Hindari GERD dengan Melakukan Hal Berikut


Hindari GERD dengan Melakukan Hal Berikut


Agar kesehatan tubuh dan tumbuh kembang terjaga, maka dibutuhkan proses penyerapan nutrisi yang berjalan optimal. Supaya berjalan optimal, maka kesehatan sistem pencernaan tubuh perlu dijaga agar terhindar dari penyakit. Salah satunya adalah penyakit GERD yang bisa membuat sistem pencernaan terganggu dan menghambat aktivitas Anda sehari-hari.


Penyakit GERD menyerang sistem pencernaan Anda melalui kadar asam lambung yang berlebih. Saat penyakit ini tiba, Anda perlu mewaspadainya karena bisa memberikan rasa sakit yang luar biasa. Sudah ada banyak website kesehatan yang mengulas penyakit yang satu ini dan artikel berikut juga akan mengulas seputar cara menghindari penyakit GERD.

Jangan Berbaring Setelah Makan

Setelah makan, apa kebiasaan yang biasanya Anda lakukan? Apakah Anda akan diam sejenak dalam posisi duduk sampai makanan tersebut turun atau langsung beranjak dan kembali beraktivitas atau bahkan memilih untuk tidur? Ketiganya umum dilakukan namun jika Anda ingin menghindari penyakit GERD, usahakan untuk tidak tidur atau berbaring setelah makan. 

Berbaring setelah makan merupakan salah satu kebiasaan buruk yang perlu Anda hindari. Sebab, selain bisa menghambat proses pencernaan makanan, berbaring setelah makan juga bisa menyebabkan GERD. Ini dikarenakan asam lambung sulit untuk turun saat posisi tubuh berbaring serta membuat lambung mengosongkan diri lebih lama. Oleh karena itu, jangan tidur setelah makan setidaknya selama 3 jam dan biasakan posisi tubuh duduk atau tidak beraktivitas terlalu keras agar sistem pencernaan tetap bekerja secara normal.

Hindari Rokok

Rokok merupakan salah satu komoditi yang sangat digemari oleh orang Indonesia. Indonesia bahkan menempati peringkat tertinggi konsumen rokok di seluruh dunia. Kandungan zat adiktif didalamnya membuat para perokok sulit untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Namun, jika Anda ingin hidup sehat dan bebas dari GERD, maka menjadi perokok adalah salah satu hal yang wajib Anda hindari.

artikel lainnya : Penyebab Usus Buntu yang Perlu Anda Ketahui

Saat Anda merokok, maka katup esofagus bawah akan menjadi lemah secara perlahan. Kondisi ini bisa memicu terjadinya GERD yang akan membuat lambung Anda terasa perih. Hindari rokok sebisa mungkin atau cobalah untuk berhenti merokok apabila Anda telah terlanjur menjadi seorang perokok. Kurangi jumlah konsumsi rokok setiap harinya secara perlahan dan hindari lingkungan perokok agar Anda terbawa dan bisa berhenti menjadi seorang perokok.

Gaya Hidup Sehat

Memiliki gaya hidup sehat akan menjadikan Anda lebih lama merasakan kebugaran tubuh. Gaya hidup sehat dengan mengutamakan makanan sehat dan bermanfaat untuk tubuh serta menghindari makanan yang memperburuk kesehatan Anda seperti makanan berminyak, tinggi gula dan garam serta makanan junk food akan menyebabkan masalah pada kesehatan Anda.

artikel terkait : Wanita dengan Kebiasaan Seperti Ini Berpotensi Kanker

Olahraga Rutin

Olahraga rutin membuat Anda akan semakin bugar. Asupan makanan yang kita makan sehari-hari hendaknya selalu mengalami proses pembakaran energi yang maksimal. Inilah yang bisa di bantu dengan olahraga. Proses olahraga akan membuat tubuh tidak memiliki kesempatan untuk mengendapkan makanan dan menjadi lemak. 

2 comments

  1. Proses penyerapan nutrisi yang berjalan optimal memang sangat penting buat kesehatan tubuh ya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. GERD itu apa sebuah singkatan nama penyakit bu?

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.