Produk Perbankan yang Wajib Anda Tau

Konten [Tampil]
Memilih produk perbankan harus jeli melihat ketentuan yang berlaku terhadap produk tersebut. Salah satunya adalah agar kita tidak salah kaprah terhadap produk tersebut di kemudian hari. Berbagai resiko, keuntungan, maupun bagi hasil harus betul betul dipahami dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli produk perbankan tersebut. 


Produk Perbankan yang Wajib Anda Tau


Simpanan


Simpanan adalah produk perbankan yang berfungsi mengumpulkan dana dari nasabah untuk dikelola dan diberikan imbalan bunga untuk jangka waktu tertentu. Saat ini produk simpanan banyak jenisnya antara lain simpanan berjangka, simpanan tabungan, dan deposito. 

Kelebihan Simpanan adalah nasabah dapat menyimpan uang dengan jaminan keamanan dari pihak perbankan. Selain itu jenis simpanan berjangka memungkinkan nasabah untuk dapat mengelola simpanan sesuai peruntukannya. Misalnya simpanan haji maka nasabah akan menyimpan sejumlah uang  hingga mencapai jumlah biaya naik haji.

Produk simpanan lainnya yaitu tabungan giro. Tabungan giro  memungkinkan untuk penyimpanan dalam jumlah yang besar. Tabungan giro menerbitkan bilyet giro untuk keperluan penarikan 

Pertanyaan tentang perbankan raya   seringkali ada di benak para calon nasabah. Diantaranya apakah simpanan uang di bank terjamin keamanannya?

Kredit


Kredit adalah salah satu produk perbankan yang diperuntukkan bagi orang atau perusahaan untuk mendapatkan pinjaman dana dengan peruntukan yang beragam.

Kredit banyak jenisnya sesuai dengan peruntukan dana tersebut seperti kredit usaha, kredit profesi, kredit modal kerja, dll

Setiap kredit memiliki akad atau perjanjian yang mengikat. Oleh karena itu sebelum akad kredit sebaiknya nasabah membaca ketentuan kredit tersebut sampai betul betul dipahami.

Selain simpanan dan kredit, aktivitas perbankan lainnya adalah jasa perbankan. Jasa perbankan meliputi : 
  • Tukar mata uang. Bank menyediakan layanan tukar mata uang dengan imbalan jasa tertentu. 
  • Kiriman uang. Perkembangan zaman dan teknologi memungkinkan pengiriman uang dilakukan sangat cepat. Saat ini layanan kirim uang bisa dilakukan dimana saja tanpa harus pergi ke bank. Seperti mobile banking, internet banking. Perbankan akan menerima jasa dari tiap transaksi yang dilakukan.
  • Safe deposite box. Jasa safe deposite box adalah penyediaan penyimpanan untuk surat-surat berharga seperti sertifikat, emas, dll yang menjamin keamanan dari bahaya yang diakibatkan oleh kebakaran, banjir, maupun resiko kemalingan jika surat berharga disimpan di rumah.

Kartu Kredit. 


Produk kartu kredit adalah penyediaan dana bank untuk nasabah yang berwujud kartu yang diperuntukkan untuk transaksi pembelian suatu produk maupun pencairan uang. Nasabah akan dibebankan iuran tahunan serta angsuran perbulan sejumlah limit yang diberikan pada kartu kredit tersebut. Tiap kartu kredit berbeda limitnya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati oleh bank dan pemilik.


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.