5 Tempat ini Jangan Pernah Lupa Membersihkannya

Kebersihan pangkal kesehatan. Pepatah lama yang tak usang oleh waktu. Kita sepakat bahwa awal dari kesehatan adalah hidup bersih bukan? Bahkan dalam ajaran agama pun kita selalu dituntun untuk hidup bersih dan menjauhkan diri dari lingkungan yang kotor.



Seringkali karena rutinitas kita yang menyita banyak perhatian dan waktu kita Anai dengan beberapa tempat sepele sehingga jarang dibersihkan. Padahal efeknya cukup besar untuk kesehatan kita sendiri loh.

Tempat sendok/sumpit

Sendok adalah benda yang langsung berhubungan dengan mulut kita. Sendok akan langsung masuk ke mulut saat kita mulai makan. Namun taukah bahwa seringkali kita mengabaikan bahwa tempat penampungan sendok biasanya jarang dibersihkan. Pada tempat sendok biasanya tidak terdapat lubang untuk mengeluarkan air sisa cuci sendok. Sehingga air akan tertampung di dasar tempat sendok dan menjadi sarang bakteri. Untuk mengantisipasinya sebaiknya kita membersihkan sendok/sumpit sebelum digunakan.

Bawah kompor

Beberapa kompor memiliki tempat tersembunyi dibawahnya yang jarang tersentuh. Tempat ini sangat rentan bersarangnya bakteri karena seringkali sisa makanan tidak sempat dibersihkan sehingga mengendap di bawah kompor. Hal ini memancing hewan liar seperti cicak, bahkan tikus untuk berburu makanan sisa disana.

Gayung

Sebagian masyarakat masih menggunakan gayung untuk mandi, cuci dan kegiatan lain yang berkaitan dengan bersih bersih. Gayung akan cepat kotor karena berada di tempat genangan air serta kontaminasi bakteri dari WC, kamar mandi. Sehingga pada gayung seringkali berlumut, bakteri juga akan menempel pada permukaan plastik dan semakin lama akan sush dibersihkan. Untuk mengantisipasinya bersihkan gayung beberapa kali dalam seminggu agar bakteri tidak berkembang biak di permukaannya.

artikel lainnya : Tips menjaga kebugaran selama masa pandemi
Kolong tempat tidur

Kolong tempat tidur juga termasuk wilayah tersembunyi yang kadang kurang mendapatkan perhatian dari kita. Ada beberapa model tempat tidur yang menyisakan ruang yang sangat sempit antara lantai dan permukaan bagian bawah tempat tidur akibatnya kita kesulitan untuk membersihkannya. Padahal tempat ini biasanya paling disenangi oleh kecoa dan tikus sebagai tempat bersarang. Lakukan pembersihan sesring mungkin baik dengan sapu, vacum cleaner dan dilanjutkan dengan lap basah agar mengurangi debu yang berkumpul.

Sapu

Sapu adalah alat untuk membersihkan namun seringkali kita jarang membersihkan sapu itu sendiri padahal sebagai alat pembersih sapu juga harus dibersihkan. Kita tidak tau apakah lantai tempat kita beraktivitas terdapat kotoran basah sehingga menempel pada sapu. Apabila sapu tidak dibersihkan maka kotoran tersebut akan menempel dan tentunya akan mengotori lantai lain saat kita menyapu. Lakukan pembersihan sapu dengan cara merendam kedalam larutan deterjen atau disinfektan selama 2 menit lalu angkat dan jemur di tempat yang panas setelah mengering sapu siap menjadi alat kebersihan yang akan benar benar membersihkan lantai bukan?


Nah apabila kita rutin membersihkan tempat tempat tersebut maka ikhtiar sehat akan dapat kita lakukan dan akan menghindari kita dari penyakit penyakit berbahaya yang disebabkan oleh hewan-hewan liar seperti kecoa, tikus, semut, dll. Pada beberapa kondisi kita juga harus mewaspadai beberapa hewan liar yang seringkali bersarang di rumah meskipun antisipasi bersih-bersih sudah sering kita lakukan. Seperti tikus yang susah sekali diusir dari rumah. 

Tapi tak perlu khawatir karena tikus bisa kita basmi dengan alat pengusir tikus melalui jasa basmi tikus Yang akan membantu Anda membasmi hewan paling menjengkelkan tersebut.

Jadi tak perlu khawatir lagi Masalah kebersihan terutama hewan yang satu ini. Serahkan saja sama ahli nya.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.