Memilih Waktu yang tepat untuk Aqiqah bersama Paket Aqiqah Kediri

Konten [Tampil]
Memiliki seorang anak tentu kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Apalagi dalam jika sudah lama menantikan kehadiran buah hati. Dalam tuntunan agama Islam anak adalah harta yang sangat bernilai. Ia akan menjadi salah satu penyelamat orang tua di hari akhir. Doa anak soleh adalah salah satu yang paling didambakan oleh orang tua. Nah untuk menjadikan anak anak kita menjadi soleh sesuai dengan ajaran agama maka kewajiban terhadap anak salah satunya adalah mengaqiqahkan anak. 


Dalil Aqiqah


Dalil aqiqah berasal dari sunah Rasulullah yang diriwayatkan oleh H.R Abu Daud dan Tirmidzi : 

"Semua bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing) , diberi nama, dan dicukur rambutnya (H.R Abu Daud, Tirmidzi).


Manfaat Aqiqah


Aqiqah memiliki manfaat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Seseorang yang menjalankan aqiqah artinya memiliki keyakinan yang kuat di dalam dirinya bahwa Allah akan memberikan pahala dan keberkahan saat dikaruniai anak. Oleh karena itu mereka akan senantiasa meyakini bahwa dengan aqiqah adalah upaya menebus anak yang tergadaikan dengan cara menyembelih hewan aqiqah seperti yang disampikan dalam sunah yang diajarkan oleh nabi. 

Orang tua yang memiliki keyakinan kuat untuk dapat mengaqiqah anaknya tentu akan mendapatkan pahala dan keberkahan memiliki anak.


Hukum Aqiqah


Hukum aqiqah di sampaikan oleh para ulama adalah sunah muakkad. Dianjurkan untuk orang tua yang sudah mampu. Bahkan jika saat anak dewasa jika telah diberi kemampuan boleh melakukan aqiqah untuk anak. 


Tata Cara Aqiqah


Cara melakukan aqiqah adalah dengan menyembelih hewan kambing yang sudah cukup umurnya. Usia kambing aqiqah adalah 2 tahun atau telah tumbuh tanduk. 

Hewan aqiqah untuk anak laki-laki berjumlah 2 ekor kambing sedangkan hewan aqiqah untuk anak perempuan berjumlah satu ekor kambing.

Setelah dilakukan pemotongan hewan aqiqah dilanjutkan dengan pemotongan rambut pada bayi. Rambut bayi akan ditimbang dan di setarakan dengan berat emas. Biasanya orang tua akan membayar rambut bayi seharga dengan berat emas. 

Daging hewan aqiqah yang telah disembelih di sedekahkan kepada fakir miskin dan yatim piatu beserta lauk pauk. 


Waktu Aqiqah


Aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran seorang anak. Namun ulama bersepakat bahwa aqiqah dapat dilaksanakan kapanpun memungkinkan. Jika tidak bisa dilaksanakan di hari ketujuh maka bisa dilaksanakan di hari ke-14 dan hari ke-21 atau kapan pun saat orang tua mampu melaksanakan aqiqah.

Syarat hewan aqiqah


Hewan aqiqah yang disunahkan adalah kambing, domba atau biri-biri. Yang telah cukup umur (dewasa). Hewan aqiqah juga harus terhindar dari penyakit, cacat tubuh maupun virus menular. Oleh karena itu sebelum membeli hewan aqiqah sebaiknya di lihat terlebih dahulu apakah hewan tersebut layak atau tidak untuk menjadi hewan aqiqah. 


Paket Aqiqah


Kita bisa juga menggunakan jasa Paket aqiqah untuk menyelenggarakan penyembelihan hewan aqiqah apabila tidak bisa dilakukan sendiri. Memang untuk menyelenggarakan aqiqah sendiri butuh modal yang cukup banyak apalagi dalam kehidupan bermasyarakat kita aqiqah identik dengan ritual yang cukup memusingkan. 

Apabila kita menginginkan penyelenggaraan aqiqah tanpa harus dipusingkan dengan ritual yang berlaku di masyarakat maka menggunakan Paket aqiqah kediri bisa menjadi solusinya. Paket aqiqah akan menyelenggarakan aqiqah secara tuntunan Islam dengan benar. Pendistribusian daging aqiqah juga akan dilakukan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan.

Aqiqah kediri solusi bagi orang tua yang akan mengaqiqahkan anak-anaknya. Aqiqah akan memnyediakan kambing aqiqah, menyelenggarakan dengan tuntunan yang benar serta memasak daging aqiqah dengan baik. 

Hewan aqiqah akan disembelih dengan tata cara yang benar, serta pendistribusian daging aqiqah juga sesuai dengan tuntunan hadis nabi.

Nah, sudah siap melaksanakan aqiqah untuk anak-anak kita? Mari kita menunaikan sunah muakad untukmendapatkan keridhoan Allah SWT. 

18 comments

  1. Menggunakan jasa katering akikah memang praktis untuk saat ini karena menyembelih kambing sendiri tentunya butuh tenaga untuk memasak dan mendistribusikannya.
    Tetangga dan keluargaku sekarang banyak yg pakai jasa katering akikah juga Mbak untuk efisiensi waktu dan tenaga tanpa harus mengadakan ritual yg berlebihan.

    ReplyDelete
  2. Sekarang dimudahkan ya ada Paket Aqiqah kayak gitu. Ada yang udah siap dimasak ya, jadi kita engga perlu repot. Memang bener sih, kalau belum ada dana, smp anak dewasa pun masih bisa aqiqah.

    ReplyDelete
  3. tanya: apakah ketika kita memanfaatkan aqiqah online, kita masih mendapat sedikit bagian dari kambing itu?
    atau hukumnya nggak boleh ya?

    ReplyDelete
  4. Praktis banget ya kalau ada jasa paket Aqiqah. Jadi kita sebagai ortu bisa fokus ke printilan acara lainnya dan terutama fokus pada si buah hati tercinta ^^

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah sudah mbak
    dua puteriku di aqiqah tepat setelah seminggu mereka lahir
    sekarang sudah lega, sudah melaksanakan kewajiban aqiqah anak

    ReplyDelete
  6. Saya pun lebih memilih paket aqiqah dalam melaksanakan aqiqah untuk anak anak saya. Lebih nyaman, tinggal pesan pesan saja. Jadi nggak terlalu merepotkan keluarga di rumah.

    ReplyDelete
  7. kemarin sempet ngobrol sama si mas.
    nanti kalau udah punya anak mau aqiqah sama tasmiyah anak di Jawa aja. secara harga kambing lebih murah di sana hehehe

    ReplyDelete
  8. Thanks pencerahan sekali nih artikel tentang waktu untuk aqiqah.

    ReplyDelete
  9. Sekarang apa-apa serba gampang ya, kak. Acara kecil, sedang dan besar pun bisa diatasi dengan mudah dengan catering.

    Seperti khitan gini. Insyallah gampang dan gak ribet apalagi yang huniannya di perumahan

    ReplyDelete
  10. Di tempatku belum ada usaha resmi yang mengelola aqiqah gini. Jadi ya cari kambing sendiri, nyari orang yang bisa motong hewan aqiqah juga, plus rame2 masak sama tetangga dan saudara di rumah.

    Emang iya sih, rada ribed pastinya. Tapi ya mau gimana lagi. Ambil sisi positifnya aja jadi makin guyub dan berasa kebersamaannya.

    ReplyDelete
  11. Wah, lengkap sekali penjelasan nya. Aqiqah adalah tanggung jawab kita sebagai orang tua. Semoga anak2 kita menjadi anak2 yg sholeh sholehah ya.

    ReplyDelete
  12. Kayaknya kakak iparku pakai jasa ini kapan hari
    Tapi coba saya tanya lagi deh

    ReplyDelete
  13. Anak-anakku sudah aqiqah, alhamdulillah. Tapi aku sendiri malah belum di Aqiqah oleh orangtuaku. Harus segera dilaksanakan ya ini. Karena penting sekali

    ReplyDelete
  14. Sumpah kak, baca ini tuh bikin aku langsung teringet bahwa diri ini masih punya hutang akikah anak saya. Hihi.

    Dulu pernah pakai jasa catering akikah karena ribet juga mau masak-masak di komplek yang mini.
    Semua layanan akikah Kediri ini all in ya kak. Memudahkan banget buat kita yang ingin melaksanakan akikah buat anak.

    ReplyDelete
  15. Dari dulu udah banyak Aqiqah online ini cuma nggak booming aja yak. Lebih praktis sih kalau aqiqah online kayak gini. Apalagi pas lagi sibuk dan nggak sempat bikin syukuran aqiqahan.

    ReplyDelete
  16. Jasa ini ada ku juga rasakan sangat membantu bagi kami orang tua, ringkes dan layanan bermutu

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah Julio juga sudah aqiqah mba, dan kita pesennya pas itu di tetangga yang kebetulan juga bisnis aqiqah gitu.

    ReplyDelete
  18. alhamdulillah di rumah (adat)nya selalu memberikan nama, aqiqahnya di hari ke tujuh dan aku baru tahu kalau itu ternyata ada dalam hadist...

    ternyata bacaanku kurang banyak

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.