6 Fungsi Serat untuk Tubuh

Konten [Tampil]

Halo keluarga Daring, Apa kabar? semoga sehat semua. Sepertinya  sering kita mendengar mengenai serat kan, kemungkinan yang tersirat dalam ingatan kita, serat sangat berguna buat pencernaan. Ya, serat memang membantu memperlancarkan pencernaan dan menahan sembelit alias konstipasi. Namun, fungsi serat bagi tubuh nyatanya lebih dari itu.


Dalam dunia kesehatan, riset mengenai serat sering menjadi objek yang menarik. Dengan bertambahnya studi, kian panjang juga daftar fungsi serat yang ditemui. Waktu masuk kedalam tubuh, serat bisa berikan fungsi langsung maupun tidak langsung.


Sebagian besar fungsi serat terkait dengan koloni bakteri baik dalam usus. Ada serat yang membuat jumlah bakteri di usus terus sama imbang, maka fungsi pencernaan dalam tubuh masih terawat secara baik.

Apa Fungsi Serat Bagi Tubuh?

Di bawah adalah beberapa fungsi serat yang didapatkan saat mengkonsumsi serat secara teratur.

1. Mengatasi Penyakit Saluran Pencernaan

Sewaktu mengkonsumsi serat, bakteri dalam usus akan mengolahnya lewat reaksi peragian. Serat yang sudah diolah akan diubah jadi asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid). Misalnya akan di ubah jadi asetat, propionat, dan butirat yang perlu buat beberapa sel dalam usus besar. 


Untuk itu, mengkonsumsi serat pada jumlah cukup sehari-hari bisa turunkan pembengkakan di usus. Konsumsi serat bisa menolong pemulihan penyakit saluran pencernaan. Misalkan saja, seperti kolitis ulseratif, penyakit Crohn, dan sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome),

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat yang ada dalam usus bisa menjaga rasa kenyang makin lama. Keadaan itu bikin konsumsi kalori yang kita konsumsi menjadi menurun atau sedikit. Oleh karenanya, mengkonsumsi serat teratur pada jumlah cukup kerap direkomendasi oleh dokter dan pakar kesehatan karena bisa menolong menurunkan bobot badan.


3. Mengatasi Obesitas

Fungsi ini masih terkait dengan poin pertama. Untuk mereka yang merasakan kegemukan alias obesitas, salah sebuah perihal yang bisa dilaksanakan untuk menanggulanginya yaitu mengkonsumsi serat. Para ahli melakukan penelitian di Amerika bahwa pasien obesitas yang teratur mengkonsumsi suplemen serat alami pengurangan bobot tubuh umumnya sekitar 2,52 kg.

4. Menjaga Kandungan Gula Darah

Lebih dari tiga dasawarsa, banyak riset membuktikan jika makanan tinggi serat, terutama serat larut, memiliki indeks glikemik yang rendah. Serat larut berguna buat memperlambat peresapan glukosa dan tidak sebabkan penambahan persentase gula darah mendadak setelah makan.

Tak hanya itu, asam lemak rantai pendek yang dibuat dari reaksi peragian serat bisa menimbulkan produksi hormon. Hormon ini membuat kerja insulin lebih efisien maka persentase gula darah puasa dan nilai HbA1c menjadi bertambah baik.

5. Turunkan Persentase Kolesterol

Persentase kolesterol jahat (LDL) yang tinggi sebagai satu diantaranya menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke dan penyakit jantung. Nah, dengan mengkonsumsi serat larut ini malahan berfungsi turunkan peresapan kolesterol itu. Serat larut bekerja lewat cara mengikat asam empedu dan elemen kolesterol yang ada dalam tubuh sebelumnya lantas dikeluarkan lewat feses.


Tiap mengkonsumsi 2 - 10 gram serat larut setiap hari, angka pengurangan kolesterol keseluruhan dapat capai 1,7 mg/dL, dan persentase kolesterol jahat (LDL) dapat turun sampai 2,2 mg/dL. Angka itu barangkali tampak kecil, namun ahli kesehatan terus memandang serat berperanan penting pada pengurangan persentase kolesterol.

6. Turunkan Risiko Kanker Usus Besar

Kanker usus besar sebagai penyakit kanker yang sebabkan kematian paling banyak nomor tiga di dunia. Untuk mengurangi resiko terserang kanker usus besar, makanlah serat sehari-hari. Lantaran, serat bisa menaikkan pertahanan dinding usus dari beberapa penyakit, termasuk kanker.

Kesimpulan

Melihat banyak fungsi serat ini bagi kesehatan tubuh, kini waktunya untuk memperbanyak dan menaikkan konsumsi serat bagi tubuh. Karena serat sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama bagi anda yang memiliki riwayat penyakit parah sebelumnya. Mari kita menjaga pola makan yang teratur dan lakukan olahraga setiap hari agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. 



36 comments

  1. Aku penyuka segala jenis sayuran tuh sejak menyadari fungsi serat loh mbak
    dulu aku hanya makan sayur sop (kuah plus dagingnya) - sayur asem (kuah plus jagungnya) dan sayue bayam (kuah plus jagungnya doang!)

    Sekarang? Semua yang berwarna warni dan hijau, menjadi sahabatku!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayur enak kalau mengolahnya bisa hehe aku juga suka nih

      Delete
  2. Banyak positifnya ya fungsi serat untuk tubuh apalagi yang punya masalah di pencernaan. Sama-sama mengingatkan untk tetap menjaga hidup sehat ya termasuk memenuhi konsumsi serat tubuh

    ReplyDelete
  3. makanya ya orangtua dari dulu ingetin harus banyak makan sayur dan buah supaya kebutuhan serat harian terpenuhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunda sama anak juga kita sering rewel hehe

      Delete
  4. Salah satu hal penting yang terkandung di dalam menu makanan yang kkita konsumsi memang harus ada serta ya Mbak. Serat didapat yang termudah dari buah dan sayur. Kadang kalau makan gak ada sayur rasanya jadi susah nelennya ya, Mbak. Meski hanya serat dari sayur lalapan juga enak ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lalapan juga enak apalagi pake sambel mantep deh

      Delete
  5. Ternyata banyak banget ya fungsi serat bagi tubuh, selama ini kenalnya ya, serat itu baik untuk pencernaan.

    ReplyDelete
  6. Iya, terasa banget kalau makan makanan kurang serat dan jarang minum, langsung auto susah ke belakang ya...

    ReplyDelete
  7. Serat sering terabaikan dalam pola makan, padahal kita perlu memperbanyak dan menaikkan konsumsi serat bagi tubuh. Karena serat sangat bermanfaat bagi tubuh

    ReplyDelete
  8. Serat juga penting buat memperlancar BAB. Soalnya aku sering mengalami ini selama hamil. Makanya mesti lebih banyak makan sayur, buah dan air putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air putih sayur dan serat adalah menu wajib ya mak

      Delete
  9. bener banget nih. serat sangat penting untuk tubuh. semenjak mengonsumsi rutin makanan tinggi serat, tubuhkh jadi lebih enteng dan BaB jadi lancar

    ReplyDelete
  10. Se-signifikan itu ya mbaaa, peran serat untuk tubuh kita.
    Aku kalo telat makan sayur/buah, mood dan pencernaan-ku jadi kacau.

    Tiap hari TERWAJIb ada stok buah di meja makan

    ReplyDelete
  11. Berasa banget ini kebutuhan serat nggak boleh dilupakan
    Apalagi busui seperti saya
    Harus lancar

    ReplyDelete
  12. Besar sekali yah fungsi serat untuk tubuh kita, thanks remindernya mbak

    ReplyDelete
  13. Aku kerasa banget kalo tubuh kekurangan serat biasanya pencernaanku mulai gak beres. Maka setiap hari aku sellau mengusahakan untuk memenuhi kebutuhan serat ini dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan..

    ReplyDelete
  14. Serat memang banyak manfaatnya ya, bagus banget untuk tubuh... Semangat konsumsi serat ah, salah satu usaha agar hidup lebih sehat...

    ReplyDelete
  15. Memang serat nih manfaatnya banyak banget ya.. saya termasuk yang telat, Mba kenal serat. Saya baru dekat dengan sayur buah semenjak dekat dengan orang Sunda saat kuliah. dari situ baru deh mulai memakan segala serat. sampai sekarang. Dan memang tubuh jadi lebih bugar walau gemuk juga.. xixixi..

    ReplyDelete
  16. serat emang banyak manfaatnya ya mbak makanya salah satu resoluso sy di 2021 adalah banyak makan serat, tiap hari sarapannya diganti buah

    ReplyDelete
  17. Banyak banget ya mba gunanya serat bagi tubuh, saya merasakan bener nih mba, kalau udah kurang makanan berserat pasti perasaan jadi tidak enak, mungkin karena ada metabolisme tubuh yang keganggu ya... Harus rajin dan konsisten jaga asupan ini

    ReplyDelete
  18. Kerasa banget deh kalau usia sudah mulai 40 tahun kebutuhan serat juga perlu banyak

    ReplyDelete
  19. Serat sangat penting buat tubuh ya mba. Makanya setiap hari serat itu ga pernah terlewat buat dikonsumsi

    ReplyDelete
  20. wah bagian menurunkan berat badan dan kolesterol, bagian yang penting utkku dan suami. Pengen memperbanyak serat supaya sehat lebih lama.

    ReplyDelete
  21. Kalau pola makan sehat dijaga, terasa banget siih..kak.
    Selain sehat, gak gampang lemes, badan juga terasa enteng.

    Semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
  22. Itulah mengapa dalam pola makan sehat dianjurkan untuk mengonsumsi serat yang cukup agar kesehatan tubuh selalu terjaga. Pengingat juga nih mba untukku yang kayaknya masih kurang banyak makan asupan serat.

    ReplyDelete
  23. Selama ini aku suka buah-buahan sebagai sumber serat harianku Mak. Enak banget dicemilin atau dibikin jus :D

    ReplyDelete
  24. Serat memang penting banget untuk tubuh ya, Mbak. Harus ada dalam asupan makanan sehari-hari biar sehat nih.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.