Tata Cara Lengkap untuk Melakukan Sholat Jenazah Laki-laki

Konten [Tampil]

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai cara untuk sholat jenazah perempuan. Hukum melaksanakan sholat untuk jenazah ini yaitu wajib. Jadi jika secara sengaja tidak ada umat muslim yang menyolatkan jenazah maka semua dosa ini akan didapatkan oleh semua umat islam. Saat melakukan sholat jenazah tidak ada gerakan yang biasa dilakukan didalam sholat wajib. Dalam sholat jenazah ini hanya melakukan takbiratul ihram, tidak ada juga adzan serta iqomat. Ini dia bacaan sholatnya secara lengkap untuk jenazah perempuan:




Niat Sholat Jenazah Perempuan

Usholli 'ala hadzahihil mayyitati arba'a takbirotin fardho kifayatin imaman/ma'muman lillahi ta'ala.


Niat Salat Jenazah Laki-laki

 “Usholli ‘ala hadzal mayyiti arba’a takbirotin fardho kifayatin imaman/makmuman lillahi ta’ala.” 

Artinya: “Saya niat sholat atas jenazah laki-laki ini empat kali takbir fardu kifayah sebagai imam/makmum karena Allah ta’ala.”

Niat Solat Jenazah untuk Imam

Usholli ‘alaa hadzal mayyiti arba’a takhbiratin fardhal kifayaati imaaman lillahi ta’alaa”

Artinya :

“Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi imam karena Allah Ta’ala.”

Takbir Pertama (Takbiratul ihram)

Saat membaca Takbiratul ihram ini  dilakuakn di dalam hati setelah membaca niat sholat jenazah. Jika sudah di lanjutkan lagi dengan membaca Al-Fatihah dan jangan di tambah dengan surat lain.

Takbir Kedua (Sholawat Atas Nabi)

Allahumma shalli 'ala sayyidinaa muhammad wa'ala aali sayyidinaa muhammad, kamaa shallayta 'alaa sayyidinaa ibraahiim wa'alaa aali sayyidinaa ibraahiim wa baarik 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad kamaa baarakta 'alaa sayyidinaa ibraahiim wa 'alaa aali sayyidina ibraahiim fil 'aalamiina innaka khamiidum majiid.”

Artinya: 

“Ya Allah berilah (tambahkanlah) shalawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi shalawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya Allah, berilah (tambahkanlah) berkah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia.”

Takbir Ketiga (Do’a Untuk Jenazah Perempuan)

Allahhummaghfir laha warhamha wa'aafiha wa'fuanha”

Supaya lebih sempurna lagi Anda bisa membaca doa ini:

Allahumaghfirlaha warkhamha wa'aafihaa wa'fu'anhaa wa akrim nuzulaha wawasi' madkholaha wa aghsilha bilmaai watstalji wal barodi wanaqqihaa minal khothooya kamaa yunaqqotstaubul abyadhu minaddanasi. Allahumma abdilhaa khiron min daariha wa jaaran khoiron min jaarihaa wazauwjan khoiron min zaujiha wa ahlan khoiron min ahlihaa wa adkhilhaal jannata wa'aidzhaa min 'adzaabil qabri wa min 'adzzbinnaari

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, sayangi, afiatkan dan maafkan kesalahannya. Muliakan tempat turunnya, luaskan tempat masuknya, sucikan dia dari kesalahan-kesalahannya, sebagaimana baju putih yang disucikan dari kotoran. Mandikan dia dengan air, es dan embun.  Gantikan rumahnya dengan rumah yang lebih baik, keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, istri atau suaminya dengan istri atau suami yang lebih baik, masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dia dari siksaan kubur – atau dari siksaan neraka”

Takbir Keempat (Membaca Do’a)

Dalam takbir yang paling terakhir ini adalah membaca doa untuk jenazah, ini dia bacaannya:

Allahumma tarimna Ajrohu walataftinna bakdahu”

Artinya: “Ya Allah, janganlah jadikan pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia.”

Mengucapkan Salam dengan Sempurna

“Assalamu'alaikum warohmatullohiwabarokatuh.”



No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.