Sambut Kemudahan Transaksi dengan QRIS

Menyambut era Milenial generasi 4.0 Bank Indonesia memiliki terobosan baru yaitu dengan meluncurkan Quick Response Indonesia Standart (QRIS) atau dikenal dengan QR code Standart.




Apa itu QR Code

QR code adalah sebuah kotak ajaib yang berwarna hitam putih di dalamnya berisi kode-kode yang akan diterjemahkan sebagai bentuk cara mengidentifikasi suatu transaksi dengan identitas yang telah tersimpan sebelumnya.


QR code di buat dalam rangka penyempurnaan dari kode sebelumnya yaitu barcode yang memiliki keterbatasan karakter. QR code dapat mengidentifikasi 7 ribuan karakter numerik. Sehingga memungkinkan untuk mengkonfigurasi banyak transaksi dalam berbagai bentuk.

Selain itu QR code tahan terhadap kerusakan dan kecacatan fisik hingga 30% karena masih bisa terbaca oleh fitur error' correction.

Kemajuan teknologi yang berkembang membuat kita makin mudah melakukan sesuatu dengan lebih mudah dan cepat.

Beberapa keuntungan QR Code Standart adalah :


Unggul
Universal
Gampang
Untung


Baiklah akan kita bahas satu persatu keuntungan QR Code Standart yang pastinya banyak memberikan manfaat untuk pertumbuhan ekonomi negara kita.

Unggul

QR Code standar memiliki kelebihan unggul dibandingkan produk lainnya.

Cara menggunakan QRIS


1. Pilih dan buka aplikasi pembayaran yang diinginkan
2. scan QR code
3. Periksa nama mercandise
4. Isi sesuai nominal
5. Lakukan pembayaran


Universal

QR code dapat digunakan oleh semua marchandis tanpa terkecuali sehingga dapat dikatakan bahwa QR code adalah transaksi yang universal.

Anda bisa menggunakan untuk membayar jasa, pembayaran untuk pembelian barang maupun saat memesan menu makan siang.

Gampang

Hanya dengan scan QR code saja semua jenis transaksi dapat dilakukan dengan gampang tanpa perlu kartu maupun uang kertas. Menggunakan QR code dapat juga secara gampang melakukan segala bentuk pembayaran jasa seperti cuci mobil, layanan service AC dll tanpa direpotkan dengan syarat saldo.

Untung

QR code akan menguntungkan pengguna layanan baik sebagai pihak penyedia barang dan jasa maupun sebagai customer. Seperti halnya mesin komputer yang akan merekam data-data transaksi maka QR code akan menyediakan fasilitas pelaporan rekaman transaksi dalam bentuk yang kita inginkan. Satu QR code untuk semua jenis transaksi tentu banyak sekali yang diuntungkan bukan?

Seperti OVO, Go Pay, dan Link Aja

Masyarakat sudah mulai melirik uang digital yang saat ini sudah banyak diterapkan oleh merchandise di Indonesia, seperti OVO, Go Pay dan Link Aja adalah contoh riil yang dapat dilihat. Tak perlu menggunakan kartu, kita bisa langsung bertransaksi dengan saldo OVO tersebut.

Bagaimana ilustrasi penggunaan QR Code

Di sebuah resto Pak Ahmad dan Keluarga berencana memesan makan untuk merayakan ulang tahun pernikahan nya yang ke-20 tahun. Bu Ahmad memesankan sejumlah menu untuk masing-masing anggota keluarga yang terdiri dari 5 paket nasi putih, ayam bakar 2, SOP seafood 2, salad 3, serta jus 5 porsi. Selesai menyantap makan malam selanjutnya pak Ahmad pergi ke meja kasir dan membayar pesanan mereka dengan QR Code. Pak Ahmad akan melakukan scan QR code yang ada pada daftar harga ke pihak kasir resto untuk selanjutnya di scan pada aplikasi payment QR code di Smartphone pak Ahmad.
Hasil dari scan QR code tersebut akan diterjemahkan dlm bentuk transaksi pembelian yang langsung terhubung di rekening yang dimiliki oleh pak Ahmad.

Bagaimana mudah bukan? Jadi dengan QR code kita tak perlu lagi untuk membawa kartu lalu mengetikkan pin pada mesin saat melakukan pembayaran. Cukup menggunakan smartphone saja kita sudah bisa melakukan beragam transaksi di manapun.


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.