Aplikasi Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Aplikasi Pertidaksamaan Nilai Mutlak dalam kehidupan sehari-hari. Silahkan disimak contoh permasalahan yang bisa kita temui di lingkungan sekitar kita berikut ini.




Contoh soal : 

Seorang bayi lahir prematur di sebuah rumah sakit ibu dan anak. Untuk mengatur suhu tubuh bayi tetap stabil di suhu 34°c. Maka harus dimasukkan ke inkubator selama 2 hari. Suhu Inkubator harus dipertahankan sekitar 32°c hingga 35°c. Bayi tersebut lahir dengan BB 2.100 - 2.500 gram. Jika pengaruh suhu ruangan membuat suhu Inkubator menyimpang sebesar 0,2°c . Tentukan interval perubahan suhu Inkubator?

Penyelesaian :

Cara 1 ( Menghitung dengan Nilai Mutlak)

Pada soal diatas kita mendapatkan informasi bahwa suhu Inkubator yang harus dipertahankan selama 1-2 hari semenjak kelahiran yaitu 34°c. 

Misalkan t adalah segala kemungkinan perubahan suhu inkubator akibat pengaruh suhu ruang dengan perubahan yang diharapkan sekitar 0,2°c. 

Maka nilai mutlak nya dapat kita modelkan sebagai berikut :

|t-34|< 0,2

Berdasarkan definisi maka:

sehingga

Jadi perubahan suhu inkubator itu bergerak dari 33,8°c sampai 34°c

Cara 2

Cara lain untuk menentukan penyelesaian dari soal diatas adalah dengan mengamati melalui garis bilangan.

Perhatikan gambar berikut :

berdasarkan gambar diatas maka interval perubahan suhu inkubator adalah | t | 33,8 < t < 34,2 jadi perubahan suhu inkubator itu bergerak dari 33,8°c sampai dengan 34,2°c.

Cara 3 : 

Penyelesaian ke-3 

sehingga


5 comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.