Berpetualang di Alam Tawangmangu yang Indah Memukau

Happy traveling

Hai sahabat, sudah punya destinasi impian keluarga belum? Kalau belum kali ini post kita akan menceritakan wisata menarik yang wajib Anda ketahui.

Berwisata saat libur memang menarik di tempat-tempat kekinian, apalagi sampai majang pose dengan latar belakang destinasi yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat luas tentu cukup membanggakan bukan? Namun kalau kamu mau mencoba tantangan lain dari berwisata alam coba kunjungi destinasi wisata berikut ini.

Kali ini post kita akan menceritakan tentang wisata alam Tawangmangu yang dapat Anda pilih untuk berakhir pekan atau libur panjang bersama keluarga.

Yuk kita mulai dari wisata alam Tawangmangu yang akan menjadi tempat favorit Anda

Grojogan Sewu



Petualangan pertama yaitu ke Grojogan Sewu. Suasana alam mulai terasa saat Anda harus melewati anak tangga kurang lebih 1200 anak tangga. Cukup melelahkan tentunya, namun jika sudah berada di air terjun Grojogan Sewu maka rasa lelah akan terbayar lunas saat melihat curah air derjun yang menyejukkan.



Ada spot berfoto dengan latar air terjun yang dapat kamu bawa pulang kerumah  Sebagai kenang-kenangan, spot berfoto yang banyak diminati oleh pengunjung karena latar air terjun yang amat cantik. Percikan air terjun lebih terasa menyejukkan jika Anda berada di bawahnya. 

Terdapat bebatuan yang dapat Anda jadikan pijakan saat berfoto di bawah air terjun.  Namun jangan terlalu dekat dengan air terjun karena debit akan semakin deras saat Anda tepat berada di bawah air terjun.



Apabila Anda menginginkan berwisata kuliner maka di sepanjang jalan akan ada penjual makanan kecil yang dapat Anda mampir. Makanan khas daerah setempat berupa sate yang bisa Anda makan sepanjang perjalanan.

Pemandian Air Panas Cumpleng

Terletak di kecamatan Tawangmangu Anda akan disuguhkan dengan wisata pemandian air panas Cumpleng. Di sini Anda bisa mencoba mandi dengan sensasi air hangat yang dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh dan tulang. 

Sebagian orang mempercayai jika mandi air panas akan membuat tubuh bugar dan menghilangkan keluhan sakit kesemutan, selain itu khasiat air hangat dari gunung vulkanik akan bagus untuk para penderita penyakit kulit. Lokasi berada di desa Plumbon kecamatan Tawangmangu sekita 26 kilometer dari Karanganyar dapat dilalui di perlintasan menuju Astana Mangadeg atau Matesih.

Wisata Camping di Sekipan Kalisoro 


Jika Anda menginginkan wisata alam sekaligus arena berlatih maka di sini tempatnya, wisata Camping bisa Anda lakukan bersama kelompok atau bagi Anda yang mengadakan pelatihan tempat ini sangat rekomended sekaligus arena untuk berlatih. Lokasinya terletak sekitar 1,5 km dari Solo.

Ada villa dan camping ground yang dapat Anda gunakan untuk kegiatan alam. Cocok sekali untuk kamu yang menginginkan nuansa alam di setiap kegiatannya. Anda bisa memanfaatkan arena camping ground dengan bebas jika menyewa villa dengan tiket masuk yang telah diasuransikan.

Curug Kethongan

Masih di lokasi camping ground Selipan Anda akan disuguhkan dengan suasana alam yang menakjubkan dari Curug Kethongan. Sangat menakjubkan sekali berwisata di sini banyak arena menarik yang dapat Anda kunjungi dalam sekali jalan.

Situs Purbakala Menggung



Situs purbakala Menggung atau dikenal dengan candi Menggung adalah tempat sakral yang masih digunakan oleh masyarakat setempat untuk upacara tertentu. Masyarakat melakukan upacara ritual adat 'Dhukutan' yang dimeriahkan upacara pertunjukan wayang kulit.

Candi Menggung terletak di kelurahan Kalisoro kecamatan Tawangmangu. Anda dapat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan roda empat. Bila ke lokasi Candi Menggung Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah menawan.

Wisata Agro petik Strawberry

Masih di Tawangmangu Anda dapat berwisata petik Strawberry dengan biaya terjangkau. Terletak di Tlogo Dringo Gondosuli kecamatan Tawangmangu kabupaten Karanganyar menawarkan paket wisata edukatif. Memetik strawberry dan membawa pulang dengan biaya yang terjangkau cukup 50.000 / kl Anda bisa merasakan strawberry segar langsung dari pohonnya.

New Taman Balekambang



Pemerintah daerah melalui tangan tangan kreatif para pengusaha muda membangun sebuah tempat wisata kekinian yang banyak dikunjungi karena keunikannya. New Taman Balekambang adalah lokasi wisata dengan keunikan antara lain membangun miniatur keajaiban dunia. Ada miniatur Piramida, patung Sphink, dll yang dapat Anda jumpai disini.

Wah, pasti menjadi incaran para anak muda milenial nih bisa berpose di miniatur keajaiban dunia.

Air terjun Parang Ijo

Berlokasi di kecamatan Girimulyo Air terjun Parang Ijo menawarkan pemandangan menakjubkan yang dapat Anda abadikan, berwisata di sini seperti tidak rela pulang karena sangat adem dan sejuk.
Air terjun memiliki ketinggian sekitar 50 km ini sangat indah apalagi di sekelilingnya terdapat tumbuhan yang menghijau dan asri.

Air terjun Pringgodani

Air terjun Pringgodani terletak di desa Blumbang kira kira 5 km dari terminal Tawangmangu. Debit air yang cukup besar di air terjun Pringgodani harus ekstra diwaspadai jika berwisata ke sini, karena sewaktu-waktu air bisa saja berbahaya.

Wisata pendukung

Tawangmangu memang merupakan anugerah dari Tuhan dengan alam yang indah menakjubkan selain wisata alam yang telah dipaparkan di atas Anda dapat berwisata alam lainnya seperti flying fog, jalajah alam, outbound dll.

Lokasi wisata yang telah diuraikan di atas, dapat Anda kunjungi dengan memesan tiket di PegiPegi lho, PegiPegi adalah situs pemesanan tiket online yang dapat membantu Anda mewujudkan impian ke kota wisata yang dituju.

Di PegiPegi Anda dapat memesan :

  • Tiket kereta api
  • Tiket pesawat
  • Penginapan, hotel
  • Rental mobil

Cara memesan tiket di PegiPegi cukup mudah lho, Anda tinggal mengunjungi website PegiPegi dan lakukan pemesanan dengan mudah tanpa biaya admin, mudah bukan? Apalagi sistem pembayaran banyak pilihannya seperti transfer ATM, melalui marketplace, atau dengan bayar di retail yang telah ditentukan oleh PegiPegi.

Untuk memesan hotel Anda cukup booking hotel di Tawangmangu melalui fitur booking hotel di Pegipegi. Caranya cukup mudah, silahkan pilih nama daerah yang akan dikunjungi dan pilihan hotel yang akan di booking. Nanti Anda akan mendapatkan gambaran tentang fasilitas yang ditawarkan di hotel yang Anda pilih, pastikan sesuaikan dengan budget yang Anda miliki ya guys. 

Nah, untuk wisata ke Tawangmangu Anda cukup pesan tiket kereta api menuju Surakarta dan selamat berwisata di Tawangmangu dengan nyaman dan menyenangkan.

Selamat berwisata

13 comments

  1. Wah dari sekian banyak lokasi wisata tersebut saya baru tahu tentang Situs Purbakala Menggung. Batu dengar ada Candi Menggung yang sampai sekarang masih dipakai untuk upacara oleh warga setempat. Masyarakat nya itu beragama apa ya?

    ReplyDelete

  2. saya suka kunjungi situs purbakala, apalagi masih ada upacara ritual

    ReplyDelete
  3. jadi inget dulu sering ketempat ini bareng keluarga, yang bikin takut karena ada monyet berkeliaran tapi paling suka pas nyoba sate kelinci

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sekarang masih ada tidak ya monyet berkeliaran? Moga sudah ditertibkan dan diberi habitat yang cocok , hingga bisa jadi destinasi juga ya, semacam monkey park atau apa gitu :)

      Delete
  4. Saya belum pernah kesini nih. Makasih infonya kak tempat tempatnya layak untuk dikunjungi dengan situsnya juga yang pasti banyak yang belum tahu.

    ReplyDelete
  5. Masya Allah, cakep banget pemandangan Grojogan Sewunya 😀 insyaallah aku bisa ngebolang ke wisata alam pas mudik kali ini, aamiin

    ReplyDelete
  6. Tawangmangu makin diperluas ya destinasinya, entah kapan bisa ke sana lagi. Semoga sih mudik ini pengin sekalian ke Solo

    ReplyDelete
  7. Wah, cantik-cantik ya pemandangannya. Terutama air terjunnya. Jadi kepengen deh main ke sana. Semoga ya, bisa berkesempatan berkunjung ke sana.

    ReplyDelete
  8. Beberapa tempat yang disebutkan sudah pernah saya kunjungi. Bagus bagus tempatnya.

    ReplyDelete
  9. New Taman balekambang bagus..dalemnya ada miniatur keajaiban dunia. Tapi kalau yang digambar ini, namanya Taman Balekambang. Lokasinya di Solo. isinya cuma taman rumput hijau. Kebetulan saya orang Solo, jadi tahu banget sih...

    Namanya mirip Balekambang tapi isinyadi dalamnya beda banget. Dan lokasi jauh berbeda..New Taman Belekambang di Karanganyar

    ReplyDelete
  10. Ya Allah kalau ngelihat postingan tentang traveling pasti aku ngiler-ngiler sedang. Pengen banget langsung segera cuzzz ke situ. Baiklah, note nih tempat kedalam listku.

    ReplyDelete
  11. Wah aku pernah ke tawangmangu tapi udah lama banget pas masih sd,sekarang masih ada monyetnya gak mba kalo kesana?kan suka keliaran disekitar situ ya

    ReplyDelete
  12. ternyata di Jawa sendiri banyak ya tempat wisata yang saya ngga tau. Tawangmangu aja saya baru tau dari tulisan ini hehe.. Indonesia memang indah!

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.