Penyebab Haid Tidak Lancar

Konten [Tampil]
Wanita memiliki siklus bulanan sejak usia remaja hingga masa menopause. Siklus ini dikenal dengan siklus menstruasi atau haid. Siklus haid umumnya datang satu kali dalam sebulan, namun beberapa wanita bisa saja mengalami kondisi yang tidak normal yang dapat menjadi Penyebab Haid tidak Lancar dan patut menjadi perhatian bagi wanita.

Penyebab Haid tidak lancar



Penyebab Haid Tidak Lancar 


Banyak faktor yangenyebabkan haid tidak lancar baik faktor internal maupun eksternal. 

Gangguan Hormonal


Penyebab Haid tidak lancar bisa berasal dari gangguan hormonal misalnya pemakaian kontrasepsi hormonal seperti pil atau suntik. 

Indikasi Penyakit Tertentu 


Haid tidak lancar dapat disebabkan oleh adanya indikasi dari penyakit tertentu seperti kista ovarium, gejala kanker atau tumor. Gejala awal penyakit rahim ini akan semakin terlihat dengan siklus haid yang menjadi tidak seperti sediakala.

Stress


Penyebab lainnya dapat berasal dari eksternal seperti stress. Stress akan mempengaruhi alarm tubuh sehingga bereaksi secara spontan. Tubuh akan merespon, hormon estrogen juga akan mengalami pengaruh dalam pelepasannya. Hormon kortisol yang berperan penting dalam tingkat stress ini akan mempengaruhi siklus pelepasan ovarium yang berpengaruh pada siklus haid seseorang 

Hormon yang Tidak Seimbang


Setiap wanita punya berbagai macam latar belakang dan faktor genetik yang dapat mempengaruhi perkembangan organ kewanitaannya. Kondisi hormon yang tidak seimbang dapat menjadi penyebab Haid tidak lancar. Bisa saja dalam satu bulan mendapatkan satu kali haid, ada yang dua kali haid. Bahkan bisa juga dalam beberapa bulan akan datang sekali secara tidak beraturan.

Pola Diet 


Beberapa wanita sangat mendambakan tubuh yang ideal sehingga tak jarang menjalani diet ketat yang berpengaruh pada penurunan berat badan. Hal tersebut juga bisa mempengaruhi kondisi tubuh termasuk juga siklus menstruasi. Asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel sel tubuh baik di otot, organ seperti rahim dan organ lainnya tentu mengalami banyak perubahan termasuk juga akan mempengaruhi siklus haid. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.