10 Pekerjaan yang Membutuhkan Jurusan Komputer

Musim ujian telah usai saatnya mencari kuliah dan pendidikan tinggi lanjutan untuk siswa tamatan SMA sederajat. Ada banyak sekali pendidikan tinggi yang bertebatan di seluruh pelosok tanah air, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, pendidikan formal atau lembaga kursus. Berikut 10 pekerjaan yang membutuhkan jurusan komputer.





Saat ini jurusan komputer atau lebih dikenal dengan Teknologi Informasi Komputer (TIK) adalah salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat. Lihat saja setiap jurusan TIK di perguruan tinggi selalu ramai dengan calon mahasiswa.

Post kali ini kita akan ulas tentang pekerjaan apa saja yang menanti jurusan ilmu komputer sehingga para lulusan tidak gamang saat akan melamar kerja.

Sejak ditemukannya jaringan telepon dan berlanjut ke pengembangan jaringan internet, hampir tidak bisa dibendung berbagai pekerjaan baru yang dapat ditekuni oleh semua orang terutama mereka yang mengerti tentang ilmu komputer. Pekerjaan yang separuhnya tak kasat mata ini mendulang banyak rupiah dan menjadikan orang orang yang terlibat didalamnya sebagai pelaku usaha yang sukses.

Berikut 10 pekerjaan yang dapat dilakukan jurusan komputer

1. Film, Animasi dan Pembuat video (Youtuber)

Pekerjaan ini memang sudah lama ditekuni oleh sebagian orang namun semakin berkembang zaman pembuatan film tidak lagi untuk kebutuhan bioskop atau televisi saja. Anak anak muda kreatif juga bisa memproduksi film sendiri kemudian mempublikasikan sendiri pada channel-channel pribadi mereka seperti YouTube.

Banyak yang mereka yang sukses dari YouTube dengan berbagai konten yang menghibur. Para conten creator ini seakan tak pernah kehabisan ide untuk terus berkarya sehingga industri film dengan berbagai Chanel semakin terlihat semarak.
Buat kamu yang tertarik ke dunia conten creator silahkan buat Chanel dan mengisinya dengan kegiatan yang bermanfaat.

Jika dahulu film diproduksi untuk kebutuhan bioskop saja saat ini banyak drama series yang dibuat di YouTube dan mendapatkan tempat di hati para penonton YouTube.

Director, sutradara, aktris, editor, kameraman adalah kebutuhan di dunia conten kreator dan semua itu bisa dilakukan oleh mereka di jurusan komputer

2. Pembuat Aplikasi dan Pengembangan games

Peluang ini mungkin sedikit diketahui orang namun sangat menjanjikan. Masyarakat umum biasanya hanya menjadi penguna berbagai games tapi tahukah Anda siapa saja yang berperan dibalik layar untuk menciptakan games-games tersebut?

Mereka adalah orang-orang kreatif pembuat aplikasi dan games. Para pembuat aplikasi ini tentunya adalah orang orang keren yang mendalami bidang komputer dan jaringan, pemrograman dan pencetus ide ide kreatif.

3. Arsitektur

Dunia semakin berkembang, kebutuhan masyakarat semakin banyak dan kompleks termasuk juga kebutuhan pembuatan gedung, rumah, perkantoran dan rancang bangun sebuah venue. Masyarakat maju sudah mulai memikirkan efisiensi hunian dan perkantoran namun juga tingkat modernisasi yang bersaing oleh karena itu ide ide baru tentang dunia rancang bangun sangat diharapkan.

Jurusan komputer sangat diperlukan karena seni gambar modern identik dengan visualisasi, semacam gambar digital yang akan memudahkan semua orang.

4. Desain produk

Saat ini sebuah produk tentu semakin banyak pesaingnya. Untuk bisa bertahan tentulah harus lebih unggul dari orang lain. Untuk itu dibutuhkan orang orang yang mendalami tentang desain produk, Mereka yang mengerti ilmu komputer yang berkaitan dengan desain tentulah sangat dicari.

5. Desain interior

Desain interior adalah pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat milenial, saat ini pelaku bisnis, pribadi membutuhkan pekerjaan ini agar kantor, hunian terlihat elegan dan menarik. Nah buat kamu di jurusan komputer khususnya yang piawai desain interior tentunya amat dibutuhkan untuk memenuhi berbagai permintaan para klien.

6. Desain komunikasi verbal (sosial media)

Desain komunikasi verbal adalah pekerjaan yang tidak terlihat namun besar pengaruhnya. Mereka biasanya berperan atas penggelontoran isu-isu tertentu untuk diserap oleh masyarakat. Pekerjaan ini biasanya menyuarakan ide atau isu yang akan diketahui oleh masyarakat melalui suara, cuitan banyak orang. Tujuannya agar masyarakat melek tentang isu tersebut dan ada tanggapan.

7. Seni pertunjukan

Seni pertunjukan juga membutuhkan jurusan komputer, misalnya bagian efek pertunjukan, suara, dan backsound, tata panggung dan konseptor. Mereka yang mendalami komputer tentu sangat dibutuhkan untuk menghasilkan karya berupa pertunjukan yang bagus dan berkelas.

8. Periklanan

Iklan adalah cara pelaku usaha untuk menyiarkan produk mereka sehingga tersampaikan dengan benar ke masyarakat. Untuk itu diperlukan konseptor iklan, alur dan setting serta bahasa iklan agar masyarakat tertarik. Saat ini iklan lebih banyak menjajal YouTube dan pertelevisian oleh karena itu para ahli komputer sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah iklan yang menarik.

9. Riset dan Pengembangan

Riset dan pengembangan di berbagai bidang sangat lah dibutuhkan, baik jaringan, energi, pertanian hingga pasar. Semua itu membutuhkan orang-orang kreatif ahli komputer sehingga sebuta riset dapat berguna bagi masyarakat luas.

10. E-commerce

Salah satu pasar yang tidak membutuhkan space kasat mata adalah e-commerce. Namun banyak pelaku usaha yang terlibat didalamnya. 

Diantaranya adalah produsen, penyedia layanan transportasi, jaringan internet, hingga kurir. Inilah hebatnya e-commerce mampu memberdayakan banyak elemen masyarakat sehingga mendapatkan pekerjaan. 

Untuk itu para ahli komputer mesti terjun ke dunia e-commerce agar dapat membantu memperlancar bagian bagian yang ada.

Nah, karena demikian penting ilmu komputer ini maka bagi lulusan SMU sederajat sangat bagus untuk fokus di jurusan ilmu komputer dan mendapatkan pekerjaan yang layak nantinya. 

Pilihlah jurusan komputer di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan terpercaya. Misalnya Jurusan Komputer di Bandung, yang banyak membutuhkan siswa untuk dididik dan dilatih agar bisa profesional sehingga siap kerja. 

Alamat : jalan raya Cipacing no.22 Jatinangor 45362 Jawa Barat
Biaya kuliah : mulai dari Rp 4.650.000 (semester I) Dan To 4.250.000 (semester II) untuk jurusan D3 Komputer



Memang banyak jurusan lain yang diyakini masih dibutuhkan di dunia kerja seperti jurusan pertanian, ekonomi, hukum, keguruan atau kesehatan namun untuk siap kerja dan menjajal banyak lini pekerjaan jurusan komputer lebih banyak pilihan tempat pekerjaan.



Selamat belajar dan berkarya

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.