10 Bahan Hijab Populer yang Perlu Anda Ketahui

Bahan bahan Jilbab yang Perlu Anda Ketahui 



Hijab atau jilbab merupakan salah satu fashion yang saat ini sudah marak digunakan oleh wanita muslimah. Seiring dengan pemahaman masyarakat khususnya muslimah tentang kewajiban menutup aurat sehingga sudah banyak model-model hijab yang menyesuaikan dengan karakter masing-masing wanita muslimah. 


Ada yang lebih memilih berhijab panjang hingga menutupi seluruh tubuhnya, ada yang memilih mengenakan hijab simple agar tidak mengganggu aktivitas mereka sehari-hari ada pula yang memilih menggunakan hijab dengan model sendiri tanpa dipengaruhi oleh style orang lain. 

Dari berbagai style yang ada di pasaran yang perlu diketahui tentang hijab adalah jenis bahan yang digunakan hijab. Di pasaran banyak bahan hijab yang wajib engkau ketahui  agar saat memilih hijab tidak menyesal dikemudian hari. Beberapa bahan hijab yang harus diketaui:

Sifon 

Bahan sifon bersifat ringan cenderung licin, tipis dan jatuh. Bahan ini sangat digemari untuk hijab karena mudah dibentuk dan ringan. Bahan hijab yang ringan memang cocok sekali untuk hijab karena sifatnya hijab yang merupakan tutup kepala yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari maka bahan hijab yang ringan tidak mengganggu aktivitas.

artikel terkait : Model celana levis wanita untuk hijaber

Hyfon

Hyfon memiliki karakteristik berbahan serat rapat, jatuh serta sejuk digunakan. Bahan ini sering digunakan pada cuaca panas karena ciri khasnya yang dingin. Menggunakan hijab berbahan Hyfon dapat juga tanpa daleman jilbab karena bahan hyfon yang dingin dan sejuk di kepala serta tebal sehingga tidak bergeser saat dikenakan di kepala. 

Satin 




Satin adalah salah satu bahan hijab yang digemari banyak muslimah untuk hijab formal. Model hijab formal seperti acara-acara resmi, menghadiri undangan perayaan tertentu dan acara kondangan nikahan. Satin memiliki ciri khas berbahan mengkilap, terlihat gelamor dan tidak mudah kusut sehingga tetap rapi apabila dipakai dalam waktu yang lama. 

Sutra

Bahan sutera memiliki karakteristik lembut dan ringan dan tipis. Meskipun tipis namun sangat nyaman di kulit. Bahan sutera halus dan lembut dan mengkilap. Dari segi harga bahan sutera agak mahal karena proses pembuatannya yang tidak mudah. 

Katun 

Bahan katun untuk hijab cukup digemari oleh muslimah. Karakter bahan katun adalah lembut, dingin sehingga nyaman dipakai di kepala. Bahan katun juga biasa digunakan untuk pakaian karena menyerap keringat. Sama halnya dengan hijab, meskipun dikenakan di kepala tetap bisa menyerap keringat. 

Spandex



Spandex adalah salah satu bahan hijab yang banyak dicari muslimah. Karakteristik bahan spandex adalah tebal, jatuh tapi mudah dibentuk. Bahan spandex biasa digunakan untuk hijab instan atau bergo sehingga langsung digunakan tanpa perlu kesulitan mengkreasikan hijabnya. Aku memiliki Hijab berbahan spandex favorit yang sering sekali digunakan untuk sehari-hari bahannya dingin dan ringan serta tidak mudah kusut. Sangat cocok untuk hijab sehari-hari.

Maxmara

Maxmara dikenal dengan ‘kembaran’ bahan satin karena dari luar sangat mirip. Bedanya, bahan maxmara mudah kusut, namun begitu untuk hijab yang digunakan di acara-acara formal bahan maxmara sangat cocok digunakan. 

Rajut

Bahan rajut saat ini cukup digemari oleh muslimah untuk hijab. Paling umum digunakan untuk daleman hijab atau ciput. Ciri khas bahan rajut adalah lentur, elastis dan ringan tanpa mengubah bentuk asli. Selain itu hijab berbahan rajut juga hangat di kepala namun tidak menyebabkan gerah. Apabila cuaca panas bahan rajut yang  dikenakan di kepala tidak akan menyebabkan panas dan licin. 

Kashmir

Bahan hijab Kashmir biasa digunakan oleh negeri bercuaca panas karena asalnya dari Timur Tengah. Namun hijab Kashmir tetap adem jika digunakan di segala cuaca. Tekstur yang cukup tebal menjadikan bahan ini digemari untuk hijab sehari-hari, maupun santai. Biasanya hijab berbahan kasmir memiliki motif yang unik.

Kulit Jagung (corn skin)




Hijab berbahan kulit jagung atau corn skin memiliki karakteristik tebal namun tetap ringan, mudah dibentuk dan tidak mudah kusut. Bahan kulit jagung memberi kesan pada wajah bentuk oval, namun apabila kamu mengetahui triknya bentuk hijab yang ujung runcing dapat juga dibentuk.

Wolfis

Wolfis atau wol peach adalah bahan hijab yang memiliki karakteristik ringan, rapat, halus dan tidak licin. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk hijab dan bergo karena dingin dan ringan. 

1 comment

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.