Resep Bumbu Opor Ayam Kuning Sederhana tanpa Santan yang Nikmat

Konten [Tampil]
Siapa sih yang kayak saya? Semakin bertambah umur, makin anti sama masakan yang bersantan. Pasalnya, makanan dengan tambahan santan cukup rentan sama berbagai gangguan kesehatan. Tetap enak kok. Cukup biasakan saja di lidah. Misalnya saja dengan bikin bumbu opor ayam kuning sederhana tanpa santan. 



Baik itu untuk bumbu opor ayam putih ataupun kuning, kamu tetap bisa masak. Ya. Kamu tetap bisa menghasilkan masakan opor yang nikmat dan gurih secara sehat. Nah, bila kamu mau cari bumbu dan cara untuk membuat opor ayam kuning sederhana tanpa santan, ini resepnya. 

Resep Bumbu Opor Ayam Kuning

Bahan-bahan 

1 ekor ayam kampung

Bumbu Halus

15 siung bawang merah

8 siung bawang putih

1 sdt merica

1 sdt ketumbar

5 butir kemiri

3 cm kunyit 

2 cm ruas jahe

Sejumput jinten

Bahan Tambahan

1 ruas lengkuas geprek

2 lembar daun salam

1 batang serai geprek

2 lembar daun jeruk purut

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Minyak untuk menumis

Cara Membuat Bumbu Opor Ayam Kuning Sederhana tanpa Santan

Berikut ini cara untuk mulai memasak opor ayam.

  1. Didihkan air secukupnya ke dalam panci.

  2. Cuci ayam hingga bersih dan masukkan sebentar ke dalam air mendidih, angkat, lalu buang airnya.

  3. Tumis bumbu halus menggunakan api kecil sampai matang dan harum.

  4. Tambahkan sekitar 2 gelas air dan semua bumbu tambahan ke dalam bumbu yang sudah ditumis dan biarkan sampai mendidih.

  5. Masukkan ayam dan aduk-aduk hingga merata. Biarkan air sampai meresap atau menyusut.

  6. Tambahkan lagi air secukupnya supaya ayam bisa matang dengan sempurna. Biarkan kuah mendidih sampai terlihat keluar minyak dari ayam.

  7. Jangan lupa tes rasa. Tambahkan garam atau gula bila diperlukan.

  8. Terakhir, sajikan opor ayam.

Tips Membuat Opor Ayam Kuning tanpa Pakai Santan

Bagi kamu yang ingin membuat resep opor ayam kuning dan tanpa pakai santan, lebih baik gunakan ayam kampung sebagai gantinya. Bisa juga dengan menggunakan ayam jantan ataupun ayam negeri. Sementara untuk potongannya, buat menjadi 4, 8, 12 ataupun sesuai dengan selera. 

Apabila ingin aromanya gurih dan harum, kamu bisa menambahkan kemiri dalam jumlah yang lebih banyak dengan disangrai sebelumnya. Sangrai sampai terlihat warna yang sedikit kecoklatan dan tercium aroma wangi. 

Selanjutnya ada tips buat kamu supaya bumbunya meresap dengan sempurna dan memiliki kuah yang kental, meski tanpa santan. Caranya adalah dengan menggunakan api kecil saat memasak opor. Terakhir dan yang paling penting untuk bisa mendapatkan cita rasa opor yang nikmat adalah kualitas dari ayamnya. 

Nah, buat kamu yang ingin mencoba resep di atas ataupun olahan ayam lain, dapatkan ayam berkualitas di aplikasi KingKong Meats. Produk lain seperti telur, daging sapi, hingga seafood juga tersedia. Semua produk ayam di sini secara langsung disimpan dalam bentuk yang sudah dipotong. 

Penyimpanannya dilakukan dalam keadaan beku memanfaatkan teknologi Air Blast Freezer. Banyak keunggulan lain yang tentu bakal kamu dapatkan dengan berbelanja produk disini. Apa saja sih? Yang pertama, jelas dari segi harga. Emak-emak pasti mempertimbangkan hal ini ketika akan berbelanja. 

Ya, berbelanja di KingKong Meats, ternyata harganya sangat ramah di kantong. Mengingat aplikasi ini menjadi pilihan para supplier daging dan juga telur. Ditambah lagi dengan adanya fasilitas pengiriman gratis bagi kamu yang berada di area tertentu. Jelas sangat menarik bukan?

Pemesanan produknya juga sangat mudah dan pengiriman cepat, langsung dari cabang yang terdekat. Tentu hal ini bisa menjamin kualitas ayam yang dikirim juga dalam keadaan fresh. Sama seperti semboyan dari KingKong Meats, "siap kirim ke dapurmu". Jadi, dapatkan produk berkualitas hanya via aplikasi KingKong Meats!  

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.