Mengenal Si Jenius Autisme

Kamu mengenal sosok Moon Sang Tae? Sosok kakak pengidap Autisme dengan gangguan Disorder ini diceritakan dalam drama It's Okay to Not Be Okay menunjukan perilaku tersebut. Gangguan Autisme dengan Savant Syindrom ini memiliki perilaku yang tak biasa.



Perilaku yang sering ditunjukkan Sang Tae antara lain susah berinteraksi dengan orang lain, terkesan menarik diri, tidak fokus selalu mengulang perkataan dan menampilkan emosi yang berlebihan saat tertentu. Selain itu gangguan emosi ini juga akan mempengaruhi kehidupan para penderita ini seperti kesulitan bergaul dengan orang lain.

Namun dalam beberapa hal tertentu adakalanya penderita Savant Syindrom memiliki kecerdasan yang luar biasa. Seperti Sang Tae diceritakan dalam drama memiliki bakat seni yang luar biasa.

Dibalik kekurangan mereka tersimpan potensi luarbiasa yang tidak dimiliki oleh orang normal. Mereka sangat intens mempelajari sesuatu yang menarik hati nya. Bahkan sejarah mencatat beberapa orang dengan Savant Sindrom memiliki hal unik antara lain :

Stephen Wiltshire adalah penderita Syindrom Savant yang memiliki kemampuan menggambar yang unik. Dia menggambarkan kota London secara detail sesaat setelah berkeliling dnegan helikopter di atas kota London. Gambarnya memperlihatkan kota London yang padat dan dipenuhi gedung bertingkat. Detail gambar sangat dikagumi banyak seniman 

Mereka dengan keistimewaan ini memang kekurangan dalam beberapa tindakan yang sering dilakukan oleh orang dewasa lainnya seperti memakai baju sendiri, mengendalikan emosinya namun bukan berarti tidak bisa diandalkan dan selalu tergantung dengan orang lain. Dalam beberapa penelitian dapat disimpulkan penderita biasanya selalu mengamati perilaku orang disekitarnya dan menerjemahkan dengan caranya sendiri.

Kembali ke sosok Sang Tae di ceritakan pada akhir drama bahwa dia akhirnya diakui sebagai seniman yang memiliki bakat luar biasa, di kontrak menjadi ilustrator buku anak serta dipercaya melukis di dinding rumah sakit. Karyanya dipuji dan disukai banyak orang.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.