Solusi Terciptanya Keandalan Transportasi untuk Geliat Ekonomi dan Wisata Daerah

Kemajuan suatu negara tidak bisa lepas dari terkoneksinya daerah-daerah yang ada di negara tersebut. Karena dengan koneksivitas lancar maka menjamin semua distribusi barang dan jasa berjalan tanpa hambatan.




Berbicara konektivitas ini tak bisa lepas dari yang namanya transportasi. Salah satu moda transportasi yang akan membawa serta potensi alam di suatu daerah ke kota atau mendistribusikan apa yang ada di kota kepada penduduk desa.

Kemajuan kota tak lepas dari daerah -daerah yang menyokong kehidupan masyarakatnya yang berada di sekitar kota tersebut. Misalnya kota maju memiliki pasar yang segala macam kebutuhan di pasar harus di sokong dari desa-desa produsen barang kebutuhan masyarakat kota sehingga tak ada satupun kota yang dapat berdiri sendiri tanpa campur tangan kehidupan desa.



Inilah pentingnya transportasi. Oleh karena itu,  pemerintah mesti bijak memeratakan transportasi dari desa  ke kota, dari kota satu ke kota lainnya maupun antar daerah satu dan lainnya.

Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan pemerintah dalam menumbuhkan geliat ekonomi dan wisata daerah 

Membuka jalan antar desa

Pemerintah harus menjamin bahwa semua desa di negeri ini harus terhubung dengan jalan. Pastikan bahwa tak ada satupun desa yang terisolir atau tak memiliki jalan yang memadai untuk lalu lintas kendaraan roda empat. Mengapa mesti kendaraan roda empat? Karena kendaraan ini lah yang dibutuhkan masyarakat desa untuk membawa keluar hasil pertanian yang telah mereka kelola.

Jembatan memadai



Banyak sekali daerah di Indonesia yang berada di seberang sungai membutuhkan transportasi yang aman bagi mereka, untuk itu kebutuhan jembatan adalah mutlak bagi semua daerah yang membutuhkan. Membangun jembatan yang dapat dilalui oleh kendaraan roda empat serta melakukan pemeliharaan untuk jembatan yang telah rusak hendaknya menjadi sebuah prioritas pemerintah.

Membuat standarisasi jalan kabupaten dan  jalan provinsi

Beberapa daerah terpencil yang dilalui oleh jalan provinsi masih banyak yang belum memiliki standar kelayakan. Akibatnya bermacam-macam seperti faktor alam, usia dan bertambahnya jenis kendaraan yang melewatinya. Sehingga banyak jalan jalan provinsi yang sudah tidak layak digunakan seperti berlubang, rusak parah maupun patah dan retak.

Perlu adanya regulasi yang ketat kepemilikan kendaraan

Untuk menjaga agar jalan yang ada tetap terjaga maka perlu adanya regulasi yang ketat kepemilikan kendaraan yang tetap terhadap kendaraan roda empat dan roda dua. Misalnya satu keluarga punya anak tiga, suami istri kerja semua berarti dalam satu keluarga punya 5 kendaraan. Jika hal ini terjadi dalam setiap keluarga maka tentunya setiap saat penambahan kendaraan tak terbendung lagi. Oleh karena itu pemerintah harus segera meregulasi maksimum kepemilikan kendaraan dalam sebuah keluarga.

Karena tingkat polusi tingkat kebisingan tingkat kemacetan karena regulasi pemerintah terhadap kendaraan, memang tidak disalahkan tetapi perlu diatur sehingga tingkat kebisingan bisa berkurang.

Moda Transportasi Massal 

Pemerintah mengatur kebutuhan transportasi umum masyarakat perkotaan misalnya model transportasi terintegrasi, moda transportasi massal yang membawa masyarakat ke tempat tujuan tanpa harus menggunakan kendaraan pribadi. Alangkah baiknya kota-kota yang belum ramai bisa memikirkan hal tersebut. Jika hal tersebut berhasil di sosialisasikan ke masyarakat maka akan mengurangi kebisingan, angka kecelakaan, Kemacetan, dan Polusi udara. Transportasi sudah menjadi kebutuhan pokok di suatu kota oleh karena itu mesti ada aturan tentang transportasi untuk masyarakat tanpa mengganggu kepentingan mereka.

Jalan wisata

Geliat wisata sudah tak terbendung lagi di zaman yang serba digital seperti ini. Sebagai contoh saat viralnya objek wisata "negeri di atas awan" yang sempat menghebohkan jagad maya namun faktanya kemacetan menjadi halangan bagi para wisatawan untuk mengakses lokasi wisata akibat tak ada jalan alternatif untuk menuju lokasi wisata. Oleh karena itu pemerintah mesti jeli melihat potensi wisata sekaligus memperbaiki jalan-jalan penghubung ke lokasi wisata.

Merintis  Jalan Baru

Jalan yang telah ada saat ini tentu tidak sebanding dengan pesatnya pertumbuhan kendaraan yang terus meningkat setiap tahun. Pemerintah hendaknya merintis jalan baru yang dapat menjadi alternatif pengurai kemacetan. Apalagi di musim liburan yang pertumbuhan kendaraan tidak terbendung. Jalan baru tersebut akan menjadi pengurai kemacetan dan solusi berkembangnya wisata di suatu daerah. 

Semoga negeri kita semakin maju dengan geliat ekonomi dan wisata daerah yang kian berkembang. 


artikel ini diikutsertakan pada lomba yang diadakan oleh departemen perhubungan



19 comments

  1. Jembatan walau sederhana tapi memiliki peran yang penting.
    Baru sadar :")

    ReplyDelete
  2. Iya banget nih, Mbaaa
    klo mau ke spot wisata yg lagi viral, IG-able, dll itu, hadeehhh ujian kesabaran bgt pokoknya
    Maceeettt, akses jalan juga terbatas
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Saya setuju Mbak dengan moda transportasi massal yang harus disosialisasikan ke masyarakat. Di Jakarta transportasi massalnya sudah cukup banyak tapi tetap macet soalnya yang pakai kendaraan pribadi juga masih banyak banget hahahaha.

    ReplyDelete
  4. Aku setuju mba adanya pembatasan kepemilikian kendaraan bermotor di setiap keluarga. Cara tersebut bisa menjadi salah satu untuk mengurangi polusi udara.

    ReplyDelete
  5. Msalah transportasi kita emang masih banyak PR ya Mbak. Tapi emang sekarang udah bersyukur banyak perbaikan pula.

    ReplyDelete
  6. Setuju dengan semua ide di atas terutama regulasi kepemilikan kendaraan. Karena gegara aturan ganjil genap di Jakarta sebagian warga memilih memiliki 2 kendaraan, yang satu bernomor genap yang lain ganjil. Dan sayangnya mereka tidak punya garasi atau tempat parkir sendiri. hingga umumnya mereka parkir di pinggir jalan (meski di depan rumah sendiri) tapi yang akhirnya mengganggu lalu lintas

    ReplyDelete
  7. Makin kesini moda transportasi makin berkembang. Tapi disisi lain di daerah pelosok masih banyak jalan yang jalannya belum memadai. Kadang sedih lihat berita di tv

    ReplyDelete
  8. Sekarang moda transportasi makin mudah dan beragam. Semoga juga makin terjangkau dan nyaman digunakan

    ReplyDelete
  9. Bener banget pembangunan jalan ke tempat wisata, apalagi tempat wisata baru memang diperlukan supaya pengunjung juga merasa nyaman. Kan nggak asyik banget kalau niatnya mau refreshing ke tempat wisata, eh malah jadi uring-uringan karena jalan macet atau jelek

    ReplyDelete
  10. Yes aku setuju banget bahwa malah transportasi ini sangat vital.Lihat saja bagaimana sekarang kita dimudahkan dengan srana prasarana transportasi yang mendukung hajat hidup sehari-hari. Mau ke mana pun mudah, cepat dan rasanya jarak bukan lagi menjadi halangan.

    ReplyDelete
  11. Regulasi kepemilikan kendaraan pribadi yg diikuti dengan peningkatan moda transportasi publik yang handal, bisa mengatasi kemacetan lalu lintas dan mengurangi polusi udara. Semoga semua sektor pembangunan senantiasa berorientasi ramah lingkungan, termasuk sektor transportasi ini

    ReplyDelete
  12. Untuk moda transportasi masal saya dukung banget ni. Selain mengurangi kemacetan, akan lebih nyaman jika memang fasilitas dan kenyamanannya dioptimalkan, termasuk keberangkatan dan jam sampai yang terjadwal. Pasti oke banget

    ReplyDelete
  13. Transportasi memang penting untuk mendorong kemajuan ekonomi, ngebahasnya seru enggak ada habisnya... Semoga semakin baik ya sistem transportasi di negara kita :)

    ReplyDelete
  14. Permasalahan transportasi memang masih banyak banget ya mbak, baik yang ada didaerah maupun di kota besar dengan masalahnya masing-masing. Mudah-mudahan kedepan makin baik. Semoga sukses untuk lombanya 😉

    ReplyDelete
  15. Infrastruktur yang memadai (khususnya jalan raya dan jembatan) emmang salah satu hal yang harus dibenahi jika ingin maju di sektor ekonomi dan wisata. Kalau jalanan mulus transportasi jadi lancar, berwisata pun jadi lebih menyenangkan.

    ReplyDelete
  16. Bener banget kalau transportasi dari desa ke kota, dari kota satu ke kota lainnya maupun antar daerah satu dan lainnya harus di ratakan

    ReplyDelete
  17. Transportasi skrg memang mudah dan banyak macemnya ya mak. Tinggal gimana cara agar makin murah. Kayak ke surabaya dari jakarta cepet sekarang walau masih mahal buatku

    Semoga makin banyak solusi ya mak. Gutlakkk

    ReplyDelete
  18. Nah nah, gak perlu jauh2 mikir misal transportasi masal yg canggih dulu, di artikel ini kasusnya oke banget soal "jembatan", walau "cuma" jembatan saya rasa juga cukup krusial ya mbak :D
    Pernah mengalami gmn susahnya harus muter dulu soalnya, kalau ada jembatan bisa lbh efisien dlm hal waktu hehe. Moga2 ya makin banyak jembatan dan jalan makin bagus utk kebutuhan transportasi/ perhubungan.

    ReplyDelete
  19. Semoga daerah2 yang belum terhubung segera dapat perhatian lebih dulu untuj pembangunan, biar segera merata ekonominya

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.