Tips Pintar menghindar dari Penipuan Pinjaman Online

Zaman semakin berkembang, sektor usaha kian beragam. Jika dahulu yang namanya wirausaha sangat tergantung kepada tempat, jenis usaha dan modal namun sekarang sudah banyak sekali sektor usaha yang hampir tak berwujud  nyata. Bisa saja para pelaku usaha duduk diam di depan smartphone atau laptop tidak terlihat aktivitas jual beli atau usaha yang ia lakukan, namun bisa saja dia sedang melakukan banyak usaha yang tak bisa dilihat banyak orang. Inilah sektor usaha milenial. Begitu juga dengan modal usaha. Jika dahulu para pelaku usaha harus mendatangi bank-bank atau lembaga keuangan yang menyediakan bantuan dana cash yang dapat dijadikan dana awal untuk memulai dan mengembangkan usaha namun tidak saat ini, beragam cara untuk mendapatkan modal tanpa harus mendatangi lembaga keuangan, misalnya dengan memanfaatkan jasa pinjaman online yang memungkinkan transaksi kedua belah pihak tidak bertatap muka secara langsung. 


pinjaman online




Kali ini post kita akan membahas tentang Tips Pintar menghindar dari Penipuan Pinjaman Online. Sudah banyak data di lapangan yang mengisahkan tentang kejamnya para penipu pinjaman online sampai harus baku hantam, terjadinya perselisihan yang memakan korban  jiwa. Tentu kejadian tersebut tidak harus terjadi seandainya kita mengetahui bagaimana tips menghindar penipuan pinjaman online. 

Bukankah tujuan kita melakukan pinjaman usaha adalah untuk mengembangkan modal usaha bukan malah sebaliknya, oleh karena itu mari kita kupas tuntas tips pintar menghindar dari penipuan pinjaman online.

Niat Awal menggunakan layanan Pinjaman Online 

Setiap melakukan sesuatu yang baik tentu diawali pula dengan niat yang baik, oleh karena itu sebelum kita memutuskan untuk menggunakan jasa pinjaman online sebaiknya kita memantapkan niat untuk apa kita bertransaksi dengan pinjaman online. Setidaknya niat ini akan menjaga tujuan kita agar tidak salah di kemudian hari. 

Cek dan Ricek

Setelah memutuskan untuk menggunakan jasa pinjaman online sebaiknya cek dan ricek terlebih dahulu keberadaan situs tersebut. Apakah baik dimata para custumer atau tidak. Cek dan ricek bisa dilakukan di situs tersebut dengan melihat review para customer serta menanyakan langsung kepada customer  yang telah terlebih dahulu menggunakan jasa situs pinjaman online tersebut.

Terdaftar di OJK

Perlu diketahui bahwa situs penyedia layanan pinjaman online harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hal ini bertujuan untuk memberikan jaminan secara hukum apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dikemudian hari terkait dengan kredibilitas keuangan di situs tersebut. 

Memahami Aturan yang diterapkan 

Setiap perusahaan atau situs penyedia pinjaman online tentu memiliki aturan yang wajib ditaati oleh customer. Dan aturan tersebut biasanya diberikan sebelum melakukan transaksi. Untuk itu sebelum memutuskan menggunakan jasa penyedia layanan pinjaman online sebaiknya kita memahami aturan apa saja yang diterapkan di situs tersebut. 

Bacalah dengan teliti apa-apa saja yang tidak boleh dilakukan dan yang boleh dilakukan. Kewajiban customer dan konsekuensi yang akan terjadi jika terjadi pelanggaran. Kebanyakan customer mengabaikan hal ini karena malas membaca atau karena terlalu banyak aturan yang ditulis oleh pihak penyedia pinjaman online. Akibatnya saat terjadi hal yang tidak sesuai aturan dan dikenakan sanksi/denda bahkan teguran dari pihak penyedia layanan customer baru merasakan kesulitan dan berusaha komplain.

Pahami apakah ada pihak ketiga yang dilibatkan saat terjadi pelanggaran

Biasanya pihak penyedia layanan pinjaman online bekerjasama dengan pihak ketiga untuk mengatasi customer yang tidak taat aturan. Hal inilah yang harus diketahui oleh customer sebelum memutuskan bekerjasama dengan pihak penyedia layanan pinjaman online. 

Kebanyakan customer tidak menyadari bahwa ada bentuk kerjasama pihak ketiga ini sehingga saat terjadi keterlambatan atau tunggakan angsuran pihak ketiga akan terus menerus menanyakan perihal kewajiban yang harus dilakukan oleh customer. Akibatnya customer merasakan teror dan tekanan dari pihak penyedia pinjaman online. 

Fokus dengan pengembangan usaha

Apabila kita telah memutuskan untuk menggunakan layanan pinjaman online maka yang harus dilakukan sesegera mungkin adalah fokus kepada pengembangan usaha agar secepatnya mendapatkan laba usaha yang dapat digunakan untuk pengembalian modal usaha. Fokus dengan usaha kita, membaca kompetitor dan membaca peluang usaha sangat diperlukan agar usaha terus tumbuh dan berkembang. Kebanyakan para pengusaha yang gagal mengembangkan usahanya terlena akhirnya tidak bisa bersaing dengan pelaku usaha lainnya.


cekAja.com



Memilah kebutuhan pribadi dan kebutuhan usaha

Kebanyakan para pelaku usaha gagal dalam usahanya karena pengaruh hal ini. Tidak bisa memilah kebutuhan pribadi dan kebutuhan usaha sangat fatal akibatnya. Dana yang seharusnya sebagai modal usaha berubah menjadi kebutuhan pribadi, akibatnya usaha macet, tidak jalan bahkan mengalami kebangkrutan. Sebagai pelaku usaha sebaiknya harus ketat dalam usaha pemisahan keuangan untuk kepentingan pribadi dan keuangan untuk modal usaha. 

Mengenali Jenis-Jenis Pinjaman Online

Pinjaman Online yang ada saat ini di penyedia layanan pinjaman online banyak jenisnya, yaitu : 

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan adalah layanan pinjaman online tanpa harus menjaminkan agunan atau aset yang dimiliki. Namun demikian ada syarat lainnya yang harus dipenuhi oleh customer yaitu kepemilikan kartu kredit. 

Kredit Karyawan

Layanan Kredit Karyawan adalah layanan yang diperuntukkan untuk karyawan yang memiliki gaji dan penghasilan tetap. Untuk dapat menggunakan layanan ini tidak harus menggunakan agunan namun dibutuhkan slip gaji yang berasal dari perusahaan tempat karyaean tersebut bekerja. 

Kredit Kendaraan Bermotor

Layanan Kredit Kendaraan Bermotor diperuntukan kepada customer yang hendak memiliki kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Peruntukan kendaraan bisa untuk kepentingan pribadi maupun untuk perusahaan.

Kredit Kepemilikan Rumah

Layanan Kepemilikan Rumah diperuntukkan kepada customer yang berencana memiliki rumah. Untuk kepemilikan rumah biasanya sertifikat rumah akan ditahan oleh pihak penyedia layanana pinjaman online sampai pelunasan dilakukan. 

Pinjaman Usaha

Layanan pinjaman usaha ditujukan kepada customer yang memilki usaha. Sama halnya dengan peminjaman untuk modal usaha di lembaga keuaangan lainnya, syarat mengajukan pinjaman usaha mesti memiliki izin usaha yang diterbitkan oleh pemerintahan daerah dimana usaha tersebut berada. 


Tentang CekAja.com




Salah satu penyedia pinjaman online adalah CekAja.com. Situs CekAja.com melayani customer dengan berbagai kebutuhan didukung oleh teknologi perbandingan dan aplikasi mutakhir kelas dunia. Selain itu didukung oleh tenaga profesional dan berpengalaman di bidang teknologi informasi, finansial dan asuransi. 

CekAja.com dilengkapi dengan kalkulator UKM dan kalkulator modal yang ditujukan bagi pelaku usaha kecil untuk pengembangan usahanya. Syarat yang ditetapkan untuk mendapatkan layanan pinjaman online melalui kalkulator UKM  dan kalkulator modal ini adalah :


  • KTP, KK dan Kartu Nikah
  • NPWP, SIUP, SKDU (untuk pinjaman lebih dari 50 juta rupiah)
  • Surat keterangan usaha dari kelurahan/desa, Dinas Pasar dan Otorita setempat
  • Surat keterangan usaha
  • fc buku tabungan 6 bulan terakhir
Secara umum syarat yang dapat diajukan adalah sebagai berikut :

  • warna negara Indonesia (WNI)
  • minimal umur 21 tahun
  • Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama
  • belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau pernah menggunakan fasilitas kredit dengan kredibilitas lancar, atau tidak dalam kredit bermasalah.


Nah, dari uraian diatas tertarik menggunakan layanan pinjaman online dari CekAja.com? silahkan join di https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online dengan terlebih dahulu membaca semua aturan yang telah ditetapkan oleh CekAja.com.

Selamat Bekerja, berusaha dan berbahagia!


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.