Review Bacaan Doa dan Urutan Dzikir setelah Sholat Tahajud

Konten [Tampil]
Selamat pagi sahabat blog Yurmawita's Blog. Sudahkah hari ini kita berdzikir? Untuk mengawali aktivitas kita pagi ini post kali ini kita akan Review Bacaan Doa dan Urutan Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Bacaan doa setelah sholat tahajud dan dzikir merupakan ritual yang harus diamalkan oleh setiap Muslim. Ya, jelas demikian, sebab membaca doa dan dzikir setelah sholat tahajud itu memiliki banyak keutamaan. 



Selain menjadi waktu yang paling mustajab untuk berdoa, seorang Muslim yang gemar menunaikan sholat tahajud juga akan meraih kedudukan mulia serta diampuni dosa-dosanya. Itu sebabnya, mengapa Nabi Muhammad SAW tidak pernah absen sekali pun dalam menunaikan sholat tahajud. 

Sehingga tak heran jika tahajud menjadi salah satu jenis sholat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Seperti yang tertuang dalam QS. At Thur ayat 49 yang artinya:

“Dan bertasbihlah padaNya pada beberapa saat di malam hari dan di waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).”

Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai bacaan doa dan urutan dzikir setelah sholat tahajud. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

Bacaan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, audzubka min syarrima shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirlii, fa innahu la yaghfirudzuniba illa Anta.

Artinya : “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak di ibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.”

Urutan Dzikir Sesudah Sholat Tahajud

  • Membaca istighfar sebanyak 3 kali

  • Membaca kalimat “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir”

  • Membaca doa “Allahumma ajirnii minanar” sebanyak 3 kali, lanjutkan dengan membaca kalimat “Allahumma la mani a lima athaita wa la mu’thiya lima mana’ta wa la yanfa’u dza jadii minkal jaduu, la ilaha illa anta”

  • Memuji Allah SWT dengan membaca “Allahumma Antas-sallamu Wamingkas-Salaamu Wa ilaika Ya Uudus-Salaamu fa hayyinaa Rabbanaa bis-salaami wa akhilna-jannata daaros-salaami tabaarokta Robbana wa ta aalaita Ya Dzal-Jalaali wal ikroom”

  • Membaca surat Al-Fatihah “A’udzu Billahiminas syaitho nirrojiim. Bismillahir rohmanirro’hiim. Alhamdulillahi Robbil’aalamiin. Arrohmaniroohim. Maliki yawmiddiin. Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’iin. Ihdinash-sjiro tholmustaqiim. Shirotholladziina an’ama ‘alaihim ghoiril maghdhuubi ‘alaihim wala dholiin. Aamiin”

  • Membaca ayat Kursi “Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyafa’u indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ilmihii ilaa bimaa syaa-a. wasia’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim”

  • Membaca kalimat tasbih (Subhanallah sebanyak 33 kali), kalimat Tahmid (Alhamdulillah sebanyak 33 kali), dan kalimat takbir (Allahu Akbar sebanyak 33 kali)

  • Baca juga kalimat “Allahu Akbar kabiirow wal’hamdulillahi katsiiron wasub hanallohi bukrotan wa ashiilan, Laa ilaha illallohu wa’hdahula syariikalah ahumulku walahul’hamdu yu’hyii wayumiitu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Wala hawla wala quwwata illa billahl ‘aliyyil’adzhiim”

  • Setelah itu lanjutkan dengan membaca kalmat istghfar dan tahlil (masing-masing sebanyak 33 kali). 

Nah, seperti itulah bacaan dan urutan dzikir setelah sholat tahajud.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.