5 Cara Mengatasi Mengatasi Bau Mulut

Konten [Tampil]
Sudah seminggu lebih aku kurang PD saat mengobrol dengan lawan bicara apalagi jika jaraknya dekat. Rasa tidak enak di mulut menjadi penyebab ketidakpercayaan diriku. Awalnya aku mengira masalah mulut ini adalah hal sepele bisa hilang seketika dengan sikat gigi tapi ternyata tidak semudah itu sobat! Imbasnya pada aktivitas sehari-hari yang tidak optimal. Aku lebih banyak menghindar saat harus ngobrol dengan jarak dekat, atau sengaja tidak memulai obrolan. Terpaksa menjawab seperlunya saja saat ada hal mendesak.



Wah, ternyata cara ini sangat menyiksa. Apalagi profesiku sebagai guru yang harus berinteraksi lebih banyak dengan siswa. Awalnya siswa ku tidak merasakan perubahan perilaku ku yang selalu menghindar dan memilih menjelaskan di depan papan tulis saja. Mereka yang biasanya friendly dan supel mendadak kaku dengan sikapku yang selalu menjauh saat ada siswa yang menghampiri.

Masalah Bau Tak Sedap di sekitar mulut


Hal yang wajar jika area mulut adalah organ sensitif yang mesti dilakukan perawatan lebih teliti. Karena mulut dengan kelenjar saliva mengandung banyak sekali mikroorganisme yang fungsinya untuk membantu proses pencernaan makanan sebelum masuk ke lambung. Paling penting memperhatikan kebersihan gigi, lidah serta gusi.

Menjaga Kebersihan Gigi


Jika kebersihan gigi tidak dijaga maka retan sekali akan timbul karies, karang gigi atau flak yang akan menjadi penyebab bau mulut. Gigi yang berlubang adalah penyebab terbesar bau mulut yang akan menjadi penyebab nafas tidak sedap. Periksalah gigi setidaknya 6 bulan sekali dan lakukan perawatan gigi apabila ada ketidaknormalan pada gigi seperti gigi berlubang yang harus ditambal, perawatan akar gigi, maupun pembersihan karang gigi. Lakukan perawatan gigi dengan ahlinya.

Gigi bagian dalam sangat retan mengalami karies karena sulit untuk dijangkau dengan sikat gigi. Untuk itu kita perlu menyempurnakan sikat gigi secara menyeluruh.

Perawatan ke Dokter Gigi


Untuk kasus tertentu seperti gigi berlubang perlu dilakukan perawatan gigi ke dokter. Gigi berlubang akan menjadi penyebab utama bau mulut karena aktivitas bakteri penyebab bau mulut sangat tinggi. Gigi berlubang yang dibiarkan akan menyebar ke gigi lainnya sehingga lama kelamaan akan merusak gigi hingga ke akar gigi.

Menjaga Kebersihan  Gusi


24 jam yang kita jalani tiap hari tentu beragam makanan dan minuman yang telah kita konsumsi. Apabila kita abai dengan kebersihan mulut dan gusi makanan yang memiliki kadar keasaman tinggi akan dapat menjadi sumber utama tumbuhnya mikroorganisme penyebab bau mulut. Begitu juga dengan kebersihan gusi. Lakukan kumur-kumur air bersih setelah makan dan minum agar sisa makanan dan minuman tidak terlalu lama berada di gusi yang dapat mengundang bakteri penyebab sariawan. 

Menjaga Kebersihan Lidah


Lidah adalah organ mulut yang memiliki struktur berjonjot yang berfungsi sebagai indra pengecap. Lidah yang terlalu lama berinteraksi dengan makanan yang memiliki rasa kuat terlalu dominan cenderung akan mengalami iritasi seperti makanan yang terlalu asin, asam dan pedas di luar batas kewajaran. Oleh karena itu menyeimbangkan menu hal baik untuk menjaga lidah tetap sehat sehingga dapat berfungsi dengan baik. Lalukan sikat lidah saat menyikat gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di lidah 

Gunakan Mouthwash


Perawatan mulut dan gusi agar terhindar dari bau mulut bisa dilakukan dengan Betadine Mouthwash. Gunakan  setelah menggosok gigi untuk hasil yang optimal. Mouthwash dapat membunuh kuman dan bakteri yang masih tersisa di bagian sulit terjangkau oleh sikat gigi. Seperti pada gusi belakang, sela-sela gigi, dan gigi bagian dalam. 

Penggunaan mouthwash dapat digunakan sehari 2-3 kali sesuai kebutuhan. Pakailah dengan aturan yang telah diberikan pada kemasan botol produk untuk hasil optimal.

Untuk pembelian produk Anda bisa memperoleh Betadine di toko-toko obat, Apotik, maupun e-commerce. Sedangkan informasi produk Anda juga bisa kunjungi ke situs berikut https://betadine.co.id/

Betadine kumur ini sangat penting untuk stok di rumah, jadi biasanya Betadine menjadi salah satu barang penting yang wajib ada di rumah. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.