Ciri-Ciri Minyak Goreng Sehat dan Layak

Pengolahan makanan umumnya melalui beberapa cara, salah satunya menggoreng. Untuk menggoreng, maka Anda akan membutuhkan minyak goreng.  Sayangnya, keberadaan minyak goreng dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak jenuh (LDL) didalamnya yang meningkatkan kadar kolesterol dan risiko gangguan jantung seseorang. Namun, tidak semua minyak goreng demikian.




Sebagai konsumen yang cerdas, tentu Anda harus teliti dalam memilih minyak goreng yang baik. Jangan sampai, Anda mengalami risiko kesehatan diatas karena salah dalam memilih minyak goreng. 

Lantas, seperti apakah ciri-ciri minyak goreng yang sehat dan layak untuk dikonsumsi itu? Begini jawabannya.


Perhatikan Komposisi Produk pada Label Kemasan

Langkah pertama saat membeli minyak goreng terbaik adalah membaca label kemasannya. Perhatikan dengan teliti, apakah produk tersebut mengandung komposisi lemak yang tinggi, misalnya minyak jenuh dan hydrogenated oil atau tidak. Jika iya, sebaiknya beralih dan cari produk yang lain.



Amati Warna Minyak Goreng

Salah satu ciri minyak goreng yang sehat dan layak untuk dikonsumsi adalah memiliki warna yang bening dan jernih. Jadi, pastikan memilih minyak goreng dengan ciri tersebut ya!

Tidak Mudah Beku

Ciri selanjutnya, minyak goreng yang sehat yaitu tidak mudah beku. Sebab, jika Anda menemukan minyak goreng yang mudah beku, menjadi pertanda bahwa minyak tersebut mengandung sedikit lemak jenuh dan berisiko bagi kesehatan.

Menyerupai Air

Terakhir, ciri minyak goreng yang sehat memiliki tekstur menyerupai air atau karakter yang tidak lekat. Ciri ini menandakan bahwa minyak goreng tidak akan terserap secara berlebihan kedalam makanan, sehingga tidak menimbulkan gatal ditenggorokan.

Setelah memahami ciri-ciri minyak goreng yang sehat diatas, berikut ini kami sampaikan rekomendasi minyak goreng terbaik untuk Anda.

Tropical, Minyak Goreng dengan Kandungan Omega 9 Paling Tinggi

Kebanyakan orang takut mengonsumsi gorengan karena khawatir kolesterol dalam tubuhnya akan naik. Namun, Anda tidak akan mengalami risiko tersebut, jika menggunakan Tropical sebagai minyak gorengnya. Tropical mengandung omega 9 yang tinggi sehingga membantu menurunkan kolesterol darah seseorang. Melalui dua kali proses penyaringan, minyak goreng Tropical akan tetap bening meskipun telah digunakan untuk memasak. Harga minyak goreng 500ml Tropical dalam kemasan dus isi 24 bungkus Rp162.200 yang tersedia di JD.ID. Sedangkan untuk satuan harga minyak goreng 1 liter Tropical Rp14.000.

Minyak Jagung dengan Kemasan yang Ekonomis

Ada lagi pilihan minyak goreng sehat untuk keluarga Anda yaitu minyak jagung Family Choice Corn Oil. Produk ini memiliki kemasan kecil yang ekonomis untuk kebutuhan rumah tangga.  Corn Oil diproduksi di Singapura dan diekstraksi dari biji jagung setengah kering. Melalui satu kali penyaringan, Corn Oil Family Choice ini memiliki rasa yang lebih hambar daripada minyak sawit. Meski demikian, jenis minyak jagung baik dikonsumsi, terutama bagi penderita jantung, kolesterol, dan kanker. Harga minyak goreng 500ml ini Rp32.300 yang tersedia di JD.ID.

Filma, Minyak Goreng Spesial untuk Teknik Memasak Deep Fry

Bagi Anda dan keluarga yang hobi makan gorengan renyah tanpa ada sisa minyak menempel, maka Filma Goodfry Deep Frying Fat inilah pilihan minyak gorengnya. Produk ini memiliki titik asap tinggi sehingga bisa digunakan untuk menggoreng pada suhu tinggi tanpa mengubah masakan menjadi gosong. Harga produk kemasan 2 liter ini Rp22.900 tersedia di JD.ID.

Nah, itulah beberapa referensi minyak goreng sehat dan layak untuk dikonsumsi. Jika kebetulan ada produk yang belum tersedia di JD.ID, seperti harga minyak goreng hemart 500ml, sila chat penjual untuk mendapatkan link produknya.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.