Kesalahan-kesalahan dalam Belajar matematika

Salah dalam belajar itu biasa, karena kita tak pernah menjadi pintar tanpa kesalahan. Dalam pembelajaran kesalahan-kesalahan itu diberikan ruang lingkup yang jelas. Postingan kali ini saya akan menulis tentang identifikasi kesalahan-kesalahan dalam belajar matematika. 



Belajar matematika memang punya keunikan tersendiri, tidak melulu soal angka-angka. Kesalahan yang terjadi dalam pembalajaran matematika disebabkan banyak faktor. 

Dalam ilmu matematika kesalahan dalam pembelajaran dihubungkan dengan objek dasar matematika menurut Soedjadi (2000:13) antara lain:


1. Kesalahan fakta
2. Kesalahan konsep
3. Kesalahan operasi
4. Kesalahan prinsip


Baiklah kita akan mengulas satu persatu jenis-jenis kesalaham dalam pembelajaran:

Kesalahan fakta

Kesalahan Fakta adalah kekeliruan dalam menuliskan konvensi-konvensi yang dinyatakan dengan simbol-simbol matematika. Misalnya kesalahan dalam mengubah permasalahan kedalam bentuk model matematika, kesalahan dalam menginterpretasikan hasil yang didapatkan dan kesalahan falam menuliskan simbol-simbol matematika.

Kesalahan konsep

Kesalahan konsep adalah kekeliruan dalam menggolongkan atau mengklasifikasikan sekumpulan objek. Contoh kesalahan dalam menggolongkan suatu relasi, apakah merupakan suatu fungsi atau tidak biasanya anak yang belum memiliki konsep tentanh relasi fungsi akan sulit membedakan yang mana relasi dan mana fungsi.

Sedangkan menurut Rosita: 2012 kesalahan konsep adalah kesalahan memahami gagasan abstrak. Karena konsep di dalam matematika adalah suatu ide abstrak yang mengakibatkan seseorang dapat mengklasifikasikan objek-objek atau kejadian-kejadian dan menentukan apakah objek atau kejadian itu merupakan contoh atau bukan.


Herman Hudoyo juga memapatkan bahwa belajar  konsep adalah belajar memahami sifat-sifat dari benda-benda atau peristiwa-peristiwa untuk dikelompokkan dalam satu jenis.

Kesalahan konsep dalam matematika akan berdampak tidak bisa menguasai materi secara utuh sehingga berdampak pula pada kesalahan-kesalaham yang lain.

Kesalahan operasi

Kesalahan operasi adalah kekeliruan dalam pengerjaan hitung, pengerjaan aljabar dan pengerjaan  soal-soal matematika. Misalnya kesalahan menjumlahkan, mengurangkan dan kesalahan operasi matematika.

Kesalahan prinsip

Kesalahan prinsip adalah kekeliruan dalam mengaitkan beberapa fakta atau beberapa konsep. Contoh kesalahan prinsip adalah  kesalahan dalam menggunakan rumus atau teorema serta kesalahan dalam menggunakan prinsip-prinsip sebelumnya.


Kesalahan menggunakan data

Kesalahan ini sering ditemukan pada penggunaan variabel yang salah dalam operasi aljabar, statistika dan peluang dan sebagainya.

Kesalahan interpretasi bahasa

Jenis kesalahan ini banyak menimbulkan kesalahpahaman dalam pengambilan kesimpulan, kesalaham mengubah informasi ke ungkapan matematika atau kesalahan dalam memberi makna suatu ungkapan matematika.

Masalah matematika biasanya disajikan dalam bentuk diagram, tabel, soal cerita, dan sebagainya.

Kesalahan teknis

Kesalahan teknis adalah yang berkaitan tentang pemilihan yang salah atas teknik ekstrapolasi. Siswa tidak dapat mengidentifikasi operasi yang tepat atau rangkaian operasinya. Kesalahan ini dapat terjadi ketika siswa memilih jalan yang tidak tepat sehingga mengalami kebuntuan. Misalnya saat menyelesaikan operasi matematika.

inilah kesalahan-kesalahan dalam pembelajaran matematika yang sering terjadi. Kalau kamu sering melakukan kesalahan apa? 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.