Cara Beli Obligasi bagi Pemula

Obligasi pemerintah memang menjadi salah satu produk investasi yang paling menarik saat ini. Bahkan belakangan, tren yang ditunjukkan semakin meningkat. Nah apabila Anda berminat untuk mulai berinvestasi, tak ada salahnya menyimak cara membeli obligasi pemerintah berikut agar Anda tidak ragu dengan proses yang sebenarnya sederhana ini.




Cara Sederhana untuk Membeli Obligasi 

Berikut ini urutan cara membeli obligasi yang dijelaskan secara sederhana;  

Pembukaan Rekening

Hal pertama yang Anda lakukan adalah membuka rekening di perusahaan sekuritas yang melayani jual beli obligasi atau perusahaan penyalur dana investasi.    

Kenali Produk Obligasi

Anda juga perlu mempelajari tentang produk investasi secara lengkap. Bahkan Anda juga sebaiknya mempelajari instrumen investasi lain sebagai pembanding. Informasi terkait investasi ini bisa Anda dapatkan sendiri di internet atau dengan menghubungi bagian riset dari perusahaan sekuritas yang menaungi rekening Anda.

Analisis

Agar dapat membuat keputusan yang tepat, Anda juga perlu melakukan analisa antara lain meliputi kupon, jangka waktu, nilai penerbitan serta peringkat. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan latar belakang profil penerbit (debitur) jika obligasi diterbitkan oleh korporasi. 

Memilih Trader dan Broker

Setelah melakukan analisa, maka Anda sudah mengetahui jenis obligasi yang akan dibeli. Selanjutnya Anda bisa memberikan amanat pembelian pada pihak trader ataupun broker obligasi yang kemudian akan mengeksekusi transaksi. 

Persiapkan Dana 

Selesai pengajuan amanat pembelian, segera siapkan dana investasi. Keterlambatan pembayaran bisa berujung pada penalti. Maka dari itu, segera lakukan pembayaran sesuai dengan tenggat waktu yang telah diberikan.

Pembayaran

Pembayaran obligasi misalnya bisa dilakukan lewat transfer ke rekening perusahaan sekuritas. Obligasi yang telah Anda beli tersebut akan tercantum di rekening perusahaan sekuritas dan tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia.



Cara yang lebih mudah untuk beli obligasi pemerintah ini bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi fintech seperti tanamduit yang menawarkan beberapa produk keuangan lain yang bermanfaat. Misalnya Anda bisa membeli asuransi selain halnya berinvestasi, maka cukup 1 aplikasi di smartphone kedua produk finansial tersebut bisa Anda dapatkan. Selain itu klaim asuransi mudah juga menjadi kelebihan lain yang ditawarkan di tanamduit.

Dengan penjelasan di atas, kini Anda bisa membeli obligasi secara mudah plus bisa memanfaatkan adanya layanan produk keuangan lain yang juga sangat bermanfaat. Anda juga tidak perlu khawatir dengan spesifikasi ponsel mengingat hanya 1 aplikasi saja yang akan Anda instal tanpa banyak membebani sumber daya di HP Anda.

Demikian cara membeli obligasi pemerintah yang dapat Anda lakukan jika berminat untuk menanamkan modal dengan obligasi.

Selamat berinvestasi!

1 comment

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.