Belajar Sendiri vs Les Bahasa Inggris: Mana yang Cocok Untukmu?

Konten [Tampil]
Halo keluarga Daring, tanpa terasa sudah masuk tahun ajaran baru nih, untuk mendukung belajar putra putri kita tercinta artikel kali ini kita akan membahas tentang Belajar Sendiri vs Les Bahasa Inggris: Mana yang Cocok Untukmu?

Belajar bahasa Inggris secara otodidak atau daftarkan ke tempat kursus, mana yang kira-kira cocok untukmu?

Tidak bisa dipungkiri, di era globalisasi ini bahasa Inggris sangat penting untuk dikuasai. Banyak anak-anak yang sudah bisa berbahasa Inggris, bahkan belajar bahasa Inggris sejak kecil. Hal tersebut membuat banyak dibuka tempat kursus di berbagai daerah, termasuk kursus bahasa Inggris di Jakarta.

Belajar bahasa Inggris sangat bermanfaat untuk pendidikan, karir, dan bidang lainnya
Belajar bahasa Inggris bisa secara otodidak di rumah atau mengikuti kursus bahasa Inggris. Images credit: freepik.com


Kamu bisa belajar bahasa Inggris mulai dari sekarang. Belajar bahasa Inggris sedini mungkin akan sangat membantu di dunia pendidikan di kemudian hari. Tentunya tanpa melupakan bahasa Indonesia. Banyak cara untuk bisa menguasai bahasa Inggris, tergantung metode apa yang lebih mudah untuk dipahami.

Kelebihan Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak


Belajar sendiri atau otodidak yaitu belajar tanpa bimbingan guru dan hanya mengandal berbagai sumber dari internet

Kelebihan belajar sendiri yaitu tidak banyak mengeluarkan biaya, lebih bebas ketika memilih materi ataupun jam belajar, ilmu yang dipelajari lebih mudah diingat. Images credit: freepik.com



Saat memilih belajar otodidak, media yang bisa dimanfaatkan yaitu internet, praktek langsung dalam kehidupan sehari-hari, dan diskusi dengan teman, 

Ada kelebihan dan kekurangan jika belajar bahasa Inggris secara otodidak.

1. Lebih Hemat Biaya


Jelas perbedaan biaya yang dikeluarkan ketika belajar sendiri dan ikut kursus. Jika belajar otodidak Kamu hanya mengeluarkan uang untuk kuota internet, membeli buku, dan biaya print materi pelajaran jika dibutuhkan. Sementara jika ikut kursus kamu harus membayar biaya kursus, biaya transportasi, dan uang jajan.

2. Bebas dan Fleksibel


Kamu bisa memilih materi apa yang ingin dipelajari sesuai keinginan sendiri. Kamu bisa memakai berbagai macam metode yang kamu dapatkan dari internet. Belajar sendiri sangat fleksibel. Kamu bisa belajar kapanpun dan di manapun. Tidak ada jadwal mutlak untuk jam belajar.

Apalagi jika kamu mempunyai jadwal utama lain setiap harinya. Kamu bisa belajar setelah beres kegiatan tersebut, saat istirahat, di akhir pekan, atau waktu senggang lainnya. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk belajar bahasa Inggris walaupun misalnya hanya mengulang apa yang sudah dipelajari sebelumnya.

3. Ilmu Lebih Mudah Dipahami


Untuk sebagian orang, belajar otodidak lebih mudah dipahami daripada mengikuti kursus. Hal ini karena kamu mencari materi sendiri lalu berusaha memahaminya sendiri. Otak akan bekerja lebih keras, sehingga membuat lebih mudah dipahami atau mudah diingat. Kamu juga banyak memegang peran dalam proses pembelajaran tersebut.

Kekurangan Belajar Bahasa Inggris secara Otodidak


Banyak kelebihan dari tempat kursus yang tidak bisa didapatkan jika belajar otodidak
Kamu bisa menyelesaikan suatu materi lebih cepat, mendapatkan feedback dan pengajar, dan tips dari pengajar yang tidak ada di internet. Images credit: freepik.com


Belajar tanpa bimbingan guru tentu akan memiliki kekurangan dalam beberapa hal, sehingga lebih baik daftar di tempat kursus bahasa Inggris terdekat dari rumahmu. 

1. Sulit Mendapatkan Teman Belajar


Salah satu praktek yang cukup ampuh melatih bahasa Inggris adalah melakukan komunikasi dengan orang lain. Kamu akan mudah mendapatkan teman untuk belajar materi dan praktik bersama. Kesamaan materi pun jadi nilai plus lagi ketika ada kesalahan. Sedangkan belajar otodidak umumnya cukup sulit mendapatkan teman yang bisa diajak belajar bersama.

2. Kemungkinan Belajar yang Tidak Konsisten


Kamu tidak “dipaksa” oleh jadwal teratur seperti saat ikut kursus. Saat rasa malas datang dan tidak bisa melawannya, maka ketidak-konsistenan pun terjadi. Tidak ada yang mengingatkanmu. Sedangkan jika mengikuti kursus, setidaknya kamu ingat dengan biaya yang sudah dikeluarkan yang menjadi penyemangat untuk tetap hadir di setiap jadwal.

Akan sulit untuk memaksimalkan belajar bahasa Inggris jika dilakukan dengan tidak konsisten. Apalagi kamu tidak mempunyai pembimbing yang bisa mengarahkan kamu untuk belajar lebih keras.

Kelebihan Mengikuti Kursus Belajar Bahasa Inggris 


Biaya kursus bahasa Inggris mahal bukan tanpa alasan, tetapi karena banyak kelebihan ketika kamu ikut kursus Bahasa Inggris.

1. Proses Belajar Lebih Cepat


Di tempat kursus, termasuk kursus bahasa Inggris di Jakarta menentukan kurun waktu seorang siswa bisa memahami dan mempraktekkan suatu materi bahasa Inggris. Saat proses pembelajaran pun kamu punya teman dan bimbingan pengajar sehingga waktu belajar terasa lebih cepat. 

2. Mendapatkan Feedback dari Mentor


Terjadi kesalahan berulang kali minim terjadi saat kamu ikut kursus. Mentor akan mengoreksi kesalahan kamu dan menjelaskan cara memperbaikinya. Baik itu dalam materi atau praktek. Saat kamu merasa belum mengerti atau mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal, mentor akan membantumu.

3. Belajar dari Ahlinya


Kamu akan belajar dengan seseorang yang ahli dalam berbahasa Inggris dan sudah mempunyai pengalaman di bidangnya. Kamu akan diajarkan kata atau kalimat yang cocok digunakan berdasarkan keadaannya. Mendapatkan tips mudah untuk berkomunikasi atau mengerjakan materi bahasa Inggris yang tidak ada di internet.

Daftar Kursus Bahasa Inggris di Kiddo


Kiddo.id merupakan platform yang menyediakan kursus bahasa Inggris online dan kursus pengembangan potensi anak lainnya. Pilihan tepat untuk keadaan sekarang yang tidak bisa melakukan kegiatan pembelajaran di luar rumah. 

Saat ini, Kiddo sudah launching fitur terbaru bernama Milestone Tracker. Fitur ini menyediakan fasilitas untuk memantau tumbuh kembang anak sesuai usianya, jurnal tumbuh kembang anak, dan tes potensi anak.

Tempat kursus bahasa Inggris di Jakarta dan daerah lainnya yang offline belum bisa dilaksanakan optimal. Sambil menunggu keadaan normal kembali, sebaiknya untuk ikut kursus bahasa Inggris online di Kiddo.id. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika ikut kursus di Kiddo.id dengan biaya yang murah.

https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/blog/gaya-hidup/kelebihan-mengikuti-kursus-bahasa-inggris/
https://koinworks.com/blog/pintar-bahasa-inggris/
https://rachelcrooksforohio.com/belajar-bahasa-inggris-otodidak

57 comments

  1. Otodidak sangatlah sulit memang banyak kelebihannya, tapi tidak bisa sepenuhnya benar. Lebih cocok les sih sangat membantu. Apalagi sekarnag banyak banget kan kursus bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  2. Saya sih memang lebih klop ke belajar ada tutornya. Biar salah ada yg benerin, biar gak ngerti kita bisa nanyain, beda kan kalau belajar sendiri. Bisa-bisa salah dikit jadi kebiasaan eh salah seterusnya. Hehehe

    ReplyDelete
  3. Benar nih belajar bahasa Inggris sendiri susah untuk konsisten, maka les adalah jawabannya. Apalagi di Kiddo.id ini yang ada kursus bahasa Inggris online dan kursus pengembangan potensi anak lainnya. Pas benar karena belum bisa ada pembelajaran di luar rumah.

    ReplyDelete
  4. Anakku selama ini latihan sama aku aja mbak. Ga kepikiran untuk les in inggris. Tapi semakin gede pengennya yg seru dia.

    Kiddo ini aku ceki2 oke dan menarik bgt. Eye catching pulaaa webnya

    ReplyDelete
  5. ooh Kiddo ini punya EF ya ... bagus tuh.
    Kalau belajarnya dengan kursus, pronounciation juga bisa diperbaiki sama mentornya. Suka senewen saya sama guru bahasa Inggris di sekolah anak saya yang pronounciation-nya belepotan, kayaknya beliau harus kursus dulu di EF sama native speaker.

    ReplyDelete
  6. Salah satu kelebihan kita kursus adalah dikasih tahu cara penyebutan (pronounciation) yangtepat. Kalau sedari kecil sudah kursus, bisa keren tuh. Jangan kayak guru English di sekolah anak saya yang pronounciation-nya masih belepotan, jadinya anak2 diajar salah penyebutan.

    ReplyDelete
  7. Pastinya kita ingin memberikan yg terbaik utk anak2 ya Mba
    termasuk dalam hal pembelajaran bhs Inggris.
    kalo anak2 lebih demen kursus di Kiddo, ya hayuklaaahhh, ortu kudu memfasilitasi aja

    ReplyDelete
  8. Aku juga udah mikir mau les-in anak tapi masih belum nih..
    bahasa inggris penting banget..lebih enak klo ada gurunya ya mba. Anak-anak bisa lebih cepet bisanya. Aku baru tau nih link yg mba kasih, nanti aku cek2 jugaaa

    ReplyDelete
  9. klo buat belajar bahasa Inggris baiknya di tempat kursus ya mbak
    agar bisa terarah dan lebih lancar
    apalagi klo kursusnya di kiddo.id ini

    ReplyDelete
  10. Anakku juga berhenti nih les bahasa Inggris tatap muka padahal sudah ditekuni sejak kelas 1 SD memang lebih baik daftar kursus Inggris online ya biar lanjut belajarnya..

    ReplyDelete
  11. Bahasa ini kuncinya adalah sering-sering digunakan.
    Jadi sebuah atmosfer perlu digunakan. Otodidak memang seru siih...kan belajarnya bisa dimana aja dan kapan aja.

    ReplyDelete
  12. Aku prefer belajar kursus mba karena kesulitan untuk belajar otodidak tapi lihat Fiki Naki sukses jadi penasaran juga hahaha

    ReplyDelete
  13. yang belajar otodidak klo mau berhasil kuncinya konsistensi dan pastinya ga gampang nyerah... harus bener punya passion dan niat. tp ttp utk speaking butuh juga lingkungan yg mendukung ya, apalgi klo anak2, kyk di kiddo ini

    ReplyDelete
  14. Belajar Bahasa Inggris jelas lebih seru les ya. Selain pastinya punya teman untuk practice, juga kita diasah terus. Kalo sendiri lebih banyak malasnya kayaknya ya. Huhu aku gitu nih sekarang. Makin tumpul aja deh English-ku. Kepengen deh bisa ikut les. Tapi masa emak-emak ikutan? Malu. Udah telat. Hehehehe.

    ReplyDelete
  15. kalau untuk tipe anakku belajar bahasa inggris lebih cocok ikutan les deh mbak, mereka lebih semangat kalau ada teman belajarnya dan les bahasa inggris sekarang makin mudah karena bisa online ya

    ReplyDelete
  16. les bahasa Inggris buatku yang penting bisa semangat untuk latihan setiap saat yaaa mba, jadi cepet lancaar

    ReplyDelete
  17. les bahasa inggris memang bermanfaat banget ya mba. aku ngerasa banget nih bedany dengan belajar otodidak. apa lagi karena ini alat komunikasi, practice make perfect. kalau ga ada teman, kayaknya ga afdhal

    ReplyDelete
  18. Dulu saya belajar bahasa inggris otodidak aja, tapi untuk anak pengen deh dia ikut les aja...

    ReplyDelete
  19. sejujurnya aku belajar bahasa inggris berawal dari dengerin musik berbahasa inggri dan kebanyakan nonton serial tv trus dilengkapi dengan kursus buat grammar dan pronunciation

    ReplyDelete
  20. Ada beberapa orang yg memang bakat otodidak.
    tapiii, menurut saya, kalo bahasa itu sebaiknya les

    selain belajar materi, juga nambah pergaulan.
    jadi punya teman buat wasweswos

    ReplyDelete
  21. anak2ku sudah terbiasa belajar bahasa inggris otodidak sejak kecil. mereka juga otomatis punya teman belajar karena selalu ada yang bisa diajak chat setiap hari. Tapi tetep sih, akhirnya si sulung minta les bahasa inggris agar kemampuannya lebih terasah dan terstruktur.

    ReplyDelete
  22. Wah kalo belajar daring oke juga loh. Jadi inget pas kenalan orang² asing di dumay, nah jadi itung² belajar Bahasa Inggris sekalian deh. Kalo kursus Bahasa Inggris secara daring juga oke menurutku. Selama pandemi gini tentunya pasti ada deh.

    ReplyDelete
  23. Aku dlu belajar bahasa Inggris secara otodidak, insyaallah anaku nanti aku akan suru les agara belajar efektif dan efesien

    ReplyDelete
  24. Kalau jaman masih sekolah, aku biasanya belajar pakai lirik lagu yang ada di kaset mam. Tapi ya just for fun sih... Tapi kalau untuk formalitas, enaknya sih punya tutor atau les privat karena bebas tanya dan diskusi.

    ReplyDelete
  25. Nah iya, belajar bahasa Inggris itu asyik kalo ada temannya, bisa ngobrol. Kalau sendiri bisa-bisa jadinya ngayal.

    ReplyDelete
  26. Kalau untuk anak, memang baiknya les bahasa Inggris di tempat yang bagus dan sosialisasi dengan teman terjadi. Lihat teman bisa lebih baik jadi ingin semakin baik juga.

    ReplyDelete
  27. Kalau buat pelajaran bahasa inggris sih, menurutku mending les aja Mbak. Secara terkadang pronunciation akan lebih terarah kalau ada mentornya langsung.

    ReplyDelete
  28. Lebih enak kalau menggabungkan belajar yaa..
    Secara otodidak pun secara bersama pembimbing.
    Karena kalau ada temennya biasanya lebih terpacu dan penuh semangat. Kalau sendiri, asiknya memang lebih bisa konsentrasi.

    ReplyDelete
  29. Beberapa sepupu saya ada yang belajar bahasa Inggris sendiri. Tetapi, saya tipe yang harus kursus. Butuh guru untuk tau bahasa inggris saya benar atau salah

    ReplyDelete
  30. Setuju mba, belajar bahasa Inggris itu harus sedini mungkin. Soalnya dulu belajar bahasa inggris malah mulai SMP, jadi kadang kesulitan. makanya sekarang anak-anak aku lesin juga

    ReplyDelete
  31. Tergantung oranngay juga sih ya tapi gak semua bisa belajar otodidak. Ada yang lebih cepat belajar lewat les. Semua ada plus minusnya. Kalau memang mau menghemat harus otodidak asal punya niat yang tinggi Insya Allah bisa belajar

    ReplyDelete
  32. kalo anak-anak nih senang belajar bahasa itu versi dan cara mereka serta belajar ada gurunya, jadi bisa jalan keduanya. tapi sejak pandemi banyak belajar sendiri dan online

    ReplyDelete
  33. passssssssssss banget lagi nyariin tempat les bahasa Inggris buat anakku kok nemu postingan ini :))))

    ReplyDelete
  34. Aku kalau belajar bahasa inggris sendiri nyerah kak. Kalau fiki naki tuh jago belajar bahasa sendiri. Kalo belajar les baru deh lebih semangat dan mau enggak mau harus masuk kelas kan ya. Haha. Apalagi kalau berbayar

    ReplyDelete
  35. klo buat anak anak akan kesulitan jika belajar secara otodidak y mbK
    baiknya emang ikut kursus ya, biar lebih mahir

    ReplyDelete
  36. aku seneng ngajarin anak2 tp mereka kalau belajar inggris di rumah sama mamanya kayak ga minat. haha kzl
    kupake games sama film jadinya

    ReplyDelete
  37. Saya pernah belajar otodidak dan kursus, ya emang enakan kursus sih. Cuma untuk pengembangannya mau gak mau tetep harus otodidak.

    ReplyDelete
  38. Yang pasti, belajar dengan les pastinya lebih efektif. Karena semangat lebih terjaga. Kalo sendiri biasanya lebih ngandelin mood. Duh, aku jadi kepengen ikut les lagi deh. Seneng banget. Apalagi dengan teman2 dan mentornya. Tapi kalo sekarang mungkin lesnya online ya. Jadi kepengen masukin anak ke-3 les online deh.

    ReplyDelete
  39. asyik juga ya belajar secara otodidak, aku dulu zaman SMA suka banget belajar Bahasa Inggris, semoga anak2ku nanti juga suka

    ReplyDelete
  40. kalau banyak kelebihannya gini jadi lebih asyik, tapi saya lebih sering otodidak kalau belajar, liat materi di internet n youtube

    ReplyDelete
  41. Sekalipun belajar bahasa Inggris secara otodidak banyak kelebihannya, tetapi tetap saja jauh lebih bagus kalau belajar ada pembimbingnya. Salah satunya kursus bahasa Inggris seperti di Kiddo ini.

    ReplyDelete
  42. Yah, bu guru belajar tanpa guru bisa ribet apalagi kalo belajar ilmu agama.

    ReplyDelete
  43. Nah seruu nih kalo belajar bahasa inggris ada pembimbingnya. Berasa lebih optimal deh belajarnya :)

    ReplyDelete
  44. betul banget mba, keduanya punya kelebihan dan kekurangan, saya pernah ngalami keduanya.

    ReplyDelete
  45. aku suka english mbak, dan sampai sekarang masih belajar kosakata

    ReplyDelete
  46. Wah mau nih sesekali aku dftr di kiddo... kemampuan bhs inggris emg penting bgt Mbk..

    ReplyDelete
  47. Kalo aku pribadi sih, untuk bahasa inggris kayaknya perlu arahan dah..
    jadi bagi aku les bahasa inggris lebih oke.

    ReplyDelete
  48. Kadang kalo pas lagi travelling terus ketemu bule dan mereka nanya lalu aku ga bisa jawab tuh, gimana gitu rasanya.
    So Youtube adalah koenjci, aku biasa belajar bahasa inggris selama ini secara otodidak.

    tapiiiii, sepertinya Koddo.id menarik untuk dicoba, pasti lebih bisa lebih gampang kali yak..

    ReplyDelete
  49. Aku tim belajar sendiri aja deh...
    Dri jaman EBTANAS dlu, aku g pernah ikutan les.. kcuali yg diwajibin sekolah..

    Untk inggris biasanya aku pilih perbnyak nnton film, denger lagu berbahasa inggris

    ReplyDelete
  50. Kakak Nawra les dulu pakai guru sekarang pandemi ada guru tapi online. Dan belajar dari tikyok, hehehe

    ReplyDelete
  51. Emang menurut aku biar belajar lebih terarah, baiknya pakai tutor gitu ya. Anakku juga akhirnya ikut les bahasa Inggris biar gak ketinggalan kemampuan bahasa asingnya.

    ReplyDelete
  52. Belajar otodidak itu sebenarnya bagus banget. Asalkan konsisten belajarnya dan nemu teman belajar yang pas. Tapi kalau punya tutor atau ikut kursus gitu lebih asik sih... Bisa langsung diskusi dan bertanya kalau bingung.

    ReplyDelete
  53. Kalo nengsi lebih memilih les privat deh kayaknya. Lebih terbantu. Jadi nggak bengong sendiri. Hehe

    ReplyDelete
  54. Kadang kalau aku kewalahan ngajari si Shanum, aku nyari memang tempat yang bisa melatihnya terus fasih berbahasa Inggris

    ReplyDelete
  55. Karena saya bukan fiki naki yg secerdas itu makanya gak bs belajar bahasa asing sendiri. Kudu didampingi nih biar gak sesat dan salah kaprah. Hehe

    ReplyDelete
  56. Kalo aku tim belajar otodidak mbak karena lebih fleksibel, tapi teteup pasang target biar berhasil belajarnya hehe

    ReplyDelete
  57. Kalau aku sih sukanya belajar ada tutornya kalau salah ad yg benarin nya heheh kalau otodidak mah takut salah pemahaman apalagi belajar sesuatu yg blm pernah kita pelajari.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.