Contoh Bacaan Bilal Sholat Idul Fitri Lengkap dengan Artinya

Konten [Tampil]

Saat kutbah Idul Fitri seringkali banyak tema yang bisa diangkat untuk dijadikan bahan kutbah. Post kali ini membahas tentang Contoh Bacaan Bilal Sholat Idul Fitri Yang Bisa Dibacakan, Lengkap Dengan Artinya yang dapat diaplikasikan saat kutbah IdulFitri.

    Tak terasa setelah menjalani ibadah puasa selama hampir satu bulan, kini semua umat muslin tengah bersiap menyambut hari raya Idul Fitri. Ya, momen hari raya Idul Fitri memang selalu menjadi momen yang ditunggu karena hari tersebut merupakan hari suci bagi seluruh umat muslim di dunia. Tak heran jika momen Idul Fitri selalu disambut dengan penuh suka cita dan kegemberiaan.


   

 

Saat hari raya Idul Fitri sebelum kita mulai bersilaturahmi dengan sanak saudara tentunya kita harus menjalani kewajiban untuk menjalankan sholat Idul Fitri berjamaah. Biasanya sebelum sholat Ied dimulai kita sebagai jamaah akan mengikuti apa yang Bilal lafalkan. Bilal sendiri merupakan seorang Muroqi yang bertugas untuk mengumandangkan tarqiyah atau seruan kepada seluruh umat muslim agar mengikuti sholat Ied.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Bilal, tentunya ada hal-hal yang harus dilakukan. Berikut ini urutan hal yang dilakukan dan juga dibacakan oleh seorang Bilal dari mulai sebelum sholat sampai setelah sholat lengkap beserta bacaan Bilal yang bisa diikuti.

  1. Saat akan mulai sholat Ied, Bilal akan memberikan aba – aba dengan membaca   

“Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, Laa ilaaha ilallahuwallaahu akbar, Allahu akbar walillahilhamdu”
“Shollu sunnata li’idil fitri rok’ataini jaami’ata rohimakumulloh 2x Ashshalaata Jami’a”

  1. Setelah selesai sholat Ied, Bilal memegang tongkat sambil membaca :

“Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, Laailaahailallahu wallahuakbar Allahuakbar walillahilhamdu.”
“Yaa ma’asyirol muslimiina zumrotal mu’miniina rohimakumulloh, I’lamu Anna Yaumakum Haadzaa yaumu ‘iidil fitri wa yaumus suruuri, Wa yaumul maghfuuri, Ahalallahullohulakum fiihitho’amu, wa haroma ‘alaikum fiihis shiyam, Idzaa Sho’idal Khotiibu ‘alal minbari, Anshituu was ma’u wa ati’u rohimakumulloh, Anshituu wasma’u wa ati’u rohimakumulloh, anshitu la’alakum turhamun.”

  1. Setelah itu Kahtib akan naik ke Mimbar dan menerima tongkat dari Bilal, kemudian dilanjut membaca:

"Allohumma Sholli 'Alaa Sayyidina Wa Maulanaa Muhammad 2x, Wa 'Ala Ali Sayyidinaa Muhammad Wa Baarik Wa Sallim, Allohumma Qowwil Islam Minal Muslimin wal Muslimat, Wal Mukminin Wal Mukminat, Al'Ahyaa'i Minum wal Amwat, Wanshurnaa 'Alaa Iqomati al-Din, Rabbikhtim Lanaa Minka Bil Khoir Wa Yaa Khoiran Nashirina Birohmatika Yaa Arhamar Rohimin.”

  1. Setelah Khatib naik dan mengucap salam lalu duduk, Bilal akan mengucapkan:

“Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, Laaila ha illallohu wallohu akbar Allahu akbar walillahilhamd.”

  1. Setelah itu Khatib akan menyampaikan khutbah pertama, selepas khutbah Khatib akan duduk diantara dua khutbah dan Bilal akan mengucap:

“Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayyidinaa Muhammadin.”

  1. Terakahir barulah Sholat Ied ditutup dengan melakukan salam – salaman antar sesame jamaah sholat Ied.

Itulah hal – hal yang harus dilakukan dan juga dibacakan oleh seorang Bilal didalam pelaksanaan sholat Idul Fitri. Jadi jika anda dipercaya mendapat tugas untuk menjadi seorang Bilal maka anda harus mengetahui hal – hal yang harus dilakukan dan juga dibacakan diatas. Itu karena apa yang dilakukan dan dikatakan oleh seorang Bilal juga akan mempengaruhi kelancaran didalam Sholat Idul Fitri tersebut.

Semoga pengetahuan tentang apa saja yang dilakukan dan juga diucapakan oleh seorang Bilal didalam sholat Idul Fitri ini dapat menambah wawasan anda. Dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui ketentuan tentang seorang Bilal dalam pelaksanaan sholat Idul Fitri.


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.