Tips Memilih Sarung,Manfaat, Kategori dan Merk Sarung Terbaik di Indonesia

Konten [Tampil]

Post kita kali ini adalah tentang Mengenal Sarung, Definisi, Manfaat, Kategori dan Merk Sarung Terbaik

Di Indonesia, sarung bagi seorang pria merupakan salah satu busana yang wajib dimiliki. Fungsi dari sarung cukuplah banyak dan cocok untuk digunakan dalam berbagai situasi. Anda bisa menggunkannya untuk beribadah, meronda, sebagai selimut dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Tetapi dengan banyaknya corak dan warna dari sarung mungkin akan membuat Anda kebingungan saat memilihnya. Sarung merupakan sebutan untuk sebuah kain lebar ynag dijahit di kedua sisinya sehingga memyerupai pipa atau tabung. 



Sarung identik dengan busana keagamaan, yaitu sebagai salah satu pakaian untuk beribadah bagi umat muslim. Namun, sarung tidak hanya digunakan oleh para pria muslim atau untuk beribadah saja. Karena sebagian besar di Indonesia, apapun suku dan agamanya, memiliki sarung. Sarung pertama kali dikenal di Indonesia sekitar abad ke-14. Kemudian sarung mengalami akulturasi dengan budaya-budaya Indonesia sehingga muncul corak dan warna yang beragam. Bahkan sarung juga dijadikan sebagai symbol perlawanan terhadap budaya barat pada masa penjajahan. Saat ini, sarung telah berubah menjadi salah satu fashion yang tidak lekang oleh jaman.

  • Manfaat Sarung

Sebagai busana yang serbaguna, sarung dapat digunakan diberbagai kesempatan. Bahan sarung yan g terbuat dari bahan yang adem dan desain yang dinamis membuatnya nyaman dipakai sepanjang hari. Tidak hanya digunakan untuk beribadah, sarung biasanya dipakai sebagai baju rumahan, selimut hingga busana untuk ronda malam. Misalnya, di desa-desa di Indonesia, masyarakat sering dipakai oleh pria ataupun wanita untuk aktivitas sehari-hari. 

Kategori Material Sarung Berdasarkan Kelasnya

Berdasarkan bahan dan stratanya, sarung terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu :

  1. Kelas Premium

Untuk sarung kelas premium, merupakan merk sarung yang popular adalah sarung BHS dan Lamiri. Kedua merk sarung terbaik ini terbuat dari bahan berkualitas seperti kain tenun, tetoron rayon dan sutra. Sarung ini dibanderol paling tinggi di banding kelas lainnya. Sarung ini biasanya  digunakan oleh para pemuka agama atau untuk acar-acara penting, misalnya walimahan, ceramah dan lain sebagainya.

  1. Kelas Menengah

Sarung kelas menengah merupakan sarung yang sering kita temukan dan banyak dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Beberapa merk sarung terbaik dan terpopuler di kelas ini adalah Sarung Mangga, Atlas, Wadimor dan Gajah Duduk. Memiliki harga yang cukup terjangkau, sarung kelas menengah ini biasanya terbuat dari bahan katun ynag lembut dan nyaman. Anda bisa memakainya untuk beribadah ataupun sebagai busana harian.

  1. Kelas Ekonomis

Sarung di kelas ekonomis adalah sarung dengan harga paling terjangkau dan biasa disebut dengan sarung kluyur. Sebutan ini muncul karena sarung ini terbuat dari bahan yang licin dan mudah merosot saat dipakai. Karena itu, ketika menggunakan sarung jenis ini, Anda perlu memakai celana tambahan sebagai dalamannya. Apabila Anda memiliki dana terbatas atau mencari sarung untuk dipakai ronda malam, sarung kluyur bisa dijadikan pilihan.

  • Tips Memilih Sarung yang Awet

Untuk mendapatkan sarung yang awet, Anda perlu memperhatikan kualitas jahitan dan kerapatan benangnya. Karena kedua hal ini adalah faktor penentu kekuatan dan keawetan sebuah sarung. Untuk sarung yang berkualitas baik, biasanya tidak akan ditemukan sambungan pada jahitannya. Selain itu, perhatikan juga kerapatan benangnya. Semakin tinggi kerapatan benangnya, maka akan semakin baik juga kualitas sarungnya. Karena itu, sarung akan lebih kuat dan tahan lama sehingga dapat Anda gunakan untuk jangka panjang.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.