Wisata Air Terjun Sengkuang Kepahiang

Wisata Air Terjun Sengkuang ini sebenarnya sudah lama kami lakukan sekitar bulan February sebelum pandemi. Setelah sebelumnya berwisata di kebun jeruk dan strawberry. Adismal Family selanjutnya mengunjungi Air terjun Sengkuang. 

wisata air terjun sengkuang



Lokasi air Terjun Sengkuang terletak di daerah Desa Sengkuang Kepahiang. Kami menuju lokasi dari arah kebun teh Kabawetan menuju jalan lama. Menurut informasi penduduk yang kami temui di jalan menuju lokasi, ada jalan baru ke wisata air Terjun Sengkuang namun karena belum hafal lokasi kami memutuskan untuk tetap menyusuri jalan lama saja. 

Beberapa saat melewati perkampungan penduduk, tibalah di persimpangan dengan plang merek yang sudah lama tak terawat. Dari persimpangan kita menju jalan agak menurun menuju lokasi air Terjun kira kira 3 km. Melewati perkebunan kopi masyarakat akhirnya kami tiba di lokasi.

air terjun sengkuang
Jalan setapak menuju lokasi air terjun



Lokasi parkir cukup luas untuk kendaraan roda empat. Terlebih dahulu kami membeli tiket di pintu masuk. Harga tiket Rp 10.000,-/orang. Karena kami berlina jadi 50.000. Tidak ada pembedaan harga tiket anak dan dewasa.

Setelah membeli tiket kita akan berjalan kaki menuju jalan menurun ke lokasi air Terjun. Terdapat jalan setapak untuk pejalan kami. Kira kira 200 meter berjalan kaki, mulai terdengar suara air Terjun yang membahana. 

wisata kepahiang



Ada tangga menurun yang sudah dibangun dan aman untuk pejalan kaki. Bagian kiri sudah diberi pengaman dari besi untuk menghindari pengunjung terjatuh. 

Setelah menuruni anak tangga sekitar 30 meter akhirnya kami tiba di lokasi air Terjun. Terlihat pengunjung sudah ramai mandi dan bercengkrama di air.

wisata bengkulu



Vegetasi hutan yang asri disekeliling air Terjun sangat alami sehingga udara dingin menerpa wajah. Anak anak segera berganti pakaian dan turun bersama Abahnya, sedangkan aku menjaga tas kami di atas sambil memotret.

Air cukup surut dan jernih sehingga terlihat bebatuan di dasar sungai. Di sisi kiri terdapat auning sebagai tempat pengunjung beristirahat. Ada juga toilet umum yang dapat digunakan pengunjung setelah selesai mandi.

Anak-anak asyik mandi di air terjun. Adik terlihat sedikit takut ketika diajak berenang mendekati air terjun. Namun saat digendong Abahnya, Ia terlihat mulai terbiasa. sedangkan Abang masih takut 

Sebuah jembatan diatas air terjun cukup favorit menjadi tempat berswa foto. Pengunjung banyak memanfaatkan sebagai tempat untuk melihat pemandangan 

Sungguh menyegarkan mandi di air terjun Sengkuang. Buat teman-teman sahabat Adismal Family semua yang ingin berwisata ke Air terjun Sengkuang silahkan mengikuti rute yang ada diatas ya selamat berwisata. 


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.