Aplikasi Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Konten [Tampil]
Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Aplikasi Pertidaksamaan Nilai Mutlak dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan disimak contoh permasalahan yang bisa kita temui di lingkungan sekitar kita berikut ini.




Aplikasi Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Contoh Soal Nilai Mutlak


Seorang bayi lahir prematur di sebuah rumah sakit ibu dan anak. Untuk mengatur suhu tubuh bayi tetap stabil di suhu 34°c. Maka harus dimasukkan ke inkubator selama 2 hari. Suhu Inkubator harus dipertahankan sekitar 32°c hingga 35°c. Bayi tersebut lahir dengan BB 2.100 - 2.500 gram. Jika pengaruh suhu ruangan membuat suhu Inkubator menyimpang sebesar 0,2°c . Tentukan interval perubahan suhu Inkubator?

Penyelesaian

Cara 1 ( Menghitung dengan Nilai Mutlak)


Pada soal diatas kita mendapatkan informasi bahwa suhu Inkubator yang harus dipertahankan selama 1-2 hari semenjak kelahiran yaitu 34°c. 

Misalkan t adalah segala kemungkinan perubahan suhu inkubator akibat pengaruh suhu ruang dengan perubahan yang diharapkan sekitar 0,2°c. 

Maka nilai mutlak nya dapat kita modelkan sebagai berikut :

|t-34|< 0,2

Berdasarkan definisi maka:


sehingga

Jadi perubahan suhu inkubator itu bergerak dari 33,8°c sampai 34°c

Cara 2

Cara lain untuk menentukan penyelesaian dari soal diatas adalah dengan mengamati melalui garis bilangan.

Perhatikan gambar berikut :

berdasarkan gambar diatas maka interval perubahan suhu inkubator adalah | t | 33,8 < t < 34,2 jadi perubahan suhu inkubator itu bergerak dari 33,8°c sampai dengan 34,2°c.



Untuk mencari Pertidaksamaan Nilai mutlak Pada materi terdahulu telah kita bahas tentang Persamaan linear tiga variabel dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak. 

Cara 3 : 

Penyelesaian ke-3 

sehingga



Inilah Aplikasi Pertidaksamaan Nilai Mutlak yang perlu diketahui. 

5 comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.