Waspada Hal Ini Jika Siklus Haid Anda tidak Teratur

Sebagai seorang wanita kita memiliki banyak kelebihan yang dianugerahkan oleh Tuhan. Salah satu keistimewaan itu adalah dengan diberikannya siklus haid pada wanita. Namun tidak semua wanita memiliki siklus haid teratur, hal ini dikarenakan beberapa faktor antara lain umur, riwayat kesehatan, penyakit turunan maupun pola hidup sehat.  Untuk itu kita tetap harus Waspada Hal Ini Jika siklus Haid Anda Tidak Teratur.

Pada umumnya, siklus haid normal yang rata-rata terjadi pada wanita adalah 28 hari. Namun karena berbagai kondisi, siklus haid yang terjadi pada wanita bisa terjadi lebih cepat atau bahkan lebih lama dari seharusnya. Siklus haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa dikarenakan faktor pola makan, mengalami stress, berat badan berlebih, penggunaan alat kontrasepsi, atau mengalami menopause.




Untuk penyebab haid tidak teratur pada remaja mungkin bisa disebabkan karena salah satu hal yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun tahukah Anda, jika haid yang tidak teratur juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit polycystic ovary syndrome (PCOS)?. Bagi yang belum tahu PCOS atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi dimana terganggunya fungsi ovarium wanita saat berada pada usia subur. Biasanya penderita PCOS tidak menyadari jika dirinya menderita penyakit ini. Sehingga tidak bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Gejala haid Tidak Sehat 

Pada wanita penderita PCOS, kadar testosterone pada tubuhnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wanita normal. Selain itu, kadar glukosa dalam tubuhnya juga bisa berada pada kondisi tidak normal. Selain gejala berupa haid yang tidak lancar, PCOS juga ditandai dengan tumbuhnya beberapa rambut di area tubuh yang biasanya dialami oleh pria, berat badan bertambah, infertilitas, serta kulit wajah yang mudah berjerawat. Selain itu juga disebabkan oleh metabolisme yang bermasalah, serta faktor genetik. Berbeda dengan kondisi haid tidak lancar yang disebabkan karena mengkonsumsi obat KB yang mana bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi obat melancarkan haid akibat KB, untuk kasus PCOS tidak bisa diatasi dengan mudah.

Jika Anda memiliki beberapa gejala yang mengarah pada gejala PCOS, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter sesegera mungkin. Sehingga dokter bisa memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan faktor penyebabnya. Namun sebaiknya jangan panik terlebih dahulu ketika siklus haid tidak teratur. Namun cari tahu penyebabnya dengan detail agar bisa segera disembuhkan. Nah, saat haid lancar, gunakan pembalut dengan kualitas terbaik dan aman untuk kesehatan  seperti Laurier.

Mewaspadai jika siklus haid tidak lancar adalah antisipasi kemungkinan adanya indikasi penyakit yang tidak kita ketahui. Sebab banyak sekali penyakit berbahaya yang memiliki indikasi haid tidak lancar. Oleh karena itu jangan sepelekan apabila kita memiliki siklus haid tidak lancar. 

Apabila kita telah memeriksakan diri ke dokter sedini mungkin maka kemungkinan penyakit akan cepat tertangani dengan baik. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.