Makanan Tinggi Kalsium Untuk Mencegah Bau Mulut Secara Alami

Masa pertumbuhan pada anak memang harus diperhatikan oleh orang tua. Masa-masa ini akan berlangsung singkat dan membutuhkan perhatian lebih. Untuk itu anak anak harus mendapatkan asupan nutrisi penting untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Terutama masalah gigi, seringkali masalah bau mulut yang disebabkan dari masalah gigi yang mengalami kerusakan menjadi penghambat aktivitas. Untuk itu artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara mencegah bau mulut secara alami. 



Salah satu nutrisi yang dibutuhkan adalah kalsium. Kalsium adalah nutrisi utama pembentukan tulang dan gigi. Oleh karena itu anak-anak harus mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup saat usia pertumbuhan.

Kebutuhan kalsium setiap orang tentu berbeda beda berdasarkan umur, jenis kelamin dan pekerjaan. Hal ini diesbabkan aktivitas sel-sel pembentukan tulang dan gigi pada setiap orang berbeda-beda. 

Usia pertumbuhan 4-18 tahun 

Usia ini membutuhkan sebanyak 1300 mg kalsium per hari. Kalsium digunakan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Usia ini paling banyak membutuhkan kalsium dikarenakan aktivitas munculnya gigi tetap serta pertumbuhan tulang sangat pesat. 

Usia dewasa 18-50 tahun 

Usia ini membutuhkan sebanyak 1200 mg kalsium per hari untuk membantu regenerasi sel yang rusak/mati pada tulang dan gigi. Pada usia dewasa kalsium digunakan untuk meregenerasi sel-sel yang bekerja terus menerus. Seperti pada tulang dan gigi yang terus menerus digunakan dalam melakukan aktivitas rutin setiap hari seperti bekerja, bergerak, olahraga, mengunyah makanan. 

Usia 51-70 tahun

Pada usia ini kebutuhan kalsium wanita dan pria berbeda-beda hal ini disebabkan wanita berisiko lebih tinggi kehilangan banyak kalsium karena aktivitas melahirkan, menyusui dan menstruasi yang telah dilaluinya di usia produktif. Sehingga kehilangan kalsium juga banyak. Akibatnya wanita lebih beresiko mengalami osteoporosis. Untuk mengatasinya wanita membutuhkan 1200 mg kalsium per hari. Sedangkan pria membutuhkan 1000 mg perhari.

Makanan tinggi kalsium antara lain: 


Biji-bijian

Kalsium banyak terdapat pada biji- bijian seperti biji wijen, dll. Biji wijen mengandung 123 mg kalsium dalam tiap sendok makan.

Sarden

Sarden memiliki kalsium yang tinggi. Kandungan kalsium pada sarden sebesar 21% kebutuhan kalsium harian. Tulang sarden memiliki kalsium yang sangat tinggi. 

Keju

Keju memiliki kandungan kalsium tinggi. Oleh karena itu anak-anak sangat baik mengkonsumsi keju. Baik dalam bentuk olahan atau topping roti. Keju menyumbang 33% kebutuhan kalsium perhari atau sekitar 334 mg dalam tiap 28 gram keju parmesan.

Yogurt

Yogurt memiliki kandungan kalsium tinggi serta mengandung probiotik yang juga baik untuk pencernaan. Jika Anda mengkonsumsi yogurt sebanyak satu cup maka sudah memenuhi kebutuhan kalsium sebanyak 30 %.

Kacang Almond 

Kacang Almond memiliki kandungan kalsium tinggi sekitar 8% dari kebutuhan kalsium harian. Kacang Almond bisa juga dikonsumsi dari olahannya seperti cake, selai, maupun dimakan utuh. 

Susu

Susu memiliki kandungan kalsium tinggi. Dalam 230 ml terdapat sekitar 300 mg kalsium. Jika anak mengkonsumsi susu dua kali sehari maka akan sangat baik bagi pertumbuhannya. 

Bayam

Bayam memiliki kandungan kalsium tinggi. Dalam satu mangkok  kira-kira 128 gr memiliki kandungan kalsium sebanyak 25%.

Kalsium banyak digunakan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium maka aktivitas anak hingga bertumbuh dewasa tidak akan terhambat.

Kebutuhan Kalsium untuk mengilangkan bau mulut dari kerusakan gigi


Terutama masalah gigi anak. Kecenderungan anak menyukai makanan manis yang dapat merusak gigi dapat menjadi kendala aktivitas mereka nantinya. Jika masalah gigi menjadi kendala dalam aktivitasnya maka mengatasi masalah gigi adalah solusinya. Gigi yang terawat adalah cara menghilangkan bau mulut secara alami. 

Kita tahu bahwa gigi kalau sudah rusak tidak bisa diganti dengan yang baru. Dokter gigi biasanya akan menambal danasang gigi palsu namun tak bisa mengganti gigi baru. 

Untuk mencari obat sakit gigi berlubang sebaiknya segera ke dokter gigi agar dapat diatasi kerusakan gigi sedini mungkin. Permasalahan gigi berlubang setiap orang tentu berbeda-beda. Sehingga penanganan yang tepat dari dokter gigi dapat meminimalisir sakit pada gigi berlubang.

Selain itu asupan kalsium tetap harus diperhatikan meskipun sudah usia dewasa. Karena kalsium harian berguna untuk meregenerasi sel yang telah mulai tidak mampu bekerja. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.