Ternyata Ini Manfaat Sering Membacakan Dongeng Sebelum Tidur pada Si Kecil

Konten [Tampil]
Punya kebiasaan unik memba akan  cerita sebelum tidur Ternyata Ini Manfaat Sering Membacakan Dongeng Sebelum Tidur Pada Si Kecil. 

Ketika si kecil susah diajak untuk tidur malam, maka membacakan dongeng sebelum tidur pun menjadi salah satu solusinya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena anak kecil pada umumnya akan langsung tidur Ketika dibacakan sebuah dongeng oleh ayah maupun bundanya. 


Tak hanya membuatnya tertidur, ternyata kegiatan membacakan dongeng sebelum tidur juga memiliki beragam manfaat lainnya bagi si kecil lho. Nah, biar bunda gak penasaran, yuk kita simak langsung ulasannya di bawah ini. 

Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur

Manfaat membacakan dongeng sebelum tidur antara lain:

Dapat Mengembangkan Komunikasi

Manfaat pertama dari membacakan dongeng sebelum tidur pada anak, yakni dapat mengembangkan komunikasi. Ya, mulai dari komunikasi mulut, memori, kemampuan mendengar, sampai keterampilan dalam pengenalan Bahasa. 

Tentu saja kebiasaan ini menjadi cara terbaik untuk memperkuat kosakata serta struktur kalimat yang berbeda sejak usia dini. Seiring berjalannya waktu, maka si kecil dapat belajar berkomunikasi melalui Bahasa tubuh dengan metode verbal, mendengarkan, hingga menulis kata-kata secara benar. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, si kecil juga nantinya mampu mendengar semua suara yang dibutuhkan untuk berbicara dalam Bahasa asli mereka lho. 

Membantu Perkembangan Sosial dan Emosional

Tak hanya mengembangkan komunikasi, dengan seringnya membacangan dongeng sebelum tidur kepada anak juga dapat membantu dalam mengembangkan sosial serta emosionalnya. Dengan begitu, ia bisa mengembangkan gagasan seputar mainan, hewan, benda, dan lain sebagainya berdasarkan ilustrasi dari dongeng yang didengarnya. 

Bukan hanya itu, si kecil pun bisa belajar dari dongeng bahwa keputusan yang diambilnya bisa membentuk situasi sekitar, sehingga mereka akan selalu berpikir sebelum melakukan sesuatu. Masih belum habis, bahkan si kecil juga akan menemukan rangkaian kata-kata baru untuk berpikir, mengungkapkan perasaannya, hingga merasakan. 

Dapat Meningkatkan Perhatian

Dengan melibatkan anak pada dongeng sebelum tidur, maka hal ini merupakan cara terbaik untuk membantunya menjadi merasa sangat nyaman dengan kegiatan membaca. Bunda pun bisa meningkatkan rentang perhatian si kecil dengan membacakannya dongeng saat sebelum tidur malam. 

Berkat rentang perhatian serta focus yang baik, tentu saja si kecil dapat belajar dengan lebih baik lagi. Secara otomatis, kebiasaan tersebut sangat bermanfaat baginya dalam menggapai prestasi di sekolahnya. 

Dapat Meredakan Kecemasan

Tak banyak orangtua yang tahu bahwa kebiasaan membacakan dongeng sebelum tidur bisa meredakan kecemasan dalam pikiran anak. Bahkan Ketika si kecil dalam kondisi yang terlalu aktif, membacangan dongeng sebelum tidur sangat membantunya untuk terlibat dalam dunia yang selama ini belum dikenalnya, bahkan hingga terbebas dari semua kecemasan yang dirasakan olehnya. 

Bisa Dijadikan Sebagai Kebiasaan yang Baik

Disaat bunda membacakan dongeng sebelum tidur pada si kecil secara rutin, tentu saja hal ini akan menjadi kebiasaan yang baik dan bagian dari hidupnya. Secara perlahan, membaca buku pun menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi si kecil.

Bahkan kegiatan yang satu ini akan terus dilakukan hingga usianya mencapai remaja. Dengan kata lain, kegiatan menceritakan dongeng sebelum tidur dapat menjadikan budaya membaca dalam dirinya. 

Dapat Meningkatkan Kepribadian dan Pengetahuan

Manfaat berikutnya dari kebiasaan membacakan dongeng sebelum tidur untuk anak, yakni dapat meningkatkan kepribadian dan pengetahuan. 

Ketika sang anak bertambah usianya, maka ia sudah mulai mencari beberapa orang dan mengambil inspirasi dari mereka. Sehingga waktu membaca tersebutlah yang nantinya jadi momen terbaik dalam memberikan pengaruh terhadap si kecil, sembari mengajarinya seputar pelajaran hidup.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.