Ramah Lingkungan Ini Kelebihan Gaya Skandinavia Lagom pada Hunian

Tau gak sih apa kebahagiaan dalam hidup? Punya pekerjaan nyaman, kebutuhan tercukupi, hunian juga nyaman serta keluarga yang tentram. Mungkin bagi sebagian orang kebahagiaan itu relatif tak bisa diukur tergantung orang yang menjalaninya bukan? Bahkan punya uang banyak pun belum tentu bisa bahagia.




Dalam hal hunian juga demikian tidak bisa kita mengukur kebahagiaan orang dari rumah yang besar halaman yang luas atau hunian yang megah. Banyak sekali orang 'kaya' yang mencari kebahagiaan di luar rumah bukan?

Nah, tentu rasa nyaman itu yang harusnya kita ciptakan terlebih apabila kita memiliki hunian  sendiri maka menciptakan kenyamanan di dalam hunian kita wajib hukumnya kalau kita ingin mendekat dengan kata bahagia. Setidaknya satu unsur terpenuhi dari banyaknya unsur kebahagiaan tersebut.

Salah satu gaya hunian yang dikagumi keluarga milenial saat ini adalah gaya Skandinavia. 

Asal Usul Gaya Skandinavia

Skandinavia adalah negara-negara yang terletak di Eropa timur yang terdiri dari Norwegia, Swedia, Finlandia, Denmark dan Islandia. Ciri khas hunian Skandinavia adalah bersih, indah dominasi warna putih dan berjendela besar agar mengoptimalkan cahaya matahari masuk di dalam rumah. Desain Skandinavia pertama kali diperkenalkan oleh para desainer hunian di tahun 1950-an pada pameran desain Amerika dan Kanada. 

Negara-negara Skandinavia mengalami 4 musim sehingga mereka harus mengadaptasi hunian dengan kondisi iklim yang ada. Selain itu prinsip bersahabat dengan alam, mengurangi pemakaian energi listrik serta mengoptimalkan energi yang ada adalah salah satu insfirasi gaya desain Skandinavia dalam hunian. 

Dalam perkembangannya gaya skandinavia ternyata diminati oleh banyak keluarga muda dan mengaplikasikannya dalam hunian mereka. Kesan nyaman dan bersahabat menjadi point penting bagi pemncinta gaya skandinavia. 


Unsur unsur Skandinavia dalam sebuah hunian setidaknya memenuhi beberapa hal antara lain :

Cat putih
Perabot kayu
Lantai terang
Aksesoris yang minim

Cat putih dengan aksen abu-abu adalah ciri khas dari hunian bernada Skandinavia. Putih lebih berkesan natural, bersih dan bersahabat.



Prinsip Fungsional 

Gaya Skandinavia mementingkan fungsional daripada estetika. Para desainer lebih mementingkan fungsi dan kebutuhan konsumen sekaligus keindahan dalam gaya ini. Sehingga kesan nyaman namun bermanfaat untuk kebutuhan pemiliknya.



Pada interior hunian bergaya Skandinavia nuansa putih akan terlihat sangat kentara. Perabot kayu yang menjadi pelengkap juga menjadi keunikan gaya skandinavia sehingga nuansa ruang sangat bersahabat. 

Material Kayu




Desain skandinavia lebih  menonjolkan material kayu pada bahan-bahan seperti perabot, lantai maupun bahan utama. Material kayu yang diaplikasikan pada lantai terkesan lebih hangat, dan alami. Sehingga unsur kayu masih terlihat lebih menonjol. 

Warna monokrom dominasi putih




Desain skandinavia lebih menonjolkan warna monokrom dengan tambahan warna abu-abu, metalik. Sedangkan warna putih diaplikasikan pada dinding, kain pada perabot dan sprei untuk ruang kamar tidur, alas sofa, dll. Kesan homey akan lebih terasa saat memasuki ruangan bertema skandinavia.

Rumah yang memiliki tema skandinavia akan terasa lebih hangat karena kesan yang terdapat pada warna putih serta bukaan yang maksimal. Nah, kalau kamu suka rumah bertema apa? Untuk lebih jelas mengenai desain rumah bertema skandinavia silahkan kunjungi website www.skandinavia.co.id




#skandinavialagomminiblogcompetition

" Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Skandinavia apartments"

23 comments

  1. melihat postingan ini aku jadi pengen beli rumah dan berjendela besar agar cahaya matahari masuk di dalam rumah dan membunuh kuman-kuman manjah ituh! ....Semoga tercapai, yuhuuu!

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget rumah dengan gaya dan interior skandinavia. Bahkan punya bikin kategory khusus di IG buat simpen foto-foto inspirasi desain skandinavia. Cakep-cakep banget.

    ReplyDelete
  3. style skandinavia emang OYEEE banget ya Mak.
    Enak dipandang gitu lho.
    Bikin tenang
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Rumah model skandinavia sekarang lagi in ya di Indonesia. Banyak rumah yang di rombak jadi model baru,terus di daerah ku banyak perumahan yang model ya juga nggak jauh jauh sana skandinavia

    ReplyDelete
  5. bisa jadi inspirasi nih kalau nanti mau bangun rumah, interior dari kayu dan dipilih sesuai fungsinya akan membuat lebih efisien di dalam rumah, nggak terlalu banyak barang

    ReplyDelete
  6. Aku suka nih gaya Skandinavia, simpel ngak terlalu banyak ornamen, dominasi cat putih terus tiangnya tinggi-tinggi...kokoh gitu, cocok buat rumah di daerah seperti Indonesia yang banjir cahaya matahari jadi lebih hemat energi, tapi sekarang mah cukup lihat desainnya dari TV atau gambar hahaha.

    ReplyDelete
  7. Rumahku kayaknya ngga bisa dijadiin bergaya skandinavia karen udah banyak perabotan berat yg dibeli jaman dulu :D padahal kalau liat rumah pake gaya skandinavia ini jadi bersiih & lapang gitu :D

    ReplyDelete
  8. aku juga suka dengan warna-warna natural seperti putih, rumah kelihatan lebih terang dan nyaman...

    ReplyDelete
  9. Rumah Skandinavia itu kesannya bersih dan homey ya mbak, aku suka lihat model rumah seperti ini di Google. Furniture nya juga kesannya sederhana namun memang yang penting fungsinya

    ReplyDelete
  10. saya juga lagi pengen memutihkan rumah nih, kayaknya lebih fresh dan leluasa

    ReplyDelete
  11. Waah baru tau asal usul rumah bergaya Scandinavia ini mbak. Banyak unsur kayu agar berkesan hangat ya.

    ReplyDelete
  12. Aku suka rumah yang berlantai kayu, tapi belum kesampaian sih di rumah sendiri soalnya takut repot perawatannya maklum gak ada yang batuin

    ReplyDelete
  13. Cocok jga untuk diterapkan di Indonesia ya Mbak gaya Skandinavia ini, lantai kayu, jendela besar, jadi rumah terang dengan pencahayaan alami..

    ReplyDelete
  14. Aku suka gaya Skandinavian meskipun belum kesampaian. Karena dominan warna putih jadi masih ngeri sama anak-anak. Mereka paling gak tahan lihat tembok atau barang putih bersih. Tangannya berasa gatel aja pengin nyoretin.

    ReplyDelete
  15. Auto pengen renovasi rumah deh liat postingan ini. Kebetulan kamar sebelah masih perlu renovasi nih. Thanks berat inspirasinya loh

    ReplyDelete
  16. Saya termasuk yang suka dengan rumah dengan gaya skandinavia, keliatannya bersih dan nyaman ya ...
    Untuk di rumah baru menerapkan penggunaan cat warna putihnya, yang lainnya menyusul deh hihihi

    ReplyDelete
  17. Aku jadi bayangin interior rumahku dengan nuansa putih dengan sentuhan kayu. Asik, adem dan bikin betah, hihihi. Good Luck buat lombanya ya

    ReplyDelete
  18. Desain rumah skandinavia itu unik banget, dan aq baru tw sejarah merrka puxa desain rumah kaya gitu, pengen banget sih ad desain rumah monokrom jg

    ReplyDelete
  19. Salah satu impianku nih punya rumah berlantai kayu. Adem kayaknya ya. Semoga suatu saat kesampaian. 😁

    ReplyDelete
  20. Akupun kpingin bnget deh punya Gaya rumah kayak gini antik ya mba,,, suka Sana unsur kayu terlebih warna coklatnya mba

    ReplyDelete
  21. Wah, salah satu rumah impianku nih. Pake lantai kayu. Kayaknya nyaman dan adem. Semoga bisa segera kesampaian 😁

    ReplyDelete
  22. Rumahku mak scandinavia harusnya. Cuma kebanyakan barang jadinya entah tema apa sekarang. Kalau warna black and white karena aku emang suka warna item putih abu. Trus gagal lagi jadi berwarna kena mainan anak-anak xD

    ReplyDelete
  23. Nuansa monokrom gini oke juga ya. Rumah kelihatan bersih dan simple gitu desainnya, ga neko-neko. Apalagi dipadukan dengan perabot kayu, semakin menghangatkan suasana.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.