Wanita dengan faktor Ini Beresiko Tinggi Terkena Kanker Serviks

Hai semua jumpa lagi di tema kesehatan nih, kali ini aku akan share tentang tema Wanita dengan Faktor Ini Berisiko Tinggi Terkena Kanker Serviks.


Tanda-tanda kanker serviks
Sumber foto : pixabay


Bila Anda wanita dan memiliki kondisi atau faktor risiko di bawah ini, sebaiknya segera dapatkan vaksinasi pencegahan dan pemeriksaan kanker serviks.



Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan, kanker serviks adalah kanker yang menduduki peringkat 4 paling sering dialami wanita. Ironisnya, kanker yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) ini menempati peringkat nomor 2 jenis kanker tertinggi yang terjadi pada wanita Indonesia.

Biasanya, penularan HPV terjadi melalui hubungan seksual. Saat virus tersebut masuk ke dalam sel serviks, hal tersebut berpotensi menyebabkan kanker serviks. Selain itu, terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan wanita mengalami kanker serviks, antara lain:

Bergonta-ganti Pasangan Seksual

Penularan HPV kerap terjadi melalui hubungan seksual. Dengan bergonta-ganti pasangan seksual, maka risiko wanita untuk terinfeksi HPV dan mengalami kanker serviks jauh lebih besar. Jadi, pikir lagi sebelum melakukan seks bebas, ya.

artikel lainnya : Penyebab sakit perut selain haid

Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Wanita dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah berisiko mengalami kanker serviks. Contohnya, penderita HIV/AIDS, pengguna obat kortikosteroid, transplantasi organ, atau orang yang sedang mendapatkan pengobatan kanker.

Berhubungan Seksual Sejak Muda

Wanita yang berhubungan seksual sejak muda ternyata lebih berisiko mengalami kanker serviks. Akan semakin tinggi lagi risikonya apabila hubungan seks tersebut berujung pada kehamilan dan melahirkan di usia mudah.

Punya Penyakit Menular Seksual

Wanita dengan penyakit menular seksual lebih berisiko mengalami kanker serviks. Misalnya mengalami gonore, sifilis, klamidia, ataupun HIV/AIDS.

Merokok

Wanita perokok berisiko dua kali lipat mengalami kanker serviks dibandingkan wanita yang tidak merokok. Kandungan racun dalam rokok berpotensi membahayakan sel serviks dan memicu terjadinya kanker.

artikel terkait : Ini Dia Penyakit berbahaya sebelum usia 20-an

Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Ada penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi pil KB dalam jangka lama dapat meningkatkan risiko mengalami kanker serviks. Konsumsi obat diethylstilbestrol (DES) –obat pencegah keguguran– juga dapat meningkatkan risiko kanker serviks. Oleh karena itu, konsultasikan penggunaan obat-obatan tersebut dengan dokter Anda.

Itulah wanita yang berisiko tinggi terkena kanker serviks. Apabila Anda memiliki salah satu atau beberapa di antaranya, segeralah kunjungi dokter Anda untuk mendapatkan vaksinasi HPV dan beberapa tes pemeriksaan kanker tersebut.


1 comment

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.