Destinasi Wisata Impian di Pulau Belitung

Belitung mulai dikenal oleh publik sejak dahulu, kekayaan alam maupun wisata alam yang kaya menjadikan pulau ini salah satu destinasi impian. Bahkan saat populer film Laskar Pelangi yang terinspirasi dari karya novel Laskar Pelangi nya Andrea Hirata pulau Belitung kian tersohor. 

sumber gambar: pixabay


Beberapa keunikan pulau Belitung  antara lain :


Tambang Timah 

Timah merupakan kekayaan alam pulau Belitung yang banyak diincar para pengusaha besar. Perusahaan Timah telah berdiri sejak zaman Belanda mengeksplor kekayaan pulau Belitung. Masyarakat pulau Belitung tak bisa dipisahkan dengan keberadaan tambang timah tersebut, mereka bekerja pada perusahaan dan hidup dari timah.

Batu Raksasa

Pulau Belitung memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pulau lainnya yaitu pantai yang mempunyai batu raksasa. Bebatuan raksasa menjadi ciri khas pantai pulau Belitung, warna nya yang putih kian mencolok berpadu dengan ombak dan pasir pantai. Sangat eksotis.

Pantai yang Indah

Pulau Belitung memiliki pantai yang indah di sepanjang pinggir pulau. Pasir yang berwarna putih kontras dengan pohon kelapa yang berbaris rapi memagari pantai terasa sangat memanjakan mata. Sepanjang pantai mata akan disuguhkan pemandangan ayunan dedaunan kelapa mengikuti ritme ombak yang bergelut menyapa daratan. Sungguh pemandangan yang indah tak terlupakan.

Sebut saja pantai Tanjung Kelayang yang memiliki keunikan bebatuan raksasa di sepanjang pantai. Destinasi ini menjadi salah satu impian bagi para traveler untuk berkunjung ke Belitung.

Lalu ada Pulau Kapayang yang juga tak kalah eksotik. Pemandangan serupa dengan bebatuan raksasa ini menjadi tempat yang terunik tak dimiliki pantai manapun di negeri ini.

Pantai Tanjung Tinggi juga tak kalah menarik. Air yang tenang berwarna biru kehijauan menjadi spot menarik untuk dikunjungi. Pantai ini juga menjadi lokasi syuting Laskar Pelangi yang tersohor. 

Hasil laut yang berlimpah

Memiliki pantai tentu menyimpan kekayaan biota laut tak terbatas, inilah pantai Belitung, jika di darat menyimpan timah maka di laut memiliki hasil laut yang tak ada habis habisnya. Ikan, kerang, udang, merupakan anugrah yang dimiliki oleh laut Belitung tak heran jika masyarakat Belitung mampu bertahan hidup dengan kekayaan laut yang berlimpah.

Kelapa yang Berjasa

Ribuan pohon kelapa di sepanjang pantai Pulau Belitung merupakan anugerah tersendiri masyarakat pulau Belitung, buah kelapa melimpah menjadi salah satu penopang hidup mereka dengan diolah menjadi kopra. Kopra merupakan salah satu komoditas ekspor dari pulau Belitung sejak dahulu. Tak heran jika kelapa merupakan aset bagi tanah Belitung.

Kuliner Belitung yang Memanjakan Lidah

Suatu daerah tidak akan dilupakan oleh orang yang berkunjung tidak lain jika memiliki kekayaan kuliner. Kuliner memang meninggalka kenangan tersendiri yang akan terus diingat oleh orang lain. Belitung memiliki kekayaan kuliner yang terkenal. Karena kekayaan lautnya kuliner Belitung juga tak jauh jauh dari ikan. Diantaranya Mie Belitung, aneka seafood, sup ikan, dll.

Transportasi ke Belitung

Untuk menjangkau lokasi wisata di Belitung ada beberapa cara yakni menggunakan pesawat dengan rute Jakarta-Belitung, atau menggunakan feri menuju Belitung. Pulau Belitung secara geografis terletak di sekitar perairan laut Sumatera Selatan, sehingga banyak kapal yang lalu lalang dari Pelabuhan Sumatera Selatan menuju Belitung. 

selain itu Anda juga bisa menggunakan jasa travel yakni paket tour Belitung. Anda dapat bersama-sama teman, kolega atau keluarga menikmati wisata Belitung dengan jasa Paket wisata Pulau Belitung. Menggunakan jasa travel ada beberapa keuntungan antara lain kita tidak perlu report resevasi hotel, mencari kendaraan dan survey lokasi wisata yang akan dituju. Pihak travel biasanya sudah menyediakan segala akomodasi terkait dengan perjalanan wisata. Jadi kita tinggal menikmati keindahan wisata alam Belitung tanpa harus repot memikirkan semua akomodasi di temat wisata. 


Ahh memang sangat kaya negeriku tercinta, Ayook kita traveling ke Belitung!!!

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.