Pantai Pulau Cingkuak keindahan alami nan terkenang di hati

[traveling]
plang merek Pulau Cingkuak

Yuhuuu traveling lagi.
Kali ini kita akan pergi ke suatu pulau yang sangat cantik memukau yaitu Pantai Pulau Cingkuak.

Cuaca sedikit tidak bersahabat saat kapal yang membawa kami ke Pulau Cingkuak. Terlihat kapal-kapal kecil bersandar di dermaga mini yang terbuat dari kayu-kayu mirip jembatan, sebagai tempat mendarat sekaligus memudahkan pengunjung untuk turun dari kapal menuju daratan. 

Spot foto yang cukup diminati oleh pengunjung di sini. Ada plang 'selamat datang' yang sangat sederhana terbuat dari papan dengan tiang kayu sebagai tonggaknya menjadi penanda berlabuhnya kapal-kapal di pulau Cingkuak.

Kapal-kapal kecil yang terlihat terombang ambing di air terlihat beragam ada yang berupa perahu kecil tidak memiliki atap ada juga yang terlihat sedikit mewah dengan atap dan bercat cukup bagus. 

Untuk menuju lokasi pengunjung dapat menyewa kapal kecil yang dengan biaya yang sangat terjangkau yakni Rp 20.000 saja. Lokasi dapat diakses dari pantai Carocok Painan Sumatera barat. Kapal kecil yang membawa dapat dimuat sekitar 4-8 orang.


wisata air di Pulau Cingkuak


Di pulau Cingkuak ada beberapa wisata air yang dapat Anda pilih antara lain Banana boat, Rolling Boat, Crazy Uffo dengan tarif yang terjangkau. Karena kunjungan ke Pulau Cingkuak masih dengan cuaca yang mendung terlihat aktivitas wisata terlihat sepi. Jika suasana liburan dengan kondisi cuaca cerah tentu sangat baik untuk berwisata banana boat. 


Di pulau terlihat beberapa pondok-pondok yang dapat di gunakan pengunjung berisitirahat dari panas dan hujan atau sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan sekeliling pantai. Beberapa pondok-pondok sengaja dibangun lebih besar dan dapat di sewa untuk kebutuhan acara-acara tertentu. 

Jangan dibayangkan seperti penginapan dan hotel mewah atau resort-resort untuk kalangan tertentu, Pulau Cingkuak masih terlihat alami. sehingga pengunjung bisa menjadikan tempat untuk berwisata yang jauh dari hingar bingar. 

Area pantai yang dangkal dengan bebatuan karang-karang kecil alami menjadi tempat hidup hewan air yang nyaman. Suasana ombak juga sangat bersahabat meski sesekali dalam bulan-bulan tertentu potensi badai bisa saja terjadi. 

Di sepanjang pantai terlihat pohon-pohon besar yang menjadikan suasana pantai kian sejuk, bahkan beberapa pohon terlihat menjangkau air pantai sehingga pengunjung dapat terhindar dari sinar matahari langsung.




Jika ingin berkeliling di pulau pengunjung juga dapat berjalan kaki menyusi pantai dengan suasana yang sangat nyaman. sesekali kita akan berpapasan dengan pengunjung lainnya yang juga mengunjungi pantai bersama kolega mereka. 



menggunakan perahu kecil menuju Pulau Cingkuak


Suasana laut yang tenang sangat memudahkan lalu lintas kapal-kapal kecil mengantar jemput pengunjung yang akan ke Pulau Cingkuak. Jika memiliki keberanian mendayung sendiri Anda bisa saja menyewa kapal tapi jaminan keselamatan tentu harus ditanggung sendiri hehe.

artikel lainnya : Pantai Carocok nan memukau

Jika berminat ke Pulau Cingkuak, ada baiknya Anda membawa bekal berupa makanan dan minuman sendiri hal ini untuk menghindari Anda kelaparan dan membutuhkan makanan di pulau Cingkuak, kalaupun ada bebeapa yang berjualan di sekitar pulau Cingkuak bisa saja tidak sesuai dengan selera Anda kan. Jadi untuk mengantisipasinya lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berkunjung. 

Selain itu disarankan membawa baju ganti karena jika ke Pulau Cingkuak tidak bermain air rasanya belumlah lengkap haha. So selamat berkunjung ke Pulau Cingkuak




45 comments

  1. meski belum ada resort resort yang penting keindahannya bisa dinikmati dan tetap alami

    ReplyDelete
  2. Udah pernah denger nih pantai cingkuak. Belum pernah kesana sih tapi kayaknya keren bgt. Tapi sayang ya cuacanya gak mendukung..gkbs ditebak sih kalosoal cuaca mah.

    ReplyDelete
  3. Biaya naik kapalnya rumayan lah, padahal bisa untuk orang banyak yah. Kalau di sini pasti mahal, gak boleh naik kapal harga segitu. Pantainya cantik ya :D

    ReplyDelete
  4. Foto di perahunya kok terlihat agak mendung ya, Teh..hehe
    Tapi tetep asik ini mah, jadi kangen naik perahu lagi..

    ReplyDelete
  5. Makanan di pantai emang Mahal ya. Ada yg jualan seafood gak

    ReplyDelete
  6. Masih alami ya masih bersih
    Kalau ke pantai masih suka cari ikan dan kerang saya mah hehehe

    ReplyDelete
  7. Biaya masuknya berapa? Apakah masih gratis?

    ReplyDelete
  8. Cingkuak dimana yaa, mba?
    Suasananya mendung yaa...asik banget buat main di pantai.
    Hanya hati-hati anginnya pasti kencang sekali.

    ReplyDelete
  9. Airnya jernih banget.. Masih alami juga..

    ReplyDelete
  10. Naik di perahu kecil, bayar apa nggak mba? Udah lama nggak naek perahu. Hhehee

    ReplyDelete
  11. Wah, perlu dicoba nih kalau ke Sumbar.

    ReplyDelete
  12. Selalu suka pantai. Pantai ini bersih banget y mba, masih alami. Pantai di Utara pulau Jawa sudah banyak yang memprihatinkan

    ReplyDelete
  13. Dududududu, jadi pengen mantai. Tapi yang ini jauh di sumatera.
    Btw Bunda suka ke pantai yaa, tulisannya kebanyakan riview tentang pantai. Like it 😍

    ReplyDelete
  14. Di Sumatera, Sunatera Barat belum pernah saya kunjungi. Semoga bisa mampir di pantai Painan ini :D

    ReplyDelete
  15. Warna air lautnya menggoda, Mbak. Semoga kapan-kapan bisa kesini...😍

    ReplyDelete
  16. Seru banget kalau main ke pulau yang belum terlalubramai kayak gini. Berasa tenang tanpa perlu berdesakan dengan pengunjung lain. Btw saya baru dengar sekali ini ttg pantai cinguak

    ReplyDelete
  17. Masih alami dan asri banget ya mbak. Semoga bisa selalu tetap terjaga keasriannya

    ReplyDelete
  18. Pasti seru main air dan pepotoan di sini ya

    ReplyDelete
  19. baru dengar namanya. tempatnya bagus :)

    ReplyDelete
  20. Suka nih jelajah ke pulau-pulau seperti ini. Apalagi pantainya keren dan bisa buat berenang, alamat betah berlama-lama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak rame dan tenang bagus untuk mengasingkan diri haha

      Delete
  21. Kalau nggak mendung pasti hasil jepretannya lebih keren lagi.
    Btw pulaunya bagus juga, semoga potensinya bisa dimanfaatkan secara optimal.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.