Kenali Tipe tipe Kecerdasan Anak untuk mengoptimalkan Anak Tumbuh Tinggi, Tangguh dan Tanggap bersama Indomilk OptiNutri

Anak cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Dahulu, mitos bahwa kecerdasan anak diukur dari nilai raport, menjadi juara yang ia peroleh di kelas maka saat ini sudah tidak bisa lagi menjadi barometer keberhasilan seorang anak. Anak tumbuh tinggi, tangguh tanggap adalah salah satu tolak ukur keberhasilan orang tua membesarkan anaknya.



Anak anak memiliki kecerdasan yang berbeda satu dengan yang lain. Tidak bisa hanya diukur dari nilai raport yang diperoleh di bangku sekolah.



Ada beberapa tipe kecerdasan anak yang harus diketahui oleh orang tua. Apa kegunaan orang tua mengetahui tipe kecerdasan ini tidak lain adalah untuk membantu anak mengoptimalkan kecerdasannya.

Jenis kecerdasan yang dimiliki anak antara lain :

1. Kecerdasan linguistik

Anak yang memiliki kecerdasan linguistik ditandai dengan menonjol ya kemampuan berbicara. Ia tidak ragu untuk berkomunikasi dengan siapa saja lawan bicara, menyampaikan gagasannya sangat mudah menguasai berbagai bahasa. 

Biasanya anak akan senang bernyanyi, mendongeng, bercerita kepada siapa saja yang ditemui. Anak juga menjadi lebih kritis, suka menanyakan hal hal baru yang ia temui. 

2. Kecerdasan visual 

Jenis kecerdasan visual pada anak ditandai dengan menonjolnya kemampuan anak dalam melihat gambar. Anak akan lebih mudah mengerti melihat peta, sangat tertarik dengan denah dan mampu mengingat suatu tempat yang sudah ia kunjungi dengan tepat, anak juga sangat mengingat baik alur cerita yang ia lihat di tv, video.


3. Kecerdasan logis matematis

Kecerdasan matematis ditandai dengan menonjolnya kemampuan anak dalam menyusun dan menomorkan suatu angka, anak tertarik mengutak atik huruf, simbol simbol, menghubungkan suatu simbol dan mengganti simbol dengan yang lain.

4. Kecerdasan kinetis

Kecerdasan kinetis ditandai dengan anak lebih menyukai bergerak, tidak bisa diam dan selalu menonjol dalam hal latihan fisik.

Anak yang memiliki kecerdasan kinetis tidak bisa duduk diam di dalam ruangan ia memiliki pola belajar dengan terus mengandalkan anggota tubuh yang bergerak.


5. Kecerdasan musikal

Kecerdasan musikal ditandai ketertarikan anak di bidang musik, seni. Anak akan lebih tertarik dengan suatu alat musik, tertarik dengan bernyanyi, bisa dengan mudah menghafal lagu atau bermain alat musik.

6. Kecerdasan Intrapersonal

Anak yang memiliki kecerdasan Intrapersonal ditandai dengan kecenderungannya bermain sendiri, anak juga bisa mengatur emosinya sendiri, dapat mengkomunikasikan perasaannya dengan baik.


7. Kecerdasan Interpersonal

Anak dengan kecerdasan Interpersonal sangat berkebalikan dengan anak yang memiliki kecerdasan Intrapersonal. Mereka akan suka bermain bersama teman-temannya, membagi mainan dan tak keberatan dengan dominasi temannya. Ia suka memimpin permainan dan mampu berkomunikasi dengan baik bersama teman-temannya.

8. Kecerdasan Spasial

Anak yang memiliki kecerdasan spasial senang mencoret apapun di sekitarnya, dinding, kertas, perabotan. Anak akan segera mencari benda apapun untuk menyalurkan keinginannya berimajinasi. Mereka yang memiliki kecerdasan spasial senang bermain dengan warna, menyusun balok, bermain cat air. Untuk itu sangat baik jika orang tua memberikan fasilitas kepada anak untuk menyalurkan imajinasi mereka dengan baik.

Mengetahui kecerdasan anak wajib bagi orang tua agar anak tumbuh dengan  gizi yang baik serta tepat pula pengasuhan yang diberikan orang tua. 

Anak yang memiliki pola asuh baik didukung pula nutrisi yang pas untuk tumbuh kembangnya akan menjadi sosok anak yang mandiri, tidak mudah putus asa dan dapat menghasilkan karya-karya terbaik sesuai bakat yang ia miliki. 

Apa yang harus diperhatikan oleh orang tua? 

Orang tua wajib mengenali tipe kecerdasan anak dan memberikan fasilitas yang tepat sesuai dengan tipe kecerdasan yang ia miliki. Jika pemberian fasilitas tepat anak dapat lebih optimal tumbuh sesuai bakat alami yang dimilikinya.

Gizi yang baik untuk tumbuh tinggi tangguh tanggap 

Tumbuh tinggi, tangguh tanggap tidak datang dengan sendirinya, ada proses pertumbuhan yang dilalui. Termasuk asupan makanan yang ia konsumsi setiap hari. Asupan ini adalah nutrisi yang berasal dari makanan dan minuman yang ia konsumsi. 

Bunda wajib memastikan ananda mendapatkan nutrisi dasar pada menu nya. Nutrisi itu meliputi kalsium, protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan otak dan tulang nya.

Anak yang memiliki tinggi badan baik akan lebih percaya diri saat bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Ia tidak mudah dikucilkan atau dibully lantaran badan yang kecil.

Anak tangguh selalu bermain dengan baik tanpa banyak keluhan, biasanya anak tidak mudah menyerah saat berhadapan dengan persoalan kecil, lebih sehat dan tidak lesu.

Anak tanggap akan lebih peduli lingkungan sekitar, ia akan mudah membantu orang lain disekitarnya yang membutuhkan pertolongan. 

Jika sudah terpenuhi kebutuhan nutrisi anak, maka anak dapat tumbuh tinggi, tangguh tanggap dengan baik.

Susu Bubuk Untuk anak

Anak anak membutuhkan nutrisi dari susu bubuk untuk anak, memilihkan susu bubuk yang tepat tentu merupakan investasi untuk kesehatannya di masa mendatang. Oleh karena itu susu bubuk untuk anak yang baik adalah yang memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk mendukung pertumbuhannya.

Anak-anak akan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di usia-usia emas, dan akan berkurang saat memasuki usia remaja. Oleh karena itu susu bubuk untuk anak sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

Manfaat susu bubuk

Susu bubuk memiliki banyak manfaat diantaranya adalah nutrisi lengkap yang tidak dimiliki sumber makanan apapun. Jika dalam sebuah menu yang dimakan anak tentulah nutrisinya  tidak selengkap susu bubuk. Misalnya menu sarapannya adalah roti dan selai stroberi. 

Nutrisi pada roti lebih banyak kandungan karbohidrat sedangkan selai stroberi memiliki banyak vitamin. Lalu bagaimana dengan nutrisi lainnya? Tentu tidak lengkap jika hanya didapat dari sarapan roti dan selai stroberi bukan? Untuk itulah susu bubuk dapat menjadi solusi dalam melengkapi nutrisi anak. Jadi inilah manfaat susu bubuk yang dapat kita ketahui. 

Selain itu manfaat susu bubuk juga diketahui untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang tidak mungkin ada dalam menu sehari-hari anak. 

Indomilk Susu Bubuk  untuk Usia Berapa ?



Indomilk susu bubuk OptiNutri cocok untuk anak 5-12 tahun tentunya dengan pertimbangan ananda tidak ada riwayat alergi terhadap kandungan produk susu. Apabila sebelumnya ananda memiliki riwayat alergi sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis untuk memastikan aman dalam menkonsumsi Indomilk OptiNutri.

Indomilk susu bubuk untuk usia berapa saja? Indomilk susu bubuk adalah susu pertumbuhan untuk usia 5-12 tahun. Usia anak-anak adalah masa masa keemasan pertumbuhan tulang, untuk pertumbuhan tinggi anak. 

Masa pertumbuhan anak yang wajib diperhatikan oleh orang tua agar dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak, adalah investasi bagi masa depannya. Jika pertanyaannya Indomilk susu bubuk untuk usia berapa maka tentunya untuk usia pertumbuhan anak anak hingga remaja.

Kandungan Nutrisi pada Indomilk Susu Bubuk OptiNutri


Kalsium 

Peran penting kalsium untuk anak, karena dapat membantu pertumbuhan tulang dan perkembangan tinggi badan. Kalsium didapat dari sumber makanan seperti susu dan olahannya seperti keju. 

Omega 3 


Peran penting Omega 3 sangat penting dalam perkembangan otak anak. Asupan Omega 3 yang bersumber dari minyak ikan akan menjadi bahan baku dari terbentuknya sinapsis dalam otak anak yang akan menjadi berkumpulnya informasi dalam otak anak. Semakin banyak sinapsis tersebu maka semakin kuat daya ingat anak. Dan saat ini kandungan nutrisi Indomilk Susu Bubuk mengandung Optinutri (Omega 3, Sumber Protein dan Kalsium Tinggi). 


Apa itu Optinutri?


Taukah Bunda, jika Indomilk Susu Bubuk dilengkapi dengan optinutri? Optinituri adalah nutrisi untuk anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap. 

Optinutri membantu anak tinggi secara fisik
Tangguh menghadapi tantangan 
Tanggap menyerap pelajaran

Kandungan Indomilk susu bubuk 

Indomilk Susu Bubuk dibuat dari susu yang telah melalui proses produksi  menjadi susu bubuk mengandung Omega 3, Sumber Protein dan Kalsium Tinggi, vitamin, mineral, karbohidrat dan lemak yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan otot anak.  

Varian Indomilk susu bubuk


Susu Indomilk Optinutri tersedia dalam 3 varian rasa yaitu Instant Cokelat, Instant Plain (bebas gula) dan full Cream (bebas gula)

Komposisi

Dalam kemasan Indomilk Optinutri terkandung susu bubuk full cream, gula, coklat bubuk, perisa sintetik, penstabil nabati, premiks vitamin, kolom, vitamin C, E, DHA ( dari minyak ikan mengandung antioksidan tokoferol, natrium askorbat, askorbil palmitat).

Jumlah per sajian 

Energi 180 kkal
Lemak 5 g  8%
Asam linoleat 4 mg 
Kolesterol 5 mg  2%
Protein  5g.    9%
Karbohidrat total 27 g. 8%
Serat pangan 1 g 4%
Gula 22g
Natrium 70 mg 5%

Vitamin
Vitamin A 35%
Vitamin D 30%
Vitamin E 50%
Vitamin B1 30%
Vitamin B2 30%
Vitamin B3 25%
Vitamin B5 45%
Vitamin B6 35%
Vitamin B12 25%
Vitamin C 40%


Mineral

Kalsium 25%
Fosfor 15%
Magnesium 8%
Yodium 40%
Seng 8%
Mangan 15%
Biotin 30%
Kolin 6%

Jika anak mendapatkan gizi yang baik, pola pengasuhan yang tepat maka akan tercipta generasi muda yang tumbuh tinggi, tangguh, tanggap. Banyak karya-karya besar bermanfaat untuk bangsa dan negara. Ayo Bunda kita bersama sama menciptakan generasi maju berkarya besar.

42 comments

  1. susu formula mendukung stimulasi kecerdasan anak di setiap usianya ya.. supaya anak bisa tumbuh lebih optimal

    ReplyDelete
  2. Setuju, tiap anak kan unik ya Mbak, dengan jenis kecerdasannya sendiri maka perlu dikenali, dioptimalkan sebaik2nya sembari tak lupa memperhatikan nutrisinya agar tumbuh kembangnya bagus.

    ReplyDelete
  3. Indomilk Susu Bubuk terbaru ini yang ada Optiutri-nya ya. Memang bagus untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sih ya.

    ReplyDelete
  4. Untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, pemberian susu yang lengkap gizi memang penting. Biar anak jadi sehat, cerdas dan kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dilihat dari usianya, cocok nih buat anakku Pica yang udah 6 tahun.
      Pengen beliin ah biar dia makin cerdas.

      Delete
  5. kecerdasan anak2 itu memang beda2 yaa.. aku punya 4 anak semua beda loh, takjub tapi ya nyata. hihi.

    ReplyDelete
  6. Wah..susu bubuk Indomilk ini untuk usia 5-12 tahun yaa.. Pas nih, bisa dikonsumsi sama anak sulung saya. Ada rasa full creamnya juga tuh, rasa favorit anak saya~

    ReplyDelete
  7. Yup, kecerdasan gak cuma dilihat dari nilai raport saja ya. Ternyata banyak juga kecerdasan2 yang lain.
    Pemenuhan gizi yang baik dan seimbang juga akan sangat berperan dalam tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  8. Tulisannya menginspirasi sekali bunda, terutama bagi saya yang masih baru menjadi ibu :)

    ReplyDelete
  9. Anakku keduanya kayaknya cuma beda di kecerdasan intra dan inter. Si Abang Inter, kalau adek Intra. Semua kecerdasannya sama. Cuma si Adek blm ketauan di kecerdasan logis matematiknya. Ini kalau dilihat dr artikel yang mba tulis ya

    ReplyDelete
  10. Dengan mengenali tipe kecerdasan anak, orangtua juga bisa paham dengan gaya belajar yg condong dilakukan si anak. Cerdas juga mesti dibarengi dengan nutrisi yg baik ya. Pas belajar disediakan indomilk duh enaknya

    ReplyDelete
  11. Anak-anak memang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda ya mbak, pastinya tidak bisa dibandingkan satu sama lainnya ataupun dilihat dari nilai rapot. Setuju nih, untuk minum susu bubuk dalam menemani proses tumbuh kembangnya ya, supaya makin optimal. Apalagi Indomilk yang coklat disuka oleh anak-anakku juga mbak.

    ReplyDelete
  12. Toss! Anakku minum yang cokelat juga mba.. enak katanya. Selagi bisa, aku juga melengkapi nutrisi anak2..biar mereka tumbuhnya naksimal

    ReplyDelete
  13. banyak banget ya Tipe kecerdasan anak, dengan gizi yang seimbang tentu bisa membantu menoptimalkan kecerdasan anak. Nyesss banget tuh, minum susu indomilk dingin (kasih es) saat anak-anak PJJ

    ReplyDelete
  14. Tiap anak berbeda dan unik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini susu favoritnya anakku mbk, Indomilk

    ReplyDelete
  15. susu yang satu ini memang sudah lama ya digemari oleh anak - anak mba. Dan mereka bisa tumbuh kembang dengan baik

    ReplyDelete
  16. Betul nih tiap anak punya kecenderungan berbeda, jadi mestinya juga tidak bisa disamakan satu sama lain cara stimulasi perkembangannya. Btw susunya samaan sama anak saya nih...

    ReplyDelete
  17. Perlu banget ya mengenal tipe tipe kecerdasan anak sehingga stimulasinya pun jadi lebih cepat

    ReplyDelete
  18. Kandungannya lengkap ya mba susu indomilk. Mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak

    ReplyDelete
  19. Tentunya dg mendidik anak dg ilmu plus pemberian nutrisi yang optimal akan mendukung tumbuh kembang anak ya mba. Salam buat si kecil yaa

    ReplyDelete
  20. Yes, kecerdasan anak itu banyak ya moms. .dgn nutrisi yg tepat, mska kecerdasan anak akan tumbuh optimal

    ReplyDelete
  21. Anakku kalau dikasih susu pas makan suka kenyang sebelum waktunya..
    Tapi susu bubuk Indomilk memang seenak itu siih...anak-anak jadi bersemangat setelah minum susu bubuk Indomilk yang rasanya lezaaatt~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susu bubuk Indomilk di rumahku yang kemasan 400 gram itu gak bertahan lama, hehehe..sekeluarga pada doyan semua, termasuk Mamaknya....((buat campuran bikin pudding atau kue, lezaat))

      Delete
  22. saya juga suka susu bubuk indomilk, beliin untuk anak saya, emaknya eiii emaknya ikut ikut nyemilin ^_^

    ReplyDelete
  23. Banyak orang yang masih belum aware dengan tipe kecerdasan anak. Masih PR juga untuk sekolah yang masih ngasih parameter "pintar" di tipe kecerdasan tertentu.

    ReplyDelete
  24. Semoga makin kesini banyak orangtua yang aware mengenai beverapa kecerdasan anak, katena kecerdasan tidak melulun di pendidikan sekolah. Susu legend ya mbk, Indomilk. Anakku juga susunya Indomilk

    ReplyDelete
  25. Jadi semakain paham deh harus seperti apa untuk tumbuh kembang anak agar lebih optimal yaa... memang tugas orangtua untuk mengenali bakat anak, setelah dikenali jadi lebih mudah mengarahkan ya.. agar potensi anak bisa terasah dengan maksimal juga

    ReplyDelete
  26. Kalau semua orang tua paham tentang tipe-tipe kecerdasan ini maka tak akan ada lagi orang tua yang galau manakala tahu anaknya tak pandai matematika. Ia akan menerima anak apa adanya lengkap dengan karakter kecerdasannya masing-masing. Good share mbak

    ReplyDelete
  27. Indomilk susu bubuk ini varian baru kah mbak? Biasanya aku pakai Indomil ini yang susu cair, enak dibuat bahan es krim atau pudding.

    ReplyDelete
  28. Setuju bahwa tumbuh tinggi, tangguh tanggap itu tidak datang dengan sendirinya. Yang paling besar peranannya adalah ibu, bagaimana menstimulasinya dengan aktivitas dan juga gizi.

    ReplyDelete
  29. Indomilk susu bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan anak ya, Mba karena mengandung nutrisi yang baik dalam menunjang asupan gijinya. Saat ini memang nilai raport tidak dapat menentukan kecerdasan anak karena setiap anak memiliki kecerdasan dan bakat yang berbeda.

    ReplyDelete
  30. Susu formula bubuk seperti Indomilk ini memang bagus sekal manfaatnya bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak2. Meskipun diperuntukkan bagia anak2 usia 5-12 tahun, tapi aku juga suka loh :D

    ReplyDelete
  31. Setuju banget Mba, kita harus memastikan nutrisi anak untuk kecerdasannya, selain susu dan makanan sehat tentunya. Sekarang aku juga lagi meraba-raba anak-anakku ini tipe kecerdasannya yang mana, karena ortu zaman sekarang kayanya udah banyak yang melek kalo kecerdasan ga diukur dari nilai rapot

    ReplyDelete
  32. Ya benar, kecerdasan itu banyak...
    Dan sbg ortu kita emang wajib memberi nutrisi yg tepat ya mbak, agar kecwrdasan anak tumbuh pesat

    ReplyDelete
  33. baca baca ini jadi inget dulu pernah tes kecerdasan juga. tapi ortu tetep push buat pinter matematika padahal kecerdasanku ga disitu heheheh

    semoga sekarang banyak orang tua yang udah teruka matanya kalau pinter ga berarti harus selalu nilai 100 di matematika yaaaa

    ReplyDelete
  34. Seneng banget ya kalau anak bisa tumbuh dan berkembang optimal, gak cuma fisik tapi juga secara mental.
    Tipe2 kecerdasan anak eamng beda2 ya, enak kalau udah bisa nemu anak lbh condong ke mana tinggal diarahkan. Btw anakku jg msh suka minum susu :D

    ReplyDelete
  35. setiap anak cerdas, pintar dan unik, makanya sebagai orangtua kita perlu mengetahui kecerdasan anak lebih menonjol ke mana ya.. makasi udah berbagi mak

    ReplyDelete
  36. Anakku kayaknya kecerdasan musikal mba. Kalau belajar tuh sambil dengerin musik. Trus dia cenderung ke art buat krrasi gitu

    ReplyDelete
  37. Masya Allah ganteng anakmu Yurma, emang perlu banget ya mengenal tipe kecerdasan anak ya biar bisa membantu cara belajarnya.

    ReplyDelete
  38. Tipe kecerdasan anak beda - beda dan memang harus dipahami ya biar bisa stimulasinya

    ReplyDelete
  39. Tiap anak memang memiliki kecerdasana masing-masing ya mba, tugas kita sebagai orangtua untuk menemukannya. Sering menyesal deh ketika memaksakan anak untuk paham terhadap pelajaran tertentu, padahal mungkin saja memang dia keunggulannya bukan di bidang itu.

    ReplyDelete
  40. Bener ya, nutrisi selalu menjadi hal penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.