Ide Menu Sahur untuk Anak

Konten [Tampil]
Marhaban yaa Ramadhan. Tahun ini Ramadhan kembali tiba. Bagi umat muslim tentu hal yang sangat berbahagia menyambut ramadhan bulan suci penuh berkah. Bagi ibu-ibu yang punya anak kecil merupakan tantangan sendiri mengajarkan pengalaman berpuasa.



Post kali ini kita akan membahas tentang ide Menu Sahur untuk anak. 

Ide Menu Sahur untuk Anak

Banyak sekali yang bisa Bunda kreasikan untuk menu sahur anak. Paling penting mengetahui makanan apa yang disukai anak, rasa yang diinginkannya maupun bentuk makanan yang paling favoritnya. Bunda bisa memilih satu bahan makanan yang disukainya lalu mengkreasikan bentuk dan rasanya sehingga menjadi menu sehat ramadhan untuk anak tersayang. Yuk, kita mulai berkreasi membuat makanan yang disukai mereka. 

Pergedel Kentang kornet


Perkedel kentang kornet disukai anak-anak karena struktur lembut dan enak. Rasa kentang dipadu dengan kornet akan semakin kaya rasa. 

Bahan-bahan

Kentang 500 kg
Kornet  200 gr
Bawang putih 4 siung haluskan
Merica 1/2 sdt
Bawang goreng 2 sdm hancurkan kasar
Seledri 2 tangkai
Telur untuk baluran
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat

Kupas kentang cuci bersih. Potong-potong kentang lalu goreng. Setelah kentang matang lumatkan hingga halus. Campurkan kornet, bawang putih, bawang goreng, seledri. Bentuk bulat-bulat lalu tekan dengan telapak tangan sedikit. Kocok lepas telur.  Goreng hingga kecoklatan.

Beef Teriyaki


Olahan daging yang simple bisa dibuat dengan mudah untuk menu sahur. Daging akan disukai anak-anak jika dimasak sampai empuk dan dibumbui dengan baik. Resep yang kedua yaitu Beef Teriyaki yang pasti akan disukai anak.

Bahan-bahan

Daging 250 kg potong tipis-tipis
Bawang Bombay 1 buah iris melintang
Bawang putih 4 siung
Kecap asin 1 sdm
Kecap manis 1 sdm
Saus Teriyaki 2 sdm
Lada/merica 1/4 sdt
Minyak goreng untuk menumis secukupnya
Air 2  gelas

Cara Membuat

Rebus daging hingga empuk dengan air hingga air menyusut sekitar 1/2 gelas. Ambil daging.Sisihkan kaldu
Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang bombay, saus, kecap, lada, garam dan daging tumis hingga bumbu meresap. Masukkan sisa air kaldu lalu tunggu sampai kuah mengental. Angkat dan sajikan.

Spageti Saus Ayam 


Bahan-bahan

Spageti 250 gr
Bawang Bombay 1/2 bh cincang
Ayam fillet dicincang kasar 200 kg
Saus tomat 1 sdm
Saus Bolognese 2 sdm
Saus cabai 1 sdm (jika mau pedas bisa ditambah)
Bawang putih 4 siung
Air 2sdm

Cara membuat

Rebus spageti hingga empuk saring lalu rendam sebentar dengan air dingin. Saring lagi. Panaskan minyak lalu tumis bawang putih, bawang bombay hingga harum. Masukkan ayam cincang, saus tomat, saus Bolognese, saus cabai dan air masak hingga mengental. Taruh spageti dalam piring lalu taruh toping sausnya di atas spageti.

Bola-bola Bakso Asam Manis

Bahan-bahan

Bakso sapi 1/4 kg 
Bawang Bombay 1/2 cincang 
Bawang putih cincang
Saus tomat 5 sdm
Saus cabai 1 sdm
Kecap manis 2 sdm
Wortel 1 batang potong-potonh korek api
Margarin untuk menumis
Air secukupnya

Cara membuat

Panaskan margarin, tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang Bombay, saus tomat, saus cabai,kecap manis, garam secukupnya. Masukkan wortel masak hingga wortel empuk. Masukkan bola bakso kecilkan api, masak hingga kuah mengental. Angkat dan sajikan selagi panas. Sangat baik dimakan bersama nasi putih.

Nasi Tim Ayam 

Makan nasi saat sahur dipercaya dapat mengenyangkan dan menambah energi saat berpuasa. Resep nasi ayam  kali ini dijamin akan disukai oleh anak.

Bahan-bahan

Nasi 2 cup (tergantung selera, jika untuk keluarga besar bisa ditambah lagi).
Ayam 250 gram potong dadu.
Bawang putih cincang
Bawang Bombay 1/2 buah iris memanjang
Kecap asin
Kecap manis
Jahe 1 ruas jari
Air

Cara membuat

Rebus ayam dengan 2 liter air masukkan bawang putih dan batang daun bawang untuk menghilangkan amis. Angkat ayam potong dadu.

Panaskan minyak 2 sdm masukkan bawang putih, bawang Bombay dan bumbu lainnya masukkan ayam lalu tambahkan air kaldu. Masak sampai mengental.

Cuci beras, panaskan minyak lalu tumis bawang putih dan merica. Masukkan ke dalam beras lalu tambahkan air kaldu. Masukkan ke dalam penanak nasi hingga pulen.

Setelah nasi pulen masukkan ayam di atas nasi tunggu hingga tanak. 

Sajikan di dalam cup. Lalu tambahkan air kaldu jika suka.

Nah, Bagaimana Bunda? sudah mulai bermunculan ide-ide menu sahur anak? Bunda juga boleh menambah sedikit kreasi bentuk maupun rasa dari berbagai resep diatas. Selamat mencoba!


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.