Kunjungi Wisata Air Terjun Alami di Jogja

Setelah post yang lalu kita mengunjungi wisata menarik Jogja yang terpopuler saatnya kita menjelajah alam Jogja dengan mengunjungi Wisata Air Terjun Alami di Jogja yang popular. 



Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata yang ada tersebut mulai dari taman bermain hingga wisata alam. Ngomong-ngomong, mengenai Wisata Jogja bertema alam, di sini kamu bisa loh melihat banyak air terjun indah dan mengagumkan. Bahkan ada yang tingginya lebih dari 75 meter.


Tempat wisata tersebut dikelola dengan baik oleh masyarakat sekitar, diantaranya berada di dekat Candi Ratu Boko, di Bantul dan Kulon Progo. Semuanya memiliki pesona masing-masing yang berbeda, penasaran? Yuk lihat langsung daftar air terjunnya di bawah ini:

1. Air Terjun Setawing

Air terjun yang satu ini tingginya mencapai 45 m dengan struktur air terjun yang berundak. Saat curah hujan tidak tinggi, kamu bisa mandi-mandi sepuasnya di bawah air terjun dengan nyaman. Kucuran air tidak akan terlalu deras karena volume air dan undak-undak air terjun.

Selain melihat air terjun, kamu juga bisa menikmati pemandangan indah di sekitar lokasi wisata alam Jogja ini. Di sekitaran air terjun, bukan saja ada bukit namun dipenuhi juga dengan sawah-sawah warga yang tersusun rapi.

Masalah tiket juga bisa dibilang sangat murah. Kamu hanya perlu membayar tiket parkir saja. Kamu bisa mengunjungi air terjun ini yang berlokasi di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

2. Air Terjun Perawan Sidoharjo

Air terjun satu ini bisa menjadi wisata Jogja terhits karena tinggi air terjunnya yang mencapai 75 m! Belum lagi kamu juga bisa bermain di kolam air terjun yang bisa dimanfaatkan untuk bermain air ataupun berenang.

Bagi kamu yang sedang suka wisata taman bunga, di sekitar sisi air terjun juga banyak terdapat bunga bermekaran. Tentunya tidak tertata seperti di taman bunga ya, tapi masih alami karena merupakan bunga yang tumbuh liar. Lokasi dari tempat wisata ini berada di Gorolangu, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta.

3. Grojogan Pucung

Air terjun yang tidak terlalu tinggi ini digemari para pengunjung karena kolam kecil dan memiliki air jernih dan biru. Air terjun yang berundak juga membuat arus tidak begitu kencang, jadi aman untuk mandi-mandi dan bermain air. Di kanan kiri air terjun ini, pohon masih sangat rimbun dan indah, bisa dibilang seperti berada di tengah hutan. Keindahan alam ini membuat banyak calon pengantin yang mengambil foto pernikahan mereka di sini.

Masalah tiket masuk, tempat wisata Jogja murah meriah ini tidak membebankan biaya masuk atau parkir. Kamu cukup menyumbang seikhlasnya. Lokasi tempat wisata ini berada di Pucung, Seloharjo, Pundong, Bantul, Yogyakarta.

4. Curug Banyunibo

Air terjun yang berdekatan dengan Candi Ratu Boko atau tepatnya berada di Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul ini bentuknya unik, air terjun tidak terlalu tinggi namun landai dan lebar. Hal ini menyebabkan aliran airnya tidak deras dan aman apabila kamu ingin bermain air bersama anak-anak. Biasanya orang yang datang ke curug ini lebih memilih pagi hari. Ini supaya mereka bisa merasakan segarnya udara hutan yang ada di sekeliling curug. 

Ternyata meskipun wisata di Jogja bertema air terjun di atas murah meriah, tapi tidak perlu diragukan keindahannya. Bahkan sampai digunakan pengunjung untuk mengambil foto-foto pre-wedding , loh. Tertarik untuk mencobanya sendiri?

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.