Mengulas Tentang Fitur dan Cara Menggunakan Lensa Tele Kamera

lensa tele kamera


Tumbuh dan besar di zaman digital seperti saat ini jadi mestimelek fotografi ya. Hampir semua media sosial maupun konten-konten digital memerlukan foto untuk menyampaikan sebuah pesan. Nah kali ini aku akan Mengulas Tentang Fitur dan Cara Menggunakan Lensa Tele Kamera untuk menghasilkan foto terbaik dan dapat dinikmati oleh semua pihak. 

Ketika memilih kamera yang tepat ada banyak hal yang perlu diperhatikan sehingga akan mendapatkan kamera terbaik. Bisa dari jenisnya yang mempunyai banyak pilihan di pasaran dari kamera pocket seperti kamera digital, kamera yang digunakan profesional seperti kamera mirrorless dan DSLR, dan juga ada karena mini yang mempunyai ciri khas dengan ukurannya yang kecil seperti kamera aksi, kamera dashboard, dan juga spy camera. Selain membeli kamera, untuk mendukung kerja kamera tersebut adalah dengan membeli lensanya. Dimana ada banyak jenis yang ada salah satunya dengan memilih jenis lensa tele kamera.

Lensa tele atau telephoto adalah jenis lensa kamera yang bisa digunakan untuk dapat membuat subjek gambar yang akan diambil mempunyai gambar yang lebih baik walaupun diambil dari jarak yang jauh. Sehingga jenis ini sangat bermanfaat untuk digunakan dengan fungsi mengambil gambar dalam wildlife fotografi ataupun untuk sports fotografi. Ketika akan membeli jenis lensa ini ada beberapa range focal length yang disediakan untuk dipilih yaitu jenis untuk fotografi makro dan juga portrait. Jenis lensa tele ini sendiri mempunyai kemampuan dapat untuk meminimalkan distorsi pada gambar sehingga akan tampak natural walaupun diambil dari berbagai angle. Sehingga akan membuat hasilnya menjadi lebih panjang dan lebar seperti pada jenis fotografi landscape. Sekarang ini lensa tele ini juga mempunyai ukuran yang lebih kecil sehingga akan lebih mudah untuk dibawa dan beratnya lebih ringan. Dimana untuk menggunakannya bisa untuk memanfaatkan fitur dan fungsi yang dihasilkan seperti berikut ini.

artikel terkait : Aplikasi Pantau Anak Menghindari Kecemasan Orang Tua

1. Subjek jauh yang bisa tampak lebih dekat

Fitur utama yang ditawarkan oleh lensa tele kamera tentu saja adalah dapat membuat hasil gambar yang jauh tampak lebih dekat. Sehingga walaupun gambar yang diambil dari jarak yang jauh gambarnya tidak akan kecil karena bisa untuk diperbesar dan menghasilkan gambar yang sesuai dengan subjeknya. Dan detailnya juga sangat baik sehingga hasilnya sangat memuaskan karena mempunyai hasil yang bagus.

2. Meminimalkan blur

Kegunaan selanjutnya dari lensa tele ini adalah dapat untuk meminimalkan blur ketika mengambil objek gambar. Hal tersebut karena focal length yang lebih panjang akan mempunyai resiko yang lebih besar untuk menghasilkan gambar yang blur dan tidak jelas. Oleh karena itulah dengan bantuan menggunakan lensa kamera tele ini akan lebih membuat gambarnya lebih jelas dan meminimalkan blur ketika memotret. Untuk mendapatkan hal tersebut Anda bisa untuk memilih setting shutter speed atau juga setting ISO sehingga bisa untuk menghasilkan gambar yang lebih fokus.

3. Focal length lensa tele

Untuk pilihan lensa tele yang ada di pasaran ada dua varian yang bisa dipilih yaitu prime dan juga zoom. Kelebihannya adalah pada fleksibilitasnya dalam mengambil gambar. Ada banyak pilihan focal length lensa tele yang bisa dipilih dimana ukurannya dari 85 mm hingga 800 mm yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, teknologi yang ditawarkan, dan juga harganya yang bisa dipilih dengan belanja online atau di toko kamera offline.

artikel lainnya : Isi Waktu bermain Anak dengan Permainan unik 

4. Aperture

Untuk fitur lainnya dari lensa tele kamera ini adalah aperture. Fitur ini sangat baik untuk dapat mengambil gambar subjek yang bergerak dengan lebih baik seperti pada balapan motor dan juga berbagai event olahraga lainnya. Fitur ini akan dapat untuk menghasilkan gambar yang diinginkan dengan pilihan shutter speed yang dapat untuk mencegah blur. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna juga lebih disarankan menggunakan tripod.

Nah, bagaimana sudah siap untuk cekrek-cekrek lagi? Demikian artikel tentang Mengulas Tentang Fitur dan Cara Menggunakan Lensa Tele Kamera. Semoga bermanfaat

23 comments

  1. Lensa tele ku sudah dijual, soale agak berat buat dibawa2 tapi sangat bermanfaat mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul berat dan gak bisa masukin koper ya, takut ilang kalau bepergian jauh

      Delete
  2. Masih belum tahu apapun soal lensa tele :o Foto pun masih pakai kamera hp XD Nice share, Mbak, saya juga pingin belajar fotografi untuk memaksimalkan blog

    ReplyDelete
  3. Tele emang bagus untuk jepret manual, terimakasih sudah berbagi..

    ReplyDelete
  4. belum punya lensa tele... blom sempat lagi belajar fotographi sejak punya anak. huhuhu kameraku dah lama nganggur nih😐

    ReplyDelete
  5. kalo baru pertama pakainya rada ribet ya.. Kudu byk praktek cara pakai kamera tele..

    ReplyDelete
  6. Pengen beli lensa nih buat si sony a5000 saya. Soalnya kalau pake lensa fix, fokusnya ga begitu pas :(

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen belajar lagi motret pake tele, dulu sempet punya, dan jual beli kamera/ lensa juga, abis tak juaaal hahaaa

    ReplyDelete
  8. Dulu ngerasa butuh banget lensa tele. Berguna banget buat moto yang jauh-jauh. Tapi belakangan ini aku lagi ngincer lensa fix. Biar bisa bikin foto deep of field.

    ReplyDelete
  9. Suamiku yg lagi naksir lensa tele tapi blm mufakat denganku haha. Ntr2 aja kalau sama2 dah jago motretnya. Btw makasih tips dan triknya :D

    ReplyDelete
  10. Iya mba, aku aja naksir lensa tele nya sony, tapi pas tau harga nya jadi mundur cantik aja dulu hahahaha

    ReplyDelete
  11. Mungkin suatu saat pingin juga belajar fotografi. Sementara ini kalau moto objek cukup pakai kamera gawai ^^

    ReplyDelete
  12. Aku belom punya lensa tele mbak.. Masih harus belajar fotografi dasar dulu soalnya.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.