Pantai Carocok nan Memukau

pantai carocok painan


Angin laut tiba-tiba menyapa halus pipiku, Aroma air laut telah tercium sesaat setelah aku mulai membuka pintu mobil. Plang huruf-huruf berwarna Oranye berukuran raksasa bertuliskan 'CAROCOK PAINAN' menjadi pemandangan yang dominan tepat di depan mobil kami terparkir. Deretan huruf-huruf itu menjadi ikon Pantai Carocok, spot berfoto yang paling diminati selain latar air laut Pantai Carocok.


pantai carocok painan
plang merk Pantai Carocok yang selalu ramai dikunjungi
Kontras sekali huruf-huruf berwarna Orange itu ditengah-tengah lembah yang berbatasan langsung dengan alam Pantai. Perpaduan bukit dan pantai itulah uniknya Pantai Carocok. Jika kita melihat ke kanan mata akan dimanjakan dengan perbukitan hijau, barisan pepohonan yang berdiri tegak memagari lembah. Bila mata memandang ke sisi kiri, maka mata akan kembali melalak dengan indahnya panorama pantai dengan segala kehidupan di dalamnya. Apatah lagi bila Anda berkesempatan untuk menikmati suasana bawah air yang kian indah. Tak heran jika spot Pantai Carocok menjadi juara di tengah-tengah destinasi wisata negeri ini.


pantai carocok painan
pantai yang sangat indah dilatar belakangi oleh bebukitan

Deretan Perahu nelayan terombang-ambing ditengah laut. Sedikit menepi, Kadang mengayun ke kanan, ke kiri mengikuti irama air pantai yang tidak pernah diam. Apalagi angin laut pagi yang bertiup ke daratan, menyapa ramah setiap helai rambut menjadikannya acak-acak bahagia. Tak ada satupun pengunjung yang terlihat bersedih ketika menatap suasana alam pantai yang indah memukau. 

Keunikan Pantai Carocok yaitu perbukitan di sekelilingnya yang berbaris rapi memagari pantai seakan-akan menjadi pantai ekslusif yang khusus disuguhkan untuk para pengunjung. Keberadaan bukit - bukit itu juga menjadi salah satu tempat Paralayang terbaik di negeri ini. Lihat saja beberapa paralayang sedang mengudara di langit Pantai Carocok. Mengayun-ayun, dan meliuk-liuk mengikuti arah angin.

Bukit Langkisau nan Indah

Ada sebuah bukit indah nan memukau di sini. Namanya Bukit Langkisau yang seakan-akan menjadi pasak bagi pantai Carocok. Keberadaan Bukit Langkisau ini adalah sebuah anugerah bagi pengunjung. Kita bisa menikmati alam Pantai Carocok dari ketinggian, Pemnadangan yang terlihat dari Bukit Langkisau ke arah Pantai Carocok jangan di tanya. Kita seakan-akan sedang memandang lukisan alam yang sangat apik. lukisan hidup yang luasnya sejauh mata memandang, Lukisan dengan dimensi tak hingga.

pantai carocok dari bukit langkisau
fotonya dari atas bukit langkisau uhh ngeri banget aku takut ketinggian

Sungguh anugerah alam yang tidak ternilai harganya. tak henti-hentinya aku berdecak kagum memandangi sekeliling Pantai Carocok dari bukit Langkisau. Pengunjung Pantai lebih menyerupai butiran pasir yang bergerak ke sana-kemari, kecil dan mungil terlihat.

Sungguh indah anugerah alam di alam Indonesiaku, birunya laut, berpadu dengan hijaunya perbukitan.



Sejauh mata memandang hanya decak kagum atas keagungan Yang maha Kuasa. Lautan yang tenang, sekali berbuih pertanda angin sedang menyapa. Aku mencoba mendekat di tepi pantai yang berbatu kerikil. Agaknya tepian pantai sudah dipugar sedemikian rupa untuk menghindari abrasi, bebatuan besar sengaja di susun sebagai pijakan pengunjung yang hendak menyentuh air laut. Berbaris rapi sebagai tempat pengunjung berdiri. Sesekali deburan ombak memecah bebatuan menyapa pengunjung. 


pantai carocok painan
latar perahu nelayan di tengal lautan

Apabila hendak menyebrang pulau pengunjung bisa saja menggunakan jembatan yang dibuat untuk mempermudah menuju lokasi. Jembatan penghubung ini ada beberapa yang juga berfungsi sebagai ajang selpih para pengunjung. Kita bisa melihat kehidupan dibawah laut dari atas jembatan. Dasar laut yang dangkal berpasir sesekali dilewati ikan-ikan yang berenang hilir mudik di bawah jembatan. 

Kunjungan kami ke lokasi ini kebetulan bertepatan dengan musim liburan. Ternyata luar biasa pengunjung

#ODOPOKT27


36 comments

  1. Jadi kangen Padang, Pantai carocok emang indah ya, kece banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pulang lagi ke Padang mba hehe gak bosen kalau ke sini ya

      Delete
  2. Pantainya indah banget mbak, pengen deh menyusuri pakai kapal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya biasanya yang beneran pengen merasakan sensasi bawah laut lebih indaa

      Delete
  3. klo mudik ke medan, kayaknya lewat sini deh.. sebelum nyampe ke kampung, travelling ke pantai carocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bener deh mba tapi jauh ya ke Medan masih 2 hari lagi kalau dari sana

      Delete
  4. Bahasany kyk traveler sejati...Hehehe.
    Jd pengen liburan jg.

    ReplyDelete
  5. Keren pemandangannya ya, Teh, sekilas gak seperti pantai-pantai pada umumnya. Coba kalau pagi hari sepertinya lebih teduh..

    ReplyDelete
  6. Kayaknya sekarang emang ngehits banget tulisan pakai balok balok huruf gede gitu ya mbak. Di mana-mana ada euy.

    ReplyDelete
  7. Nama pantainya Carocok, lucuu..
    Kalo dalam bahasa sunda carocok artinya pada cocok/sama

    Emang keren banget ya perbukitan, lautan, selalu bikin mupeng kalo lihat pantai..

    ReplyDelete
  8. Taragak pulang ambo jadinyo....
    Belum pernah ke sana, pengen suatu saat ke sana. Ngajak anak-anak keliling Sumbar. Salah satunya ke sini. Tapi maaih angan-angan. Semiga suatu saat keaampaian, amin..

    ReplyDelete
  9. jadi kangen padang , mau deh ke sana lagi.

    ReplyDelete
  10. Oh...ini di Padang?
    Terlihat udara pantai yang membakar kulit yaa, mba...
    Apakah ada pasir pantai yang bisa dibuat main anak-anak?

    ReplyDelete
  11. Tulisan gede2 warna oranye atau merah kayak gitu mmg kekinian bgt ya. Dmn2 ada :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikon tempatnya karena kita hobi selpih hehe

      Delete
  12. Nggak ada yang berenang di pantainya ya mbaa. Asik ya buat menikmati bersama keluarga ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. adaa banyaak banget cuma pas kesana ga ada persiapan untuk mandi

      Delete
  13. indah dan menawan sekali mbak pantainya. Bikin mupeng. Sayangnya jauh dari kota Malang

    ReplyDelete
  14. Jadi kangen ngepantai aku mbak. Nice share mbak, jadi tau mengenai pantai carocok

    ReplyDelete
  15. Waah pantainya keren. Keindahan bumi Indonesia nih semuanya lengkap. Mudah mudahan jadi semakin banyak yg berkunjung kesana ya mbak

    ReplyDelete
  16. Ngebayangin duduk di tepi pantai sana ditemani angin bertiup ... :D

    ReplyDelete
  17. Itu keknya panasnya aduhai deh. Kelihatan anak-anak foto sambil nyengir menahan silau matahari. Hihihi...

    ReplyDelete
  18. Aku belum pernah ke Padang. Taunya cuma jam gadang Ama keripik sanjai. Ternyata pantainya juga kece ya

    ReplyDelete
  19. Ma sya Allah, cantiknyaaa... Paduan menarik ya antara dataran tinggi dengan pantai.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.