Janganlah kamu 5 Hal Berikut Jika Ingin Luka Lama Sembuh

Jangan Lakukan 5 Hal Berikut Jika Tidak Ingin Luka Lama Sembuh

Luka lama sembuh dan berair memang seringkali mengganggu seseorang dalam melakukan aktivitas. Tidak hanya rasa sakit yang dideritanya, namun luka yang berair membuat seseorang harus berhati-hati ketika melakukan segala aktivitas. Ternyata luka yang lama disembuhkan disebabkan karena beberapa faktor.


Supaya luka Anda tidak semakin lama dalam proses penyembuhannya, maka Anda sangat disarankan untuk tidak melakukan lima hal seperti berikut ini: 

Hindarkan luka dari bakteri atau virus

Luka terbuka yang terkena infeksi atau bakteri memang seringkali menjadi alasan mengapa luka cenderung lebih lama disembuhkan. Inilah yang seringkali menimbulkan luka mengeluarkan cairan dan seringkali terlihat basah. Ketika luka mengalami infeksi maka penderita akan merasakan demam. Infeksi yang tidak terlalu parah maka dokter memberikan obat antibiotik, namun jika luka sudah memasuki pada tahap yang parah maka tindakan operasi harus dilakukan.

Tidak membutuhkan asupan gizi

Tubuh yang tidak mendapatkan asupan gizi akan lebih memperburuk luka. Jika Anda tidak memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi setiap hari, maka luka tersebut akan semakin lama disembuhkan. Nutrisi dan gizi yang cukup akan lebih mudah untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan, karena asupan gizi dan nutrisi tersebutlah yang akan menutup dan menyembuhkan luka agar luka lama sembuh dan berair.


Kekurangan protein 

Tubuh yang kekurangan protein maka akan seringkali memiliki luka yang lama untuk disembuhkan. Sementara peran dari protein mineral dan vitamin sangat penting dalam proses penyembuhan luka. Melalui protein yang dapat memperbaiki pada jaringan yang mengalami kerusakan nantinya akan membentuk jaringan baru.

Kurang jam istirahat

Seseorang yang memiliki jam istirahat terbatas juga menjadi penyebab dari proses penyembuhan luka yang semakin lama. Saat luka sebaiknya Anda memenuhi kebutuhan tidur dengan sebaik mungkin.


Mengkonsumsi alkohol

Alkohol yang masuk dalam tubuh ternyata dapat menghambat perbaikan pada otot, sehingga hal ini berpengaruh dalam proses penyembuhan luka karena tubuh mengalami dehidrasi.

Mengalami luka pada bagian tubuh memang seringkali menjadi hal yang harus diperhatikan para penderitanya untuk tidak mengabaikan luka sekecil apapun. Ada beberapa informasi yang bisa Anda lakukan supaya tidak mengalami luka semakin meradang. Untuk informasi yang bisa Anda dapatkan yaitu di guesehat.com

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.