Resep Kue Ulang Tahun Coklat yang Menggoda

Resep kue ulang tahun coklat yang menggoda. Kalian menyukai membuat kue ulang tahun buatan sendiri dirumah? Jika kalian memiliki mangkuk, mixer tangan yang murah, dan beberapa gelas takar, kalian bisa membuat kue cokelat yang kaya rasa ini. Punya banyak acara ulang tahun di depan mata? kalian dapat mencampur beberapa bahan kering menjadi satu, menyimpannya dalam wadah kedap udara hingga tiga bulan, dan bersiap untuk merayakannya pada saat-saat tertentu dengan campuran kue DIY kalian sendiri. Ini dia resep kue ulang tahun mudah yang bisa kalian buat sendiri dirumah.


resep kue ulang tahun coklat yang menggoda


Aku sendiri memilih membuat sendiri kue ulang tahun anak-anak. Karena kami punya 5 anggota keluarga maka biasanya akan ada  6 kali kue ulang tahun setiap tahunnya, yaitu ulang tahun masing-masing anggota keluarga dan ulang tahun pernikahan. Karena bahan bahan resep kue ulang tahun coklat yang menggoda lidah anak-anak juga suka dengan kue buatan uminya. 

Pertimbangan lainnya membuat sendiri resep kue ulang tahun coklat yang menggoda lidah karena murah meriah dan tak butuh biaya yang banyak. Jika biasanya satu kue ulang tahun seharga 150-200 ribu, maka untuk kue ulang tahun buatan sendiri bisa setengah harga untuk modal bahan. 

Berikut resep kue ulang tahun mudah dibuat yang dapat kalian praktekkan di rumah. Resep ini bisa kalian modifikasi ya sesuai dengan selera. Dan tentunya dalam membuat kue ulang tahun yang terpenting adalah saat menghias kue. Kita bebas berkreasi dengan kue buatan sendiri. 

Simak Resep Kue ulang tahun mudah dibuat berikut ini : 

Bahan yang diperlukan:

  • ¾ cangkir minyak sayur, ditambah lagi untuk wajan

  • 1⅓ cangkir tepung serbaguna

  • 1¼ cangkir gula pasir

  • 1¾ sdt. bubuk pengembang

  • ¼ sdt. soda kue

  • 1½ sdt. garam kosher

  • ½ cangkir bubuk kakao tanpa pemanis

  • 2 butir telur besar

  • 1 cangkir susu

  • 1¾ sdt. ekstrak vanili

  • 4 oz. keping cokelat setengah manis atau batang cokelat cincang kasar (tidak melebihi 64% kakao)

  • ½ cangkir krim kental

  • 4 oz. krim keju, suhu kamar

  • ¼ cangkir gula halus

resep kue ulang tahun mudah

Tahapan pembuatan kue:

  1. Tempatkan rak di tengah oven; panaskan dulu sampai 325 °. Menggunakan ujung jari kalian, lumuri bagian bawah dan sisi loyang kue bundar 9 "dengan minyak sayur. Letakkan kertas roti di bagian bawah loyang, haluskan untuk menghilangkan gelembung udara. Kedengarannya susah, tapi membuat lingkaran perkamen itu mudah! Letakkan loyang di atas selembar perkamen, buat garis keliling dengan pensil, lalu guntinglah.

  2. Kocok 1⅓ cangkir tepung serbaguna , 1¼ cangkir gula pasir , 1¾ sdt. baking powder , ¼ sdt. soda kue , dan 1¼ sdt. garam kosher dalam mangkuk besar. Ayak ½ cangkir bubuk kakao ke dalam mangkuk, lalu kocok hingga rata. (Anda bisa berhenti di sini dan mengemas bahan-bahan kering ini dalam wadah kedap udara untuk membuat semacam campuran kue DIY jika Anda mau!)

  3. Kocok 2 telur besar , ¾ cangkir minyak sayur , dan 1 sdt. ekstrak vanili dalam mangkuk sedang sampai tercampur rata dan lembut, sekitar 30 detik. Dengan menggunakan spatula, aduk adonan telur hingga tercampur rata. Telur akan menjadi kental dan pucat, tidak apa-apa!

  4. Hangatkan 1 cangkir susu dalam panci kecil dengan api sedang sampai panas, pastikan susu tidak mendidih. Kocok susu hangat ke dalam adonan sampai tidak ada gumpalan dan tercampur; jangan overmix.

  5. Segera pindahkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ketuk panci beberapa kali di permukaan untuk mendorong beberapa gelembung keluar.

  6. Panggang kue, sesekali tusuk kue dengan tusuk gigi untuk memastikan kematangan kue. Kurang lebih sekitar 40-45 menit. Pindahkan ke rak kawat dan biarkan kue dingin dalam loyang.

  1. Sementara itu, buat frosting: Isi panci berukuran sedang dengan air dan didihkan dengan api sedan. Campurkan 4 oz. Chocolate chip dan ½ cangkir krim kental dalam mangkuk medium tahan panas, letakkan di atas panci, dan kecilkan api hingga kecil (pastikan dasar mangkok tidak menyentuh air). Aduk sesekali dengan spatula sampai coklat meleleh dan campuran homogen dan kental. Dinginkan ganache sampai dingin saat disentuh, sekitar 25 menit. Secara bergantian, campur coklat dan krim dalam mangkuk tahan microwave dan microwave kurang lebih 10 detik sampai meleleh.

  2. Menggunakan mixer listrik dengan kecepatan sedang-tinggi, kocok 4 oz. krim keju , ¼ cangkir gula halus , dan sisa ¾ sdt. ekstrak vanili dan ¼ sdt. garam kosher dalam mangkuk besar sampai sangat halus dan tidak ada gumpalan yang tersisa. Kocok dalam chocolate ganache yang sudah didinginkan dengan kecepatan sedang, gesek ke sisi mangkuk seperlunya, sampai frosting menahan puncaknya dan tercampur dengan baik serta sedikit lebih kental, sekitar 1 menit. Anda tidak ingin terlalu keras karena frosting bisa menjadi terlalu kaku.

  3. Oleskap mentega pada tepi wajan. Balikkan kue yang sudah dingin ke piring dan buka perkamen. Balikkan lagi ke piring.

  4. Oleskan kue dengan frosting, oleskan merata ke seluruh permukaan. Buatlah sapuan dekoratif dengan sendok, jika diinginkan. Iris dan sajikan.


Demikian resep kue ulang tahun coklat menggoda yang dapat Moms persembahkan untuk orang-orang tercinta. Selamat mencoba!

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.