Mensyukuri Keindahan Alam Bukit Kandis

Minggu siang aku dan kak Beny berkesempatan mengunjungi lokasi wisata Bukit Kandis. Sebenarnya tidak ada rencana untuk berwisata ke sana, berhubung Kak Beny sudah janji mau mengajakku jalan yah, pilihannya adalah Bukit Kandis karena tidak terlalu jauh dari pusat kota. Wisata Bukit Kandis terletak di Desa Durian Demang Kecamatan karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah.
 


Lokasi wisata terletak di jalan poros Bengkulu Curup kilometer 25. Tak jauh dari pusat perkantoran Benteng. cukup mudah menjangkau lokasi karena terletak di jalan poros Bengkulu Curup. Jalan poros ini adalah jalan perlintasan yang merupakan akses dari Bengkulu menuju provinsi tentangga seperti Palembang, Sumatera Barat dan kota lainnya. 

Lokasi Wisata Alam Bukit Kandis


Untuk menjangkau lokasi kami menggunakan sepeda motor. Sebenarnya jalan cukup bagus dan bisa dilalui oleh kendaraan roda empat sampai ke kaki wisata alam bukit Kandis. Baru-baru ini proyek pembanguna jalan wisata agaknya telah selesai dibangun sehingga tak perlu khawatir akses jalan menuju lokasi. 

Wisata alam Bukit Kandis ini merupakan salah satu wisata unggulan di Kabupaten Bengkulu Tengah, Tak tanggung-tanggung even nasional pernah diadakan di lokasi yaitu off road. Lokasi ini sangat mendukung untuk even off road dan sejenisnya karena cukup luas dan kontur tanah yang berbukit, batu serta hutan alam yang cocok dijadikan adu ketangkasan kendaraan off road. 

Area parkir kendaraan cukup luas, sehingga tak perlu khawatir dengan keamanan jika sudah berada di lokasi. Wisata Alam Bengkulu Tengah ini memang telah menyediakan fasilitas parkir yang dikelola oleh masyarakat setempat. 

Terdapat pondok pondok penjual makanan dan minuman kecil yang dapat pengunjung beli jika haus. Saya sarankan pengunjung wajib membawa makanan dan minuman kecil ya, karena untuk menjangkau lokasi puncak bukit butuh tenaga yang cukup karena jalan setapak menuju puncak sangat terjal dan mendaki. Kontur alam yang mendaki dan terjal adalah salah satu daya tarik Bukit kandis sehingga merupakan salah satu unggulan wisata alam Bengkulu Tengah.

Kami berkesempatan naik motor sampai ke puncak. Ya mungkin lagi bernasib baik sehingga tak perlu capek berjalan kaki. Ada alasan mengapa pengunjung kendaraan dibatasi untuk sampai ke lokasi puncak bukit karena jalan setapak yang sempit hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan bermotor saja. 

Tak sampai 10 menit akhirnya kami sampai ke lokasi puncak bukit Kandis salah satu bukit Bengkulu Tengah ini yang sangat indah. Terlihat batu raksasa berada di depan mata kami. Menyerupai gunung namun tak banyak tumbuhan bisa hidup karena tekstur batu cadas. 

Wisata Alam Benteng yang Indah memukau


Sampai di atas Anda akan disuguhkan dengan gunung batu yang menonjol ditengah dataran rendah sekitarnya. Ada plang merek Bukit Kandis berwarna warni yang menjadi spot berfoto pengunjung. Inilah Bukit Kandis salah satu wisata alam Benteng yang sangat indah memanjakan mata. 

Sepanjang mata memandang hamparan perkebunan sawit rakyat, Perkebunan karet, hingga palawija mendominasi terlihat jelas dari atas Wisata alam Benteng Bukit Kandis ini. bahkan garis Pantai Bengkulu juga akan terlihat jika cuaca cerah. Sungguh indah memanjakan mata. 

Kak Beny memarkirkan motor di samping plang merek dan mengajakku naik ke kaki bukit. Ada spot berfoto bagus di sana. Beberapa pengunjung terlihat menikmati keindahan alam dengan bercengkrama dengan teman-temannya. Terlihat sekelompok pemuda sedang duduk-duduk bersantai di seberang puncak Bukit Kandis. Menurut Kak Beny disana juga salah satu spot foto favorit pengunjung. 

Cukup hati hati saat menaiki bebatuan cadas, jika Anda mengunjungi kaki bukit ini saya sarankan menggunakan sepatu agar mudah menapak di bebatuan. Bebatuan cadas di sini dilindungi oleh cagar budaya. Oleh karena pengunjung disarankan untuk tidak  mencoba merusak bebatuan. 

Pemerintah daerah telah memperhatikan dengan baik Objek wisata Bengkulu Tengah ini, oleh karena itu kita sebagai pengunjung sebaiknya ikut melestarikan dengan menjaga segala keindahan alam Objek wisata Bengkulu tengah serta fasilitas pendukungnya. 

Hamparan perkebunan masyarakat setempat menjadi view yang indah begitu memanjakan mata. Beberapa titik terlihat asap muncul dari balik rimbunnya pepohonan sawit, mungkin saja ada masyarakat yang baru membuka lahan perkebunan namun terlihat sangat kentara menyelimuti hamparan hijaunya dedaunan.

Ada kolam kecil berbentuk love di bawah bawah puncak terlihat ketika pengunjung berada di atas. Spot ini biasanya tempat favorit pengunjung saat mengunjungi objek wisata Bengkulu Tengah ini. 


Kebetulan cuaca sangat cerah tidak terlalu terik sehingga meskipun kami sampai disini pukul 14.00 tidak terasa terik menyengat. Mungkin juga lantaran view yang demikian indah kami lupa sengatan matahari hehe. 

Ahh betapa indahnya alam ciptaan Allah SWT. Tak henti hentinya mengucapkan syukur atas anugerah pemandangan yang memanjakan mata.

Jika sudah berada di atas sini rasanya tidak mau beranjak pulang. Menikmati keindahan alam bukit Kandis memang tak membosankan. Apalagi pemandangan alam yang juara selalu rindu untuk kembali lagi ke sini. 


Beruntung kami membawa bekal makanan ringan yang bisa menjadi camilan sambil menikmati indahnya pemandangan diatas bukit. Sayangnya kami hanya membawa bekal makanan ringan sedikit, Ingin rasanya lebih lama lagi mengeksplor keindahan alam Bukit Kandis ini. 

Satu botol air mineral dan kacang atom menjadi camilan kami berdua, ada batu besar tempat kami berteduh dari terik matahari sambil menikmati pemandangan indah dibawah sana. Dari balik batu tersebut kita bisa melihat view di bawah tempat parkiran kendaraan pengunjung. 

Hati- hati jika duduk di pinggir batu ini. Karena tebing yang sangat curam tanpa pengamanan sangat rentan jika tidak ekstra berhati-hati. 


Hoaah indah nya pake banget. Asli bukan editan hehe. Tak terasa sudah satu jam kami berada di puncak. Beruntung tak banyak pengunjung di lokasi sehingga kami bisa berswa foto dengan bebas.

Kak Beny mencoba naik ke atas batu raksasa di atas sana. Untuk pengunjung lain tidak disarankan ya karena cukup mengerikan apalagi tanpa pengamanan. 

Awan gelap sudah mulai terlihat di atas sana, beberapa lokasi terlihat sudah sangat gelap mungkin telah turun hujan. Namun kami masih enggan untuk beranjak dari puncak bukit.

Tempat Wisata Bengkulu Tengah


Setelah mengambil video dan foto cukup banyak akhirnya kak Beny mengajak kami segera turun. Sangat enggan rasanya melepas view indah ini. Pemandangan alam Bukit Kandis yang memukau memang benar-benar tempat wisata Bengkulu Tengah yang terbaik. 

Namunkami harus segera pulang karena mendung sudah mulai bergelayut di langit Bukit Kandis. Dari kejauhan terlihat awan sudah mulai menurunkan muatan airnya sangat jelas terlihat di Bukit Kandis tempat wisata Bengkulu Tengah ini. 

Kami segera menuruni bukit, beberapa pengunjung juga terlihat beranjak turun. Lega rasanya sudah menikmati keindahan alam Bukit Kandis. Semoga di lain waktu bisa ke sini lagi. 


Alhamdulillah, akhirnya kami selesai mengunjungi bukit Kandis. Ahh indah sekali. Kami segera pulang. Dan benar saja tak lama meninggalkan lokasi hujan segera mengguyur alam Bengkulu Tengah yang kami lalui. 


1 comment

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.