Aplikasi Pantau Anak untuk Mengatasi Kecemasan orang Tua

[lifestyle]




Zaman digital atau era milenial sangat akrab dengan yang namanya teknologi. Semua peralatan terkoneksi dengan perangkat digital dan bisa diakses dimana saja.

Namun kecanggihan teknologi tersebut bukan tidak mungkin memiliki kelemahan antara lain untuk anak-anak. Misalnya apabila orang tua memberikan perangkat smartphone kepada anak lalu mereka mengakses konten yang tidak semestinya tentu akan menjadi masalah juga buat orang tua.

Untuk itu diperlukan suatu perangkat lunak yang bisa menjaga anak-anak selama mereka tidak dalam pengawasan orang tua. Setidaknya ketika mereka bersama temen temannya kita bisa tau apa saja yang mereka lakukan dan dimana keberadaan mereka.

Perangkat ini mestilah terhubung dengan smartphone orang tua agar setiap saat orang tua bisa mengakses keberadaan anak serta apa saja yang mereka lakukan.

Misalnya ketika anak anak sedang di sekolah maka keberadaan anak tergambar di smartphone. Saat mereka  berada di rumah sedangkan orang tua sedang bekerja mereka bisa terpantau dengan baik. Sedang bermain apa, sudah makan apa belum, bagaimana keamanannya dll. 

Aplikasi ini kalau betul-betul ada tentu sangat membantu orang tua menjaga anak-anak mereka tanpa perlu khawatir keselamatan ananda.

Apa saja fitur yang harus dilengkapi dalam aplikasi pantau anak:

1. Pantau Aktivitas Media Sosial Anak



Dengan aplikasi Pantau anak, orang tua dapat mengawasi aktivitas media sosial anak, pertemanan di dunia maya, konten-konten yang di perbolehkan maupun yang dilarang untuk diakses maupun hal-hal yang mengancam perkembangan pemikiran anak.

2. Pantau Keberadaan anak

Orang tua mesti mengetahui anak anak berada di mana, posisinya sedang aman atau tidak. Siapa saja teman bermainnya. Aplikasi ini memungkinkan anak untuk selalu dalam pegawasan orang tua. 

3. Pantau Kebutuhan anak

Saat tidak bersama orang tua, hal yang paling dicemaskan adalah anak anak membutuhkan sesuatu yang dia sendiri tidak bisa mendapatkannya misalnya saat di sekolah anak-anak ketinggalan buku pr orang tua dapat memantaunya dan mengantarkannya.

4. Pantau orang-orang di sekeliling anak

Ada suatu kondisi saat anak anak harus ditinggalkan atau berada jauh dari orang tua, maka untuk menghilangkan rasa was-was orang tua perlu tau bahwa anak anak tidak berada di tempat yang salah, untuk itu setidaknya orang tua wajib memperhatikan orang -orang yang ada di sekitar anak.

Apabila aplikasi ini benar-benar dapat diakses oleh masyarakat tentu sangat membantu sekali ya kan? orang tua  bisa aman melepas anak-anak bermain dengan teman-teman mereka, anak-anak juga bebas berkreasi di jalur yang semestinya.

Kebetulan ada even IWIC 11 yang sedang diadakan pada penghujung tahun ini. Jadi ide tentang aplikasi Pantau Anak ini akan aku ajukan ke even IWIC 11 agar benar-benar terealisasi. 

Tentang IWIC 11

IWIC 11 itu adalah even tahunan dari Indosat yang bernama Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest (IWIC). Saat ini even IWIC telah dilakukan sejak 2006 dan secara konsisten terus menerus melakukan inovasi dalam menyelenggarakan even yang bertujuan untuk mengembangkan karya anak bangsa.

Pada ajang IWIC ini kita dituntut untuk dapat mengembangkan inovasi digital seperti membuat aplikasi-aplikasi yang memudahkan aktivitas sehari-hari. Selain mengembangkan invoasi digital di IWIC 11 ini kita juga bisa ikut serta hanya dengan menuliskan ide-ide di berbagai bidang seperti kuliner, travel, entertainmen dan lain-lain.

Tujuan dari diadakan IWIC lainnya adalah untuk mendorong dan mendidik generasi muda untuk berinovasi melalui aplikasi digital serta mendorong tumbuhnya para pencinta konten bukan pengguna konten.

Info lengkapnya silahkan di lihat di sini :

Facebook Fanspage : Indosat Ooredoo IWIC
Twitter   : @IsatOoredooIWIC
Instagram : @indosatooredooiwic
Untuk dapat berpartisipasi dalam even IWIC 11, setiap orang dari berbagai latar belakang bisa ikut serta, mahasiswa, pelajar, umum maupun pegawai atau swasta dapat mengajukan proposal ke IWIC 11. Nantinya proposal tersebut akan di seleksi dan di pilih oleh tim IWIC 11 dan yang terpilih akan mendapatkan kesempatan mengeksekusi idenya menjadi aplikasi yang dapat membantu orang banyak. Gimana keren banget kan?

Jadi tunggu apalagi ayo kita berpartisipasi dalam even IWIC 11 siapa tau ide atau proposal kita dapat terealisasi dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Cara Berpartisipasi :

Untuk berpartisipasi dalam even IWIC 11 kita perlu memiliki ide tentang sebuah aplikasi yang dapat meringankan pekerjaan dalam bidang apapun itu.

Temukan Ide

langkah pertama yakni menemukan ide. Mungkin banyak sekali yang kita lakukan sehari-hari membutuhkan bantuan pihak lain untuk meringankan pekerjaan kita sehari-hari. Nah, tulislah ide tentang sebuah aplikasi apa yang dapat membantu aktivitas orang banyak tentunya ide tersebut adalah ide orisinil kita bukan ide orang lain.

Membuat proposal




Setelah ide telah didapat saatnya membuat proposal dalam bentuk slide yang dapat di buat di google slide. Buatlah proposal sekreatif mungkin serta jelas maksud dan tujuannya

Submit proposal/ide

Submit proposal ke even IWIC 11 dengan melengkapi data diri yang selengkap-lengkapnya.



Setelah selesai artinya kita tinggal menunggu apakah ide tersebut di terima oleh panitia IWIC 11. Siapa tau kita adalah salah satu orang yang beruntung mendapatkan kesempatan untuk mempatenkan ide aplikasi yang telah kita ciptakan.

Selamat berkarya!

36 comments

  1. Bener banget ya, Mbak.
    Andai aja ada aplikasi gini. Bikin emak jaman now lebih update dan ga terlalu was-was dengan aktivitas digital anak.

    ReplyDelete
  2. Keren bgd idr aplikasinya. Kalau ada begini mah aku mau deh punya aplikasinya mbk.

    ReplyDelete
  3. Keren banget itu idenya, Mbak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga ada beneran ya panggil programer nih

      Delete
  4. Kalau ada aplikasi gitu, aku bakal terbantu banget. :D

    ReplyDelete
  5. Aplikasi sederhana yang menunjang aktifitas sehari-hari pasti bermanfaat bangeet. Ide aplikasi pantau anak ini bagus juga, jadi orang tua nggak was-was lagi ya.

    ReplyDelete
  6. idenya keren mba sangat membantu buat zaman now y mba :)

    ReplyDelete
  7. Wah bagus banget kalau ada applikasi yg kayak gini...bisa memantau anak. idenya keren banget.. smg bis terealisasi ya mbak😊

    ReplyDelete
  8. mbak idenya keren banget. penting tuh aplikasi yang bisa memantau aktivitas media sosial dan siapa orang orang di sekeliling anak. hari gini kan.... emak bawaannya gelisah aja, hehe

    ReplyDelete
  9. pasti setiap orang tua bakalan download aplikasi ini...biar enggak was was..

    ReplyDelete
  10. anak jaman now sering ngilang, pakai aplikasi ini kan mudah nyarinya haha

    ReplyDelete
  11. Pantau aktivitas sosmed anak secara manual sudah saya lakukan Mbak..Anak saya bikin Ig waktu umur 13 tahun
    Saya berteman dengannya di Ig, kadang kami bahas komen temannya, dll. saat dia sekolah, saya sering cek aktivitas sosmed di HPnya juga..
    Tapi kalau ada aplikasi seperti di atas, bisa sangat terbantu saya mah..

    ReplyDelete
  12. Penting bgt nich, sebagai orangtua kudu ngerti anak sedang apa, menggunakan media sosial apa dan ngapain aja di internet. Apalagi anak usia sekolah ya. Idenya keren bingit mbak, semoga ada ya aplikasi yg seperti ini

    ReplyDelete
  13. keren nih mbk,, perlu banget aplikasi ini..

    ReplyDelete
  14. Jaman makin canggih yaa, makin dipermudah deh memantau anak2 jaman now,nah buibunya jangan mau kalah, kudu donlot aplikasi ntu biar kekinian..

    ReplyDelete
  15. Keren mbak, semoga idenya diterima yaa. Saya juga sudah daftarkan ide saya, walau agak dadakan semoga aja mudah dimengerti dan diterima.. :)

    ReplyDelete
  16. Idenya bagus mbak. Cocok untuk orang tua jaman now hehe

    ReplyDelete
  17. Nice ideaaa! Jaman canggih emang semua harus memudahkan ya Mba :)

    ReplyDelete
  18. Aktivitas anak di media sosial nih penting banget dipantau ya mbak..

    ReplyDelete
  19. Baru tahu saya aplikasi ini. Boleh juga ya dicoba. Makasih ya mbak atas infonya :-)

    ReplyDelete
  20. entah mengapa saya masih menolak anak2 tumbuh bersama digital service .. paling banter nonton tipi bareng.. tp ga tau juga.. kl anak2 udah makin besar bakal kaya gimana.. skrg mrk masih 4 th .. (no no..bukan masih.. tp udah 4 tahun) .. apapun ikhtiar kita..mdh2an memgajarkan anak tetap brda di jalur fitrahnya bisa bikin apps natural di tibuh si anak berubah chips ketauhidan.. aamiin...

    ReplyDelete
  21. Hmm...aplikasi yang sesuai sama kebutuhan kita? Kereeen...😊

    ReplyDelete
  22. Mantap idenya mbak. Semoga bisa dikembangka sama drveloper.

    ReplyDelete
  23. Wah mantab banget mba idenya. Kalau sampai beneran terealisasi bakalan sangat dicari oleh para ortu nih. Semoga segera terwujud yaa mba

    ReplyDelete
  24. Mba, idenya keren banget ini. Pasti akan ngebantu banget para ortu. Hayuk ditindaklanjuti, ya! Sukses selalu, Mba Yurma! :)

    ReplyDelete
  25. Idenya bagus mbak. Tapi kalau si anak bisa non aktifkan si aplikasi repot juga sih. Heheh

    ReplyDelete
  26. Kretif banget ini idenya mbak, Sehingga para orang tua dapat memantau terus anak2 dimanapun dan kapanpun

    ReplyDelete
  27. Ayo Mbak Yurmavita ikutan, kali idenya bisa terealisasi gtu :D
    Tinggal gandeng tmn programmer kali ya buat eksekusi bikin aplikasinya hehe

    ReplyDelete
  28. Beneran kece banget deh..ini kalau ada aplikasinya.., anak2 memang selalu harus dlm pengawasan..miita..mereka labil dan gampang terpengaruh..

    Good luck aja deh..

    ReplyDelete
  29. anak saya dibatasi menonton untuk film edukasi. kayaknya kalau saya tidak akan memberi anak hape sampai usia SMP.

    ReplyDelete
  30. Wahahaha ide aplikasi pantau anak ini memang ide keren. Kefikiran juga apalagi kalau anak-anak udah remaja yang sudah mengenal dunia digital juga.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.