Beberapa Keluhan Seputar Jantung pada Manusia

Konten [Tampil]
Semakin berumur seseorang maka semakin banyak keluhan seputar Jantung maupun tentang menurunnya kesehatan yang dirasakan.  Keluhan seputar jantung pada manusia  dapat beragam sesuai dengan tingkatan penyakit jantung yang diderita. Mari kita kupas tentang beberapa Keluhan seputar jantung yang umumnya dialami seseorang. 

Jantung adalah organ yang cukup beresiko mengalami gangguan baik dari faktor luar maupun dari dalam seperti keturunan. Namun tidak perlu khawatir berlebihan, apabila kita menerapkan gaya hidup sehat dan rutin memeriksa kesehatan maka keluhan seputar jantung pada manusia akan cepat teratasi.


seputar jantung pada manusia


Beberapa Keluhan Seputar jantung pada Manusia

Penyakit jantung bawaan


Disebabkan oleh kelainan bentuk jantung dari lahir. Kelainan bentuk jantung ini bisa saja berasal dari bentuk jantung, dinding jantung, katup jantung, maupun pembuluh darah dekat jantung. Penyakit jantung bawaan akan terdeteksi sejak awal yang ditandai dengan beberapa Keluhan seperti nafas pendek, tumbuh kembang terhambat, kulit membiru hingga nyeri bagian dada. 

Jantung koroner


Penyakit jantung koroner seringkali menimpa sebagian besar orang yang memiliki pola hidup tidak sehat. Penumpukan lemak pada pembuluh darah jantung akan mengakibatkan pembuluh darah arteri  jantung mengeras dan mengalami penyempitan. Akibatnya dapat fatal jika tidak tertangani dengan cepat, aktivitas jantung memompa darah ke seluruh tubuh akan mengalami gangguan sehingga penderita mengalami koma jika dibiarkan maka akan menyebabkan kematian. 

Penyakit katup jantung 


Penyakit katup jantung akan mengakibatkan penderita mengalami gejala seperti sesak, Nyeri bagian dada, cepat lelah bahkan di beberapa kondisi yang parah akan menyebabkan penderita mengalami pingsan, detak jantung tidak beraturan maupun pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Penyakit katup jantung disebabkan jantung tidak membuka dan menutup dengan sempurna. Hal ini akan mengakibatkan terhambatnya aliran darah ke seluruh tubuh. Akibatnya hal ini seringkali menjadi keluhan seputar jantung pada manusia

Tumor jantung


Tumor jantung ditandai dengan pertumbuhan abnormal di bagian tertentu pada jantung. Halnini akan menyebabkan terganggunya kerja jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh. Seperti hal nya tumor pada bagian tubuh yang lain tumor jantung juga dibahi menjadi tumor jinak dan tumor ganas (kanker). 

artikel terkait : Direktori sakit kepala

Gejala awal penyakit jantung


Gejala umum Penyakit jantung adalah nyeri bagian dada kiri, kesulitan bernafas, terasa cengkraman yang kuat di sekitar dada hinggap leher pada beberapa kasus dapat menyebabkan hilangnya kesadaran. 

Tingkatan penyakit jantung


Ringan


Gangguan jantung ringan biasanya tidak disadari oleh penderita, hal ini karena sebagian orang masih bisa beraktivitas seperti biasa. Namun jika diperiksa kondisi jantung akan mengalami perbedaan dari detak jantung yang tidak normal. 

Untuk itu sangat dianjurkan bagi kita yang usianya memasuki 40-an untuk rutin melakukan general check up, sehingga dapat terdeteksi sejak dini. Apabila cepat ditemukan penyebabnya maka dokter bisa memberikan pengobatan maupun pencegahan agar jantung Anda menjadi sehat. 

Sedang


Pada tahap ini penderita akan mulai merasakan tidak nyaman di area dada, sesak dan mudah lelah, berkeringat berlebihan apabila terlalu lelah beraktivitas. Apabila cepat terdeteksi biasanya dokter akan memberikan pengobatan dan menganjurkan agar pasien dapat mengontrol secara rutin kondisi jantung. Yang harus dilakukan oleh pasien dengan gejala penyakit jantung ringan adalah beraktivitas dengan santai, hindari stress dan kelelahan serta asupan gizi baik.


Berat 


Pada kondisi gejala penyakit jantung berat penderita dianjurkan untuk banyak beristirahat menghindari kelelahan dan terus mengontrol kesehatan jantung. Tindakan yang dilakukan oleh dokter biasanya akan dilakukan operasi untuk mengatasi masalah ini. Apabila terdapat penyempitan pembuluh darah jantung biasanya akan dipasang ring jantung untuk membantu penderita.

Menghindari Penyakit Jantung


Untuk beberapa jenis penyakit jantung seperti penyakit jantung bawaan dokter akan melakukan tindakan seperti operasi untuk mengembalikan jantung menjadi normal seperti fungsinya. Namun beberapa penyakit jantung dapat dihindari dengan beberapa cara yaitu :

Pola hidup sehat


Menerapkan pola hidup sehat dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa penyakit jantung koroner adalah penyempitan pembuluh darah arteri jantung yang diakibatkan penumpukan kolesterol. Cara mengatasinya adalah menghindarkan diri dari mengkonsumsi makanan tidak sehat, berlemak dan berkolesterol tinggi. 

Makanlah makanan yang sehat dengan kadar lemak yang terkontrol dengan baik. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang berserat tinggi, melakukan olahraga, menghindari stress dan selalu berfikir positif. 

Chek Up


Melakukan general chek up dapat mengatasi keluhan seputar jantung pada manusia. Apabila ada kelainan di jantung kita maka akan cepat di ketahui dan dilakukan pengobatan. Semakin dini maka semakin besar kemungkinan untuk sehat dan normal kembali. Oleh karena itu lakukan general chek up berkala bagi kita yang telah berusia diatas 30 tahun. 

Demikian Beberapa keluhan seputar jantung pada manusia yang dapat menjadi salah satu referensi bagi Anda. Semoga bermanfaat. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.