipelajari sebelumnya.

3. Ilmu Lebih Mudah Dipahami


Untuk sebagian orang, belajar otodidak lebih mudah dipahami daripada mengikuti kursus. Hal ini karena kamu mencari materi sendiri lalu berusaha memahaminya sendiri. Otak akan bekerja lebih keras, sehingga membuat lebih mudah dipahami atau mudah diingat. Kamu juga banyak memegang peran dalam proses pembelajaran tersebut.

Kekurangan Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak


Banyak kelebihan dari tempat kursus yang tidak bisa didapatkan jika belajar otodidak
Kamu bisa menyelesaikan suatu materi lebih cepat, mendapatkan feedback dan pengajar, dan tips dari pengajar yang tidak ada di internet. Images credit: freepik.com


Belajar tanpa bimbingan guru tentu akan memiliki kekurangan dalam beberapa hal, sehingga lebih baik daftar di tempat kursus bahasa Inggris terdekat dari rumahmu. 

1. Sulit Mendapatkan Teman Belajar


Salah satu praktek yang cukup ampuh melatih bahasa Inggris adalah melakukan komunikasi dengan orang lain. Kamu akan mudah mendapatkan teman untuk belajar materi dan praktik bersama. Kesamaan materi pun jadi nilai plus lagi ketika ada kesalahan. Sedangkan belajar otodidak umumnya cukup sulit mendapatkan teman yang bisa diajak belajar bersama.

2. Kemungkinan Belajar yang Tidak Konsisten


Kamu tidak “dipaksa” oleh jadwal teratur seperti saat ikut kursus. Saat rasa malas datang dan tidak bisa melawannya, maka ketidak-konsistenan pun terjadi. Tidak ada yang mengingatkanmu. Sedangkan jika mengikuti kursus, setidaknya kamu ingat dengan biaya yang sudah dikeluarkan yang menjadi penyemangat untuk tetap hadir di setiap jadwal.

Akan sulit untuk memaksimalkan belajar bahasa Inggris jika dilakukan dengan tidak konsisten. Apalagi kamu tidak mempunyai pembimbing yang bisa mengarahkan kamu untuk belajar lebih keras.

Kelebihan Mengikuti Kursus Belajar Bahasa Inggris 


Biaya kursus bahasa Inggris mahal bukan tanpa alasan, tetapi karena banyak kelebihan ketika kamu ikut kursus Bahasa Inggris.

1. Proses Belajar Lebih Cepat


Di tempat kursus, termasuk kursus bahasa Inggris di Jakarta menentukan kurun waktu seorang siswa bisa memahami dan mempraktekkan suatu materi bahasa Inggris. Saat proses pembelajaran pun kamu punya teman dan bimbingan pengajar sehingga waktu belajar terasa lebih cepat. 

2. Mendapatkan Feedback dari Mentor


Terjadi kesalahan berulang kali minim terjadi saat kamu ikut kursus. Mentor akan mengoreksi kesalahan kamu dan menjelaskan cara memperbaikinya. Baik itu dalam materi atau praktek. Saat kamu merasa belum mengerti atau mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal, mentor akan membantumu.

3. Belajar dari Ahlinya


Kamu akan belajar dengan seseorang yang ahli dalam berbahasa Inggris dan sudah mempunyai pengalaman di bidangnya. Kamu akan diajarkan kata atau kalimat yang cocok digunakan berdasarkan keadaannya. Mendapatkan tips mudah untuk berkomunikasi atau mengerjakan materi bahasa Inggris yang tidak ada di internet.

Daftar Kursus Bahasa Inggris di Kiddo


Kiddo.id merupakan platform yang menyediakan kursus bahasa Inggris online dan kursus pengembangan potensi anak lainnya. Pilihan tepat untuk keadaan sekarang yang tidak bisa melakukan kegiatan pembelajaran di luar rumah. 

Saat ini, Kiddo sudah launching fitur terbaru bernama Milestone Tracker. Fitur ini menyediakan fasilitas untuk memantau tumbuh kembang anak sesuai usianya, jurnal tumbuh kembang anak, dan tes potensi anak.

Tempat kursus bahasa Inggris di Jakarta dan daerah lainnya yang offline belum bisa dilaksanakan optimal. Sambil menunggu keadaan normal kembali, sebaiknya untuk ikut kursus bahasa Inggris online di Kiddo.id. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika ikut kursus di Kiddo.id dengan biaya yang murah.

https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/gaya-hidup/kelebihan-mengikuti-kursus-bahasa-inggris/
https://koinworks.com/blog/pintar-bahasa-inggris/
https://rachelcrooksforohio.com/belajar-bahasa-inggris-otodidak

10 comments

  1. Otodidak sangatlah sulit memang banyak kelebihannya, tapi tidak bisa sepenuhnya benar. Lebih cocok les sih sangat membantu. Apalagi sekarnag banyak banget kan kursus bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  2. Saya sih memang lebih klop ke belajar ada tutornya. Biar salah ada yg benerin, biar gak ngerti kita bisa nanyain, beda kan kalau belajar sendiri. Bisa-bisa salah dikit jadi kebiasaan eh salah seterusnya. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Benar nih belajar bahasa Inggris sendiri susah untuk konsisten, maka les adalah jawabannya. Apalagi di Kiddo.id ini yang ada kursus bahasa Inggris online dan kursus pengembangan potensi anak lainnya. Pas benar karena belum bisa ada pembelajaran di luar rumah.

    ReplyDelete
  4. Anakku selama ini latihan sama aku aja mbak. Ga kepikiran untuk les in inggris. Tapi semakin gede pengennya yg seru dia.

    Kiddo ini aku ceki2 oke dan menarik bgt. Eye catching pulaaa webnya

    ReplyDelete
  5. ooh Kiddo ini punya EF ya ... bagus tuh.
    Kalau belajarnya dengan kursus, pronounciation juga bisa diperbaiki sama mentornya. Suka senewen saya sama guru bahasa Inggris di sekolah anak saya yang pronounciation-nya belepotan, kayaknya beliau harus kursus dulu di EF sama native speaker.

    ReplyDelete
  6. Salah satu kelebihan kita kursus adalah dikasih tahu cara penyebutan (pronounciation) yangtepat. Kalau sedari kecil sudah kursus, bisa keren tuh. Jangan kayak guru English di sekolah anak saya yang pronounciation-nya masih belepotan, jadinya anak2 diajar salah penyebutan.

    ReplyDelete
  7. Pastinya kita ingin memberikan yg terbaik utk anak2 ya Mba
    termasuk dalam hal pembelajaran bhs Inggris.
    kalo anak2 lebih demen kursus di Kiddo, ya hayuklaaahhh, ortu kudu memfasilitasi aja

    ReplyDelete
  8. Aku juga udah mikir mau les-in anak tapi masih belum nih..
    bahasa inggris penting banget..lebih enak klo ada gurunya ya mba. Anak-anak bisa lebih cepet bisanya. Aku baru tau nih link yg mba kasih, nanti aku cek2 jugaaa

    ReplyDelete
  9. klo buat belajar bahasa Inggris baiknya di tempat kursus ya mbak
    agar bisa terarah dan lebih lancar
    apalagi klo kursusnya di kiddo.id ini

    ReplyDelete
  10. Anakku juga berhenti nih les bahasa Inggris tatap muka padahal sudah ditekuni sejak kelas 1 SD memang lebih baik daftar kursus Inggris online ya biar lanjut belajarnya..

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.